Aneka Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia



Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Di sekitar kita, kita bisa menemukan berbagai jenis tumbuhan. Aneka tumbuhan ini dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan pun beragam, mulai dari akar, batang, daun, bunga, biji hingga buahnya. Tumbuhan pun dapat dimanfaatkan manusia dalam berbagai aspek kehidupan.

Tumbuhan dapat berperan sebagai bahan makanan, bahan membangun rumah, bahan perabot, bahan pembuat kain, bahan pembuat obat, serta sebagai penghasil oksigen.


1. Tumbuhan sebagai bahan makanan

Untuk bisa bertahan hidup, manusia memerlukan makanan. Makanan menjadi sumber tenaga untuk dapat beraktivitas. Nah, untuk itu manusia memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber energinya.

Tumbuhan yang ada di sekitar kita banyak yang dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan. Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Berikut penjelasannya :

1.1 Akar untuk bahan makanan

Selain sebagai penunjang berdirinya tumbuhan, akar juga berperan sebagai penyimpan cadangan makanan pada tumbuhan. Akar tumbuhan seperti ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan untuk manusia.   

Contoh akar tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan, di antaranya : wortel, singkong, ubi jalar, bengkoang, dan lobak.

1.2. Daun untuk bahan makanan

Daun tanaman juga bisa menjadi bahan makanan. Misalnya saja, seperti daun bayam, daun kangkung, selada, melinjo, keningkir, dan lainnya.

1.3. Batang untuk bahan makanan

Batang makanan juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Misalnya saja seperti batang pada tanaman sagu, enau, dan juga tebu. Selain itu, ada juga tanaman yang bagian batangnya berubah menjadi umbi batang sehingga juga bisa dimakan. Contohnya seperti kentang dan ubi jalar.

1.4. Bunga untuk bahan makanan

Bunga juga bisa menjadi bahan makanan. Bagian tumbuhan yang bunganya bisa dimanfaatkan untuk bahan makanan misalnya bunga kol, kubis dan bawang. Bunga yang dikonsumsi ini biasanya juga banyak mengandung mineral dan vitamin.

1.5. Buah untuk bahan makanan

Ada banyak buah yang merupakan jenis tumbuhan yang bisa dimakan langsung oleh manusia. Buah -buahan ini biasanya bisa langsung dimakan tanpa harus diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Buah ini seperti jeruk, mangga, apel, pisang, jambu, pepaya, durian, melon, semangka dan lainnya.

Ada juga tanaman yang buahnya baru bisa dimakan setelah diolah. Hal ini seperti terong dan buah labu siam.

1.6. Biji untuk bahan makanan

Biji tanaman banyak yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan, terutama makanan pokok. Misalnya saja seperti nasi yang berasal dari biji beras. Selain itu, ada juga jagung, gandum, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang panjang.

Pelajari juga: Belajar Materi Genetis ADN dan ARN

2. Tumbuhan sebagai bahan pakaian

Tumbuhan juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pakaian untuk memenuhi kebutuhan sandang atau pakaian. Tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan sandang misalnya : tumbuhan kapas yang dapat menghasilkan serat katun untuk kain.

Selain itu, ada juga tumbuhan rami yang mampu menghasilkan serat linen. Linen adalah bahan sandang dari tumbuhan linum usitatissimum yang biasa dibuat tekstil rumah tangga seperti handuk, taplak meja, tirai, penutup dinding dan aneka hiasan dinding dan pakaian lainnya.

Ada juga tanaman pisang abaka yang merupakan spesies pisang yang banyak tumbuh liar di wilayah Sumatera, Sulawesi Utara dan Kalimantan. Tanaman asli Filipina ini juga sering disebut pisang serat atau pisang manila.

Serat dari tanaman ini dapat dibuat benang dan menghasilkan pakaian, seperti yang biasa digunakan sebagai pakaian tradisional Filipina.

3. Tumbuhan sebagai bahan bangunan perabot rumah tangga.

Tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan umumnya adalah bagian batangnya. Selain batang, daun juga bisa dimanfaatkan untuk perabot rumah tangga.

Bagian yang paling umum adalah batang yang berupa kayu. Kayu yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga contohnya seperti tumbuhan kelapa, jati, mahoni, albasia, sengon, kruing, dan masih banyak yang lainnya.

4. Tumbuhan sebagai bahan obat-obatan

Ada pula beberapa tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan obat -obatan karena kandungan zatnya yang baik. Tanaman obat biasanya tidak menimbulkan efek samping, mudah diproduksi, serta tidak mengandung racun sehingga lebih aman.

Walau tanaman sebagai obat lebih aman, tapi dalam penggunaannya tetap harus memperhatikan berbagai hal dan kaidah penggunaan yang tepat.

Bagian tanaman yang bisa digunakan sebagai obat dapat terdiri dari berbagai bagian. Mulai dari akar, daun, batang, buah, hinggga bunga.

Pada bagian akar tumbuhan yang biasa digunakan sebagai obat misalnya. Kencur, jahe, kunyit dan lainnya.

Untuk bagian daun, tanaman seperti daun pepaya, daun jambu biji, daun katuk juga daun sirih juga bisa berkhasiat sebagai obat.

Batang tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan seperti brantawali, kayu manis, pulasari, dadap ayam.

Buah mengandung banyak vitamin, mineral dan zat lain yang umumnya baik bagi kesehatan manusia sehingga dapat pula dimanfaatkan sebagai obat. Buah yang bisa bermanfaat sebagai obat seperti alpukat, belimbing wuluh, mahkota dewa, dan juga buah naga.

Bagian bunga tumbuhan sering juga digunakan sebagai tanaman obat -obatan. Bunga yang biasa dimanfaatkan sebagai obat misalnya bunga pacar air, bunga kenop, bunga kacapiring, jengger ayam, dan bunga sepatu.

Biji tanaman banyak yang mempunyai khasiat obat. Contohnya seperti biji biji pala, biji pinang, biji kemiri dan biji jarak.

Pelajari juga: Macam dan Pengertian Simbiosis Makhluk Hidup

5. Tumbuhan sebagai penghasil minyak atsiri

Tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai penghasil minyak atsiri yang biasa didapat dari cara penyulingan. Minyak atsiri adalah bahan yang sering dimanfaatkan dalam industri parfum, kosmetik, makanan atau minuman.

Selain itu, minyak atsiri juga dapat digunakan sebagai pewangi dan penguat rasa makanan. Contoh tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri misalnya :

  • Serai Wangi untuk menghasilkan minyak sereh wangi yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit, membuat kulit wangi, membuka sinus, meringankan saluran pernapasan, serta mengusir serangga alami.
  • Nilam/Selasih yang menghasilkan minyak nilam yang bermanfaat untuk  menambah nafsu makan, menyehatkan jantung, mengobati diare, mengobati batuk, membantu pencernaan, menurunkan panas, menghilangkan sesak napas, mengobati eksim dan koreng.
  • Cengkeh untuk menghasilkan minyak cengkeh yang dapat dimanfaatkan untuk pencegah infeksi, perawatan gigi dan kulit, serta untuk obat sakit kepala.
  • Pala menghasilkan minyak pala yang bermanfaat sebagai obat sakit gigi, menghilangkan capek dan pegal-pegal serta obat nyeri sendi.
  • Cendana menghasilkan minyak cendana yang bermanfaat untuk antiseptik, dan mengusir bau badan.
  • Kayu Putih dapat menghasilkan minyak kayu putih yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit, meringankan pusing dan sakit kepala serta anti masuk angin.
  • Akar Wangi menghasilkan Minyak akar wangi yang digunakan untuk minyak wangi serta bahan pembuat sabun.
  • Kenanga dapat menghasilkan minyak bunga kenanga biasanya dimanfaatkan untuk mengobati bronkhitis, mengobati sesak napas, dan mengobati malaria.
  • Kemukus dapat digunakan untuk mengobati sesak nafas, sebagai penghangat badan dan penghilang bau mulut.
  • Lada Hitam dapat menghasilkan minyak lada hitam yang dimanfaatkan sebagai antioksidan, anti inflamasi, karminatif, dan anti kembung

6. Tumbuhan sebagai bahan baku industri.

Tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Contoh bahan baku industri dari tumbuhan misalnya : Getah karet untuk membuat ban, getah pinus untuk membuat terpentin dalam industri cat, serta kelapa sawit untuk membuat minyak goreng.

Berikut adalah contoh lain tanaman yang bisa dibuat untuk bahan baku industri :

  • Tanaman karet dapat menghasilkan getah karet atau lateks. Lateks dihasilkan dari luka pada kulit batang tanaman karet yang menghasilkan keluar cairan kental untuk ditampung. Cairan inilah yang digunakan sebagai bahan baku untuk mmebuat karet.
  • Getah pinus atau Gondorukem merupakan olahan getah hasil sadapan batang tusam (Pinus). Gondorukem dapat digunakan sebagai bahan pelunak plester dan campuran perban gigi, campuran perona mata (eyeshadow), campuran penguat bulu mata, bahan perekat warna pada industri percetakan (tinta) dan juga cat (lak).
  • Kelapa sawit menjadi tumbuhan industri yang penting untuk menghasilkan minyak masak, minyak industri, serta bahan bakar (biodiesel).
  • Kopi merupakan jenis minuman yang didapat dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan lalu dihaluskan sehingga menjadi bubuk.
  • Kakao dimanfaatkan bijinya untuk menghasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat.
  • Teh diambil daunnya sebagai bahan utama pembuatan minuman.
  • Tembakau merupakan produk pertanian semusim sebagai komoditas perkebunan. Produk tembakau dikonsumsi sebagai bahan baku rokok dan cerutu yang pada dasarnya bukan merupakan bahan makanan.
  • Tebu dapat ditanam sebagai bahan baku gula dan vetsin.
  • Tanaman kapas dapat menghasilkan serat katun yang menjadi bahan pembuat pakaian.


Diberdayakan oleh Blogger.