Berbagai Virus yang Menyerang Tumbuhan




1. TMV (Tobacco Mozaic Virus)

TMV adalah salah satu virus yang populer yang sering menyerang tumbuhan. Virus TMV menyebabkan penyakit mozaik yang bercirikan adanya bercak-bercak kuning pada daun tembakau, tomat, kentang, serta kacang kedelai.

Virus ini dapat tersebar melalui serangga dan tertular melalui benih. Tanaman yang terserang virus mozaik biasanya adalah tanaman mentimun, tebu, buncis dan gandum. Tanaman yang terserang penyakit ini akan ditunjukkan dari daunnya yang berubah menjadi berwarna belang hijau muda sampai hijau tua, dan daunnya pun menjadi berukuran kecil. Pertumbuhan tanaman yang terserang virus ini akan terhambat sehingga menjadi kerdil.


2. CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration)

Virus CVPD merupakan virus penyebab penyakit degenerasi pembuluh tapis pada bagian batang tanaman jeruk. Virus ini dapat menyebar dengan sangat cepat melalui serangga vector Diaphora Cirtri Kuuwayana (Homoptera Psyllidae) yang lebih populer dengan nama kutu loncat atau kutu putih.

Baca juga: Kegunaan Virus Bagi Kehidupan

3. Tungro

Tungro adalah jenis virus yang menyerang tanaman padi. Virus ini menyebabkan pertumbuhan tanaman padi menjadi terhambat sehingga tanaman pun menjadi kerdil. Daun padi pun menjadi kecil memendek dan berwarna kuning sampai oranye. Virus ini dapat disebarkan oleh wereng cokelat dan wereng hijau.

4. Virus Yellows / TYLCV

Virus kuning ini merupakan penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh Tomato Yellow Lea Curl Virus (TYLCV) ini adalah virus tanaman yang menyerang tumbuhan aster. Tanaman ini menyebabkan daun tanaman menjadi kuning.


Diberdayakan oleh Blogger.