Jumat, 21 April 2017

Bioma : Pengertian, Fungsi dan Macamnya

Pada kesempatan kali ini porosilmu.com akan membahas tentang BIOMA. Pembahasan tersebut meliputi pengertian bioma, fungsi, dan juga macam macam bioma. Mari simak penjelasan porosilmu berikut ini.


Bioma : Pengertian, Fungsi dan Macamnya


Pengertian Bioma

Bioma merupakan ekosistem yang terbentuk karena kesamaan sifat geografis dan iklim. Bioma terdiri dari kumpulan flora dan fauna yang khas. Di mana proses pembentukan dan pembagian dari bioma didasarkan pada perbedaan letak astronomis dan geografis. Biasanya bioma terdiri dari produsen, konsumen dan juga pengurai atau decomposer, yang di dalamnya terjadi siklus yang diawali oleh tumbuhan.

Ada beberapa bagian bumi yang mempunyai jumlah makhluk hidup maupun bukan makhluk hidup dalam jumlah yang berbeda beda. Hal tersebut merupakan dasar pembagian bioma. Di mana struktur dari tumbuhan, jenis daun, jarak antar tumbuhan, dan juga iklim merupakan faktor penentu bioma. Bioma tidak dapat dibedakan menurut genetik, taksonomi, ataupun kesamaan sejarah. 

Di dalam bioma banyak tumbuhan dan hewan yang beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan tempat tinggalnya. Sebagai contohnya pohon kaktus memiliki duri dan daun sukulen, merupakan bentuk adaptasi terhadap iklim gurun.


Fungsi Bioma

Menurut para ahli, terdapat beberapa fungsi dari pembagian daerah di bumi menjadi bioma bioma tertentu. Para ahli membagi jenis jenis bioma berdasarkan letak geografis dan astronomisnya. Sedangkan fungsi dari bioma tersebut sebagai berikut:
  • Memudahkan dalam pendataan jenis jenis hewan maupun tumbuhan, baik yang sudah diketahui maupun yang baru diketemukan
  • Memudahkan pendataan suatu populasi
  • Dapat dengan mudah mengetahui jenis hewan atau tumbuhan berdasarkan cara hidupnya



Macam Macam Bioma

Secara fundamental, bioma terbagi menjadi dua yakni, bioma terestrial dan bioma air. Macam macam bioma ditentukan oleh curah hujan, suhu, intensitas cahaya matahari dan durasinya, sifat tanah, topografi maupun hambatan geografis.

Setidaknya ada 14 bioma di dunia, tetapi hanya 7 bioma saja yang dapat diterima secara umum. Berikut adalah 7 bioma tersebut:

Para ahli telah mengemukakan bahwa setidaknya terdapat 14 bioma yang ada di di dunia. Namun, hanya 7 bioma yang dapat diterima secara luas. Ke-7 bioma tersebut ialah:

1. Bioma Stepa
Bioma stepa disebut juga dengan bioma padang rumput. Disebut demikian karena bioma tersebut menjadikan padang rumput sebagai flora utamanya. Persebaran bioma stepa meliputi daerah yang mempunyai curah hujan yang tinggi di sepanjang iklim tropis dan juga subtropis. Penjelasan lebih lanjut akan dijelaskan diartikel ciri bioma stepa secara lengkap.

2. Bioma Tundra
Bioma tundra hanya terdapat di sebelah utara dan selatan belahan bumi. Bioma ini terbentuk oleh lingkungan alam yang gelap atau tidak mendapat cahaya matahari selama berbulan – bulan. Di bioma tundra kita tidak dapat menemukan pepohonan melainkan hanya sebatas tumbuhan kecil seperti rumput dan lumut. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel mengenai ciri bioma tundra.

3. Bioma Taiga
Jika dibanding dengan bioma yang lain bioma taiga adalah bioma yang paling luas. Bioma tersebut didominasi oleh tumbuhan seperti pinus atau cemara. Bioma taiga juga mempunyai danau dan rawa. Namun, pada bioma ini jarang ditemukan semak dan tumbuhan basah. Lebih lanjut silahkan baca mengenai bioma taiga diartikel ciri bioma taiga.

4. Bioma Gurun
Pada bioma gurun kita hanya bisa menemukan 250 mm / tahun curah hujan di suatu wilayah. Bioma gurun disebut juga bioma padang pasir. Bioma tersebut dapat dikatakan tidak mendukung kehidupan karena intensitas hujannya. Sedang persebaran bioma gurun biasanya terletak di tengah tengah benua. Simak penjelasan lebih lanjut diartikel ciri bioma gurun.

5. Bioma Hutan Hujan Tropis
Bioma hutan hujan tropis terletak di sekitaran khatulistiwa. Bioma ini berupa hutan basah dan juga lembab. Pada bioma tersebut intensitas curah hujan cukup tinggi dan juga berada di daerah iklim tropis. Untuk lebih lanjut bisa dilihat diartikel ciri bioma hutan hujan tropis.

6. Bioma Hutan Gugur
Bioma hutan gugur memiliki dua nama sebutan berdasar iklim bioma tersebut berada. Pada iklim tropis dengan lintang rendah, dapat disebut dengan bioma hutan musim tropis. Sedangkan, pada daerah iklim sedang disebut dengan bioma hutan gugur. Secara keseluruhan bioma hutan gugur berada pada kisaran 30 – 40 LU / LS. Simak penjelasan lebih detailnya pada artikel ciri bioma hutan gugur.

7. Bioma Sabana
Bioma sabana merupakan suatu bioma yang dimemiliki gerombolan semak dan pepohonan. Bioma ini dikelompokan menjadi 2 macam berdasarkan jenis tumbuhannya, yakni bioma sabana murni dan bioma sabana campuran. Simak juga penjelasan lebih lanjut diartikel ciri bioma sabana.


Demikian pembahasan mengenai pengertian bioma, fungsi dan macam macam bioma. Semoga artikel ini dapat membantu kalian memahami bioma secara global.