Profil Negara India



Luas wilayah negara India yaitu 3.316.500 km2. Secara astronomis, wilayah India terletak pada 80 Lintang Utara – 370 Lintang Utara dan 180 Bujur Timur – 970 Bujur Timur. Batas –batas wilayah negara India yaitu sebagai berikut.
1.      Sebelah selatan berbatasan dengan Sri Lanka dan Samudra Hindia
2.      Sebelah barat berbatasan dengan Pakistan dan Laut Arab
3.      Sebelah utara berbatasan dengan Nepal, Bhutan, dan Cina
4.      Sebelah timur berbatasan dengan Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala


Ibu kota India yaitu New Delhi dengan bentuk pemetintahannya yaitu republik. Kepala negara dipimpin oleh seorang presiden dan kepala pemerintahan yaitu perdana menteri. Perdana menteri India yang pertama kali yaitu Jawaharlal Nehru, merupakan kakek dari Rajiv Gandhi.

India masih menjadi anggota persemakmuran Inggris, hingga saat ini. Hari kemerdekaan India diperingati setiap tanggal 15 Agustus. Lagu kebangsaannya yaitu Jana Gana Mana.

Bahasa yang digunakan oleh penduduk India yaitu Hindi dan Inggris. Mayoritas penduduk India, beragama Hindu. Mata uang yang digunakan negara ini adalah Rupee.

Iklim di India merupakan iklim musim tropis yang terbagi atas 3 musim, yaitu
1.      Musim panas yang terjadi pada bulan Maret sampai Mei, pada musim ini bertiup angin muson timur laut yang kering, namun terdapat turun hujan, meskipun sedikit dan daerah pantai dan ujung selatan India memperoleh hujan yang agak banyak
2.      Musim hujan yang terjadi pada bulan juni sampai september, bertiup angin muson barat daya yang membawa hujan lebat.
3.      Musim dingin yang terjadi pada bulan Oktober sampai Februari, bertiup angim muson timur laut dari daratan Asia. Pada musim ini, India mengalami kemarau, kecuali dibagian tenggara memperoleh sedikit hujan karena angin muson melewati teluk benggala yang membawa uap air.

Berdasarkan bentangan alamnya India, dibagi menjadi tiga daerah, yaitu sebagai berikut
1.      Daerah pegunungan himalaya
Terdiri dari deretan pegunungan dengan dataran tinggi dan lembah besar diantaranya yaitu dataran tinggi Khasmir dan Lembah Kulu.
2.      Dataran rendah gangga
Daerah ini terbentuk oleh Sungai Indus, Sungai Gangga, dan Sungai Brahmana. Daerah ini merupakan daerah aluvial dengan permukaan sangat datar. Lembah sungai gangga merupakan daerah pertanian yang terpenting di India karena dasar lembah ini merupakan akumulasi pasir dan tanah liat dan merupakan daerah yang subur.
3.      Semenanjung bagian selatan
Daerah ini terdiri atas perbukitan dan pegunungan. Tanaman terpenting di daerah ini adalah kapas dan gandum. Di bagian timur terdapat dataran tingi yang banyak mengandung mineral. Daerah bagian barat Dekan merupakan plato tanah hitam banyak ditanami sorgum dan kapas. Pantai darat merupakan jalur dataran rendah dan jalur lereng tebing yang sempit.

Sungai – sungai terbesar di India, yaitu
1.      Sungai gangga, yaitu sungai yang dianggap suci oleh penduduk India dan sungai ini mengalir ke timur melalui dataran rendah yang luas dan bermuara didekat Calcutta di teluk benggala.
2.      Sungai indus, yang bermuara di laut arab dan berhulu dibagian barat Himalaya. Di sungai ini terdapat bendungan yang terbesar di India, yaitu Bendungan Sukkur.
3.      Sungai Brahmaputra, berhulu dikaki utara Pegunungan Himalaya dan bermuara di Teluk Benggala. Sungai ini memperoleh airnya dari gletser.

Penduduk asli india, terbagi atas suku bangsa:
1.      Bangsa Hindu, yang berkulit putih, tinggal di daerah dataran rendah Hindhustan dan lembah sungai yang subur.
2.      Bangsa Dravida yang berkulit hitam dan tinggal didataran tinggi Dekan, bagian selatan.
3.      Bangsa Mongol, tinggal didaerah Assam, Benggala, dan Lereng pegunungan  Himalaya.

4.      Bangsa Munda, tinggal di daerah pegunungan dan kebudayaannya masih sederhana.


Diberdayakan oleh Blogger.