Mengenal Planet dalam Sistem Tata Surya




Planet adalah benda angkasa yang berbentuk bulatan dan beredar mengelilingi matahari dan tidak memiliki cahaya sendiri. Planet pada umumnya mempunyai pengiring yang bergerak mengitarinya. Pengiring planet ini disebut sebagai satelit alam.


Apa saja syarat-syarat Planet?

Sidang Umum Perkumpulan Astronomi Internasional (International Astronomical Union/ IAU) ke-26 yang berlangsung di Praha, Republik Ceko, pada 25 Agustus 2006 bersepakat tentang syarat-syarat suatu benda angkasa yang dapat disebut sebagai planet. Syarat-syarat tersebut meliputi:

  • Berada pada suatu orbit yang mengelilingi matahari.
  • Mempunyai berat yang cukup untuk gravitasinya sendiri sehingga dapat mengatasi tekanan rigid dan membuatnya menjadi satu ekuilibrium hidrostatik (berbentuk hampir bulat).
  • Merupakan objek yang dominan di dalam orbitnya sendiri.

Bagaimana Pembagian Planet dalam Sistem Tata Surya?

Di dalam sistem tata Surya, dikenal ada delapan planet. Jika diurutkan dari yang terdekat dengan matahari sebagai pusat tata surya, urutan planet-planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Masing-masing planet ini beredar mengelilingi matahari pada orbit atau garis edarnya, yang secara keseluruhan sistem ini disebut sebagai sistem tata surya. (Untuk penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing planet, klik disini)

Sebelum tahun 2006, dikenal ada sembilan planet dalam tata surya termasuk Pluto. Namun, sidang IAU ke-26 memutuskan bahwa Pluto tidak memenuhi syarat sebagai sebuah planet. Hal ini karena Pluto memiliki orbit yang saling tumpang tindih dengan Neptunus, sehingga Pluto sebagai sebuah objek yang tidak dominan di orbitnya sendiri.

Pembagian planet dalam tata surya jika dilihat dari massanya, dapat dibagi menjadi dua yaitu superior planet dan inferior planet. Yang meliputi:

  • Superior Planet (Planet Bermassa Besar)
Meliputi : Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

  • Inferior Planet (Planet Bermassa Kecil)
Meliputi: Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Pembagian planet juga bisa dilihat dari jaraknya ke Matahari, yang dibagi menjadi Inferior planet (planet dalam) dan exterior planet (planet luar), yakni:

  • Planet Dalam (Interior Planet), yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih dekat jika dibanding dengan jarak rata-rata bumi ke matahari. Secara sederhana, lintasan planet ini berada di antara lintasan bumi dan matahari. Planet dalam meliputi Merkurius dan Venus.
  • Planet Luar (Eksterior Planet), meliputi planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih jauh jika dibanding jarak rata-rata bumi ke matahari. Secara sederhana, lintasan planet ini berada di luar atau lebih jauh dari lintasan bumi. Planet luar meiputi: Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.


Diberdayakan oleh Blogger.