Mengenal Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsinya



Tumbuhan merupakan salah satu bentuk makhluk hidup yang menarik. Ciri –ciri tumbuhan sangat khas dan berbeda dibandingkan dengan makhluk hidup lain. Salah satu bagian tumbuhan yang juga khas adalah bunga.

Kebanyakan tumbuhan yang ada memiliki bunga. Bunga –bunga tumbuhan ini biasanya menjadi bagian tumbuhan yang paling mencolok dan menarik perhatian karena bentuknya yang relative indah dan berwarna-warni.

Bunga atau kembang yang merupakan bagian tumbuhan ini pada dasranya berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan itu sendiri.

Bunga pada tanaman dikenal dalam dua jenis kelompok, yakni bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Bunga disebut sebagai bunga sempurna apabila bagian bunga tersebut terdapat alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) sekaligus di dalam satu organ.

Dalam bunga sempurna terdapat benang sari sebagai alat perkembangbiakan jantan dan putik sebagai alat perkembangbiakan betina.

Sementara bunga tidak sempurna adalah jenis bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin saja. Selain terbagi dalam kelompok bunga sempurna dan bunga tidak sempurna, ada juga pembagian berdasarkan bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

Bunga dikatakan sebagai bunga lengkap bila bagian bunga tersebut terdapat semua bagian utama bunga meliputi kelopak, mahkota, benang sari, dan putik.

Telah disebutkan kalau bunga adalah bagian paling menarik dari suatu tanaman. Daya tarik dari bunga ini terkhusus berasal dari bagian mahkota bunga. Mahkota pada bunga inilah yang biasanya memiliki bentuk yang cantik dengan warna yang mencolok.

Warna mahkota bunga ini bisa beragam. Ada yang berwarna putih, merah, hijau, ungu, pink, ungu, kuning, dan warna –warna mencolok lainnya. Sangat jarang dijumpai mahkota bunga yang mempunyai warna gelap.

Karena menarik, mahkota bunga bahkan sering disebut perhiasan bunga. Warna yang mencolok pada mahkota bunga ini memiliki fungsi khusus yakni untuk menarik perhatian hewan. Hewan berperan dalam membantuk penyerbukan pada bunga tersebut sehingga dapat terjadi pembuahan.

Baca juga: Aneka Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

Bunga Sempurna dan Bunga Tak Sempurna

Sebelumnya, sekilas telah dibahas mengenai bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Pembagian ini dilihat dari ada dan tidaknya alat perkembangbiakan yang ada pada bunga.

Bunga sempurna adalah bunga yang mempunyai dua alat perkembangbiakan sekaligus yakni benangsari dan putik. Sedangkan bunga yang hanya mempunyai satu alat perkembangbiakan saja disebut dengan bunga tidak sempurna.

Contoh tumbuhan dengan bunga sempurna misalnya bunga sepatu. Lihat saja bagian –bagian bunga sepatu yang di dalamnya dapat ditemukan tangkai, kelopak, mahkota, benangsari, dan putik. Contoh bunga sempurna lain misalnya bunga mawar dan bunga matahari.

Disamping bunga sempurna, ada bunga yang dinamakan bunga tidak sempurna. Bunga tidak sempurna adalah sebutan bagi sebuah bunga yang padanya hanya terdapat salah satu alat kelamin saja.

Contoh bunga tidak sempurna misalnya bunga salak. Jika kita mengamati bunga pohon salak, maka kita akan menemukan bahwa alat kelamin bunga jantan dan alat kelamin bunga betina terdapat pada pohon yang terpisah.

Karena kondisi ini, kita pun sering mendengar istilah adanya tanaman salak jantan dan tanaman salak betina karena memang keduanya memiliki bunga yang berbeda.

Selain bunga salak, contoh bunga tidak sempurna lain adalah bunga jagung. Bunga pada tanaman jagung ada dua macam, yakni bunga jantan dan bunga betina. Kedua bunga ini ada dalam satu tanaman jagung, tapi dalam tangkai bunga yang berlainan.

Bunga jantan pada tanaman jagung tersusun dalam bentuk malai, sedangkan bunga betinanya dalam bentuk tongkol. Bunga jantan dapat ditemukan pada bagian puncak tanaman, sedangkan bunga betinanya tersusun di dalam tongkol. Penyerbukan pada bunga tanaman jagung ini dibantu oleh angin.

Contoh lain lagi dari bunga tidak sempurna misalnya, bunga vanili, kelapa sawit, bunga pepaya, dan melinjo.


Bagian Bagian Bunga

Secara umum, bagian -bagian bunga terdiri dari tangkai, kelopak, mahkota, benangsari, dan putik. Berikut penjelasan dari bagian-bagian bunga sempurna.

1. Tangkai bunga
Tangkai bunga adalah bagian bunga yang terletak di bagian bawah bunga. Tangkai berperan penting sebagai penopang bunga serta sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.

2. Kelopak bunga
Kelopak bunga adalah bagian bunga yang berperan melindungi mahkota bunga saat bunga masih dalam keadaan kuncup. Biasanya, kelopak bunga memiliki bentuk dan warna menyerupai daun.

3. Mahkota bunga
Mahkota bunga pada umumnya mempunyai warna yang beragam dan mencolok. Karenanya, mahkota bunga ini juga disebut sebagai perhiasan bunga. Warna mahkota bunga yang menarik berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lain agar hinggap pada bunga tersebut. Serangga tersebut lah yang berperan penting dalam membantu proses penyerbukan.

4. Benang Sari
Benang sari adalah bagian bunga yang terdapat pada bagian tengah bunga dan letaknya berdekatan dengan mahkota bunga. Fungsi benang sari adalah sebagai alat kelamin bunga jantan. Benang sari masih terbagi lagi atas tangkai sari dan kepala sari.

5. Putik
Putik dapat ditemukan di bagian tengah-tengah bunga. Putik umumnya dikelilingi oleh benang sari. Fungsi putik adalah sebagai alat kelamin bunga betina.

Putik pada bunga masih terbagi lagi atas kepala putik dan tangkai putik. Di bagian dasar tangkai putik, terdapat bagian yang merupakan bakal buah atau nantinya menjadi buah dan biji.

Buah ini akan terbentuk ketika serbuk sari berhasil menempel di bagian kepala putik dan terjadi proses penyerbukan. Proses penyerbukan ini adalah awal perkembangbiakan pada tumbuhan.


Diberdayakan oleh Blogger.