Profil Negara Kanada



Luas wilayah Kanada yaitu ±9.922.330 km2 dengan ibukota Ottawa. Bentuk pemerintahan Kanada yaitu kerajaan konstitusional dengan kepala negaranya seorang raja atau ratu yang diwakili oleh seorang gubernur. Kepala pemerintahannya yaitu perdana menteri.


Agama mayoritas di Kanada yaitu Kristen dan Katholik. Kelompok penduduk asli Kanada yaitu orang India, orang Mestizo, dan orang Inut. Batas – batas wilayah negara Kanada, yaitu
1.      Sebelah Selatan, berbatasan dengan Amerika Serikat
2.      Sebelah Timur, berbatasan dengan Samudra Atlantik, Teluk Baffin, dan Selat Daffis
3.      Sebelah Utara, berbatasan dengan Samudra Arktik
4.      Sebelah Barat, berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Letak astronomis Kanada, yaitu 520 Bujur Barat – 1400 Bujur Barat dan 420 Lintang Utara – 850 Lintang Utara. Mata uang di negara Kanada yaitu dolar Kanada dan bahasa resmi yang digunakan yaitu Inggris dan Perancis. Kanada bagian barat dan timur merupakan daerah pegunungan.

Dibagian tengah Kanada terdiri dari daerah danau Teluk Hudson. Pegunungan Torngat, Pegunungan Appalachia, dan Plateau Laurentia merupakan pegunungan yang berada dibagian Timur. Dibagian Barat, terdapat pegunungan Rocky, Pegunungan Coast, dan Pegunungan Mackenzie.

Dibagian utara, Kanada terdapat Gunung St.Elias. Pegunungan Mount Logan dengan ketinggian 6.050 m merupakan pegunungan tertinggi di Yukon Territories. Fyord banyak dijumpai di pantai barat.

Danau – danau utama di Kanada, yaitu sebagai berikut:
1.      Northwest Territories Great Bear Lake, merupakan danau terbesar di Kanada.
2.      Danau Huron, Danau Superior, Danau Great Slave, Danau Winnipeg, Danau Erie, dan Danau Ontario

Sungai –sungai utama di Kanada, yaitu sebagai berikut.
1.      Sungai St. Lawrence yang dapat dilayari kapal dari Samudera Atlantik ke daerah danau besar
2.      Sungai Yokon, Sungai Nelson, Sungai Columbia, Sungai Saskatchewan, Sungai Peace, dan Sungai Chruchill
3.      Singai Maceknzie sebagai sungai terpanjang di Northwest Territory
4.      Dataran luas terdapat di Kanada bagian Tengah, yaitu di Manitoba, Alberta, dan Saskatchewan.

Kanada memiliki lima iklim yaitu iklim laut, iklim subartik, iklim tundra, iklim continental, dan iklim subarktik. Kanada bagian ytara banyak ditumbuhi tundra dan hewan rusa kutub juga ada diwilayah ini. Sedangkan di Kanada bagian tengah, terdapat daerah priari dan hewan bison.

Hewan bison menjadi hewan yang dilindungi pemerintahan Kanada karena hampir punah. Hutan cemara membentang dari pantai ke pantai sejauh 1000 – 1600 km.Ekspor yang dilakukan Kanada antara lain gandum, daging, kayu, kertas, kulit, ikan dalam kaleng, mesin, dan mobil.

Impor negara Kanada yaitu kart, kopi, cokelat, dan teh. Mitra utama dalam dagang negara Kanada yaitu masyarakat Uni Eropa, USA, dan Jepang. Hasil pertanian di Kanada yaitu tembakau, apel, dan sayur yang dapat dijumpai di kawasan Ontario produksi, gandum dihasilkan di kawasan Scotia Anapolis Vally produksi.

Hasil peternakan di Australia berupa lembu, kuda, ayam, babi, domba, produk susu, wol, dan keju. Perikanan ditemukan di kawasan New Foundland Produksi yang menghasilkan pengalengan ikan dan di kawasan Teluk Hudson dan Lembah St. Valley yang menghasilkan pelabuhan ikan. Kehutanan berada di kawasan Teluk Hudson dan Lembah St. Lawrence yang menghasilkan sutra, kertas, dan triplek.

Perekonomian penduduk Benua Australia dibidang industri, meliputi:
1.      Kerajinan tangan dan pengalengan ikan di kawasan Ontario produksi
2.      Helikopter, kertas, kulit, besi, dan baja di kawasan Toronto produksi
3.      Mobil, galangan kapal, karet, di kawasan Montreal produksi
4.      Kereta api dan pesawat terbang di kawasan Winnipeg produksi
5.      Pengilangan minyak di kawasan Quebec produksi

Referensi:
http://www.pelajaran.click/2015/05/negara-kanada.html
http://www.guruips.com/2015/12/profil-negara-kanada-bentuk-negara.html


Diberdayakan oleh Blogger.