Struktur Penulisan Laporan Formal dan Informal




Kriteria Penyampaian laporan, Jenis Jenis Laporan dan Struktur Penulisan Laporan


Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan laporan? Suatu laporan akan selalu diperlukan setiap kali kita selesai mengadakan suatu kegiatan. Pengertian laporan adalah keterangan atau informasi yang dikumpulkan, diolah dan disajikan secara tertulis maupun lisan.

Rangkaian kegiatan yang memerlukan laporan ini dapat bermacam -macam, seperti kegiatan pengamatan, diskusi, penyeledidikan dan studi.


Kriteria Penyampaian Laporan

Laporan berfungsi sebagai alat pertanggungjawaban secara tertulis serta pendokumentasian data. Agar laporan ini dapat berfungsi secara maksimal, maka ada kriteria penyampaian laporan yang perlu dipertimbangkan. Kriteria laporan ini perlu dipenuhi, baik laporan disampaikan secara tertulis maupun lisan.

Berikut adalah kriteria penyampaian laporan :
1.      Isi laporan mencakup kelengkapan fakta, data yang akurat, factual serta objektif.
2.      Penyajian laporan menggunakan bahasa yang baik, jelas, tepat, sistematis serta menarik.
3.      Penyajian lisan harus disampaikan dengan vokal yang jelas pengucapannya, lafal, intonasi yang tepat, serta gaya akepresif yang sesuai.

Jenis Jenis Laporan

Laporan yang dibuat dalam bentuk tertulis atau teks laporan pada dasarnya dapat dibagi ke dalam beberapa jenis. Jenis jenis teks laporan bila dilihat dari bentuknya terbagi ke dalam lima macam, yakni laporan berbentuk formulir, memorandum, surat, naskah dan buku. Berikut keterangan jenis jenis laporan dilihat dari bentuknya.

1. laporan berbentuk formulir
Laporan dalam bentuk formulir merupakan laporan yang dibuat hanya dengan mengisi blanko yang telah disediakan.

2. laporan berbentuk memorandum
Laporan berbentuk memorandum adalah laporan yang diuraikan secara singkat. Laporan berbentuk memorandum dibuat dalam rangka proses hubungan kerja antara atasan dan bawahan atau antar unsur -unsur dalam suatu instansi.

3. laporan berbentuk surat
Laporan dalam bentuk surat ini dibuat dengan uraian yang lebih panjang dari memorandum sebagaimana uraian dalam bentuk surat biasa. Jenis laporan ini dapat digunakan untuk berbagai macam topik.

4. laporan berbentuk naskah
Laporan dalam bentuk naskah yakni laporan yang panjang. Biasanya, disusun seperti makalah. Materi laporan juga dibagi ke dalam beberapa topik dan sub topik.

5. laporan berbentuk buku
Laporan ini disusun dalam bentuk buku dengan menggunakan teks yang panjang dan lengkap.

Baca juga: Mengenal Kaidah Baku 'Adjective with Preposition'

Struktur Penulisan Laporan

Teks laporan dilihat dari segi struktur penulisannya, dapat dibagi ke dalam dua bentuk, yakni laporan formal dan laporan informal.

Struktur penulisan laporan formal

Struktur penulisan laporan formal adalah jenis teks laporan yang struktur penulisannya lengkap. Struktur ini terdiri dari :

a)      Halaman judul
b)      Halaman pengesahan
c)      Kata pengantar
d)     Daftar isi
e)      Daftar tabel (jika ada)
f)       Daftar grafik (jika ada)
g)      Pendahuluan yang berisi : latar belakang, tujuan, ruang lingkup permasalahan/ objek, pembatasan masalah/ objek, dan sebagainya.
h)      Bagian isi, yang berisi hal -hal pokok atau intisari dari pembahasan laporan serta penyampaian keinginan pelapor terhadap hal -hal yang berkaitan dengan laporan yang belum atau seharusnya ada.

Contoh laporan formal misalnya : laporan tentang keadaan dan pengembangan proyek yang sedang dilaksanakan, laporan percobaan, laporan penelitian ilmiah.

Struktur penulisan laporan informal

Laporan informal merupakan sebuah teks laporan yang dibuat dnegan struktur penulisan yang tidak lengkap atau tidak memenuhi persyaratan sistematika pada struktur penulisan laporan formal.

Jadi, struktur penulisan laporan informal lebih sederhana atau memilii model sistematika sendiri dan tidak bersifat standar. Pembuat teks laporan ini cenderung memenuhi kebutuhan informasi atau untuk mendapatkan data lapangan saja.

Contoh laporan informal misalnya : laporan perjalanan, laporan pengamatan, laporan kunjungan.


Diberdayakan oleh Blogger.