7 Cara Mengisi Liburan agar Tambah Pintar Saat Masuk Sekolah



Setelah menjalani masa – masa sekolah yang panjang dan menempuh ujian akhir semester, tentu hal yang paling ditunggu – tunggu adalah liburan? Ya gak sobat PorosIlmu? Nah, tapi justru saat liburan ini lah yang jadi tantangan alias ujian.

Loh kog gitu? Gak percaya? Ya karena kebanyakan setelah liburan, banyak yang malah lupa soal semua pelajaran sekolah gara – gara keasyikan liburan. Ya gak? Nah, supaya sobat PorosIlmu bisa tetap pintar saat liburan, ada juga loh cara mengisi liburan agar tambah pintar saat masuk sekolah.

Tapi bukan berarti sobat PorosIlmu harus setiap hari memegang buku dan pensil loh. Khan bosan juga kalau begitu. Terus gimana donk cara mengisi liburan agar tambah pintar saat masuk sekolah nanti? Penasaran? Ini dia caranya belajar sambil liburan.

1) Bermain dan bersantai

Menurut penelitian di University of Virginia, gangguan ingatan bisa menyerang anak remaja juga loh. Biasanya hal ini disebabkan oleh aktivitas otak yang menurun. Nah, karenanya, jangan biarkan otak kamu selalu bermalas – malasan saat liburan yah. 

Meski sedang bersantai, kamu juga harus ‘nyambi’ dengan bermain. Misalnya bermain tebak – tebakan, bermain catur, dan permainan santai lainnya ya. Hal ini cukup efektif untuk menjaga kebugaran otak saat liburan.

2) Ikut kursus ketrampilan khusus

Nah, kursus bisa jadi pilihan tepat nih biar bisa tambah pintar. Kursus yang diikuti tak harus kursus yang berhubungan dengan mata pelajaran di sekolah loh. Tapi, sesuaikan saja dengan hobi supaya bisa lebih menyenangkan.

Misalnya saja ikut kursus memasak, kursus animasi, kursus menari, kursus yoga, kursus menjahit, kursus musik, kursus fotografi dan lainnya sesuai kegemaran ya.


3) Berkebun

Eits, jangan salah tentang berkebun ya. Berkebun juga bisa membantu menambah kecedasan otak loh. Dengan berkebun, otak bisa lebih santai, rileks tapi tetap terjaga. Nah, saat berkebun lah usahakan kamu juga ikut mengenal alam ya.

Berkebun memang bisa membantu kamu mengenal alam secara lebih dekat. Saat berkebun, ajaklah kakak, ibu, atau ayah atau keluarga lain yang memang gemar dengan tanaman. Lalu, tanyakan saja segala informasi seputar tanaman ini. Ilmu biologi kamu jadi bertambah dech tanpa disadari.

4) Liburan ke tempat rekreasi edukatif

Nah, ini dia cara mengisi liburan super seru. Dengan jalan – jalan. Tapi bukan sembarang jalan – jalan nih. Lebih baik, selain memilih tempat rekreasi umum, sobat PorosIlmu juga mampir ke tempat rekreasi edukatif ya.

Misalnya saja museum. Kalau bosan ke museum, bisa juga loh datang ke kawasan desa budaya. Khan seru tuwh bisa liburan sambil belajar.

Baca juga: Cara Membuat Boneka Bebek dari Handuk (Towel Craft)

5) Liburan ke desa

Liburan ke desa bisa jadi cara cerdas untuk mengisi liburan. Di desa, ada banyak hal baru dan menarik yang bisa ditemukan. Terutama aneka hal tentang alam, bahkan juga kebudayaan. Kamu bisa mengajak teman – teman baru di desa untuk mengeksplorasi berbagai hal yang ada di sekitar.

6) Memasak 

Memasak bisa jadi pilihan pintar saat liburan loh. Bantu ibu memasak di dapur akan mengasah keterampilan tangan kamu. Nah, agar bisa lebih bermanfaat bagi otak, pilih juga aneka masakan yang bergizi. Misalnya saja masakan yang tinggi omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak. Ya seperti ikan gitu. Khan seru tuw, pergi memancing dulu, terus memasak ikan bakar ramai – ramai, dan makan ramai – ramai.

7) Rajin Olahraga

Olahraga cukup bermanfaat untuk membantu kamu menjaga keburana tubuh sekaligus otak loh. Tubuh yang terlalu banyak bersantai atau terlalu lelah dengan aktivitas liburan bisa jadi loyo dan tidak bergairah.

Nah, justru dengan olahraga kamu bisa jadi lebih fit dan otak pun lebih segar. Selain itu, kamu juga bisa berolahraga beramai – ramai dengan teman kamu. Sambil olahraga ini lah, main saja tebak –tebakan agar lebih pintar.

Atau cari info seputar kesehatan dan olahraga. Siapa tahu pas untuk pelajaran biologi nantinya.


Diberdayakan oleh Blogger.