Pemencaran Tumbuhan dengan Bantuan Faktor Luar



Pemencaran tumbuhan untuk berkembangbiak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pemencaran tumbuhan dapat dilakukan tanpa bantuan faktor luar dan dapat juga dilakukan dengan bantuan faktor luar.

Pemencaran tumbuhan tanpa bantuan faktor luar dilakukan dengan bagian dari tumbuhan itu sendiri tanpa melalui persarian atau pembuahan. Sedangkan pemencaran tumbuhan tanpa faktor luar artinya untuk perkembangbiakannya, tumbuhan tersebut memerlukan peran dari lingkungannya agar terjadi persarian atau pembuahan.

Macam pemencaran tumbuhan dengan bantuan faktor luar 

1. Anemokori
Anemokori adalah jenis pemencaran tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan angin. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan bantuan angin adalah kapas, mahoni dan kacer.


2. Hidrokori
Hidrokori adalah pemencaran tumbuhan atau perkembangbiakan tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan air. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan bantuan air adalah enceng gondok dan kelapa.


3. Zookori
Zookori adalah pemencaran tumbuhan atau perkembangbiakan tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan hewan – hewan. Zookori dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam tergantung pada hewan yang membantu proses penyerbukannya, sebagai berikut :

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

  • Entomokori
Entomokori adalah pemencaran tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan serangga. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan entomokori adalah tembakau.

  • Kiriptokeri
Ornitokori adalah pemencaran tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan kelelawar. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan entomokori adalah jambu biji.

  • Ornitokori
Ornitokori adalah pemencaran tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan burung. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan entomokori adalah benalu dan beringin.

  • Mamokori
Mamokori adalah pemencaran tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan mamalia. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan entomokori adalah aren, trembesi dan kopi.

4. Antropokori
Antropokori yakni pemencaran tumbuhan atau perkembangbiakan tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan manusia. Contoh tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan dengan bantuan manusia adalah cengkep, kelapa dan kopi.


Diberdayakan oleh Blogger.