Kegunaan Virus bagi Kehidupan



Virus identik dengan sesuatu yang merugikan bagi kehidupan. Namun, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuat virus dapat dimanfaatkan oleh manusia. 

Yang secara umum berfungsi sebagai bahan pembuat antitoksin (anti-racun), melemahkan bakteri, memproduksi vaksi dan menyerang pathogen. Berikut adalah uraian tentang kegunaaan virus bagi kehidupan.

1. Sebagai bahan untuk pembuatan vaksin

Selain dapat menyerang dan menyebabkan kerusakan bagi tubuh inangnya, virus ternyata juga dapat dimanfaatkan manusia sebagai vaksin. Vaksin dibuat dengan cara melemahkan virus atau dimatikan kemampuannya dalam menimbulkan penyakit. 

Virus yang telah diubah menjadi vaksin ini lalu dapat dimasukkan ke dalam tubuh orang yang sehat. Seseorang yang telah mendapatkan vaksin, maka orang tersebut menjadi lebih kebal terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus tertentu. Hal ini disebabkan keberadaan vaksin di dalam tubuh itu membantu membentuk antibody tubuh yang berperan untuk menyerang virus penyakit.


Beberapa vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit diantaranya:

  1. Vaksin cacar untuk mencegah penyakit cacar
  2. Vaksin campak untuk mencegah penyakit campak
  3. Vaksin polio untuk mencegah penyakit polio
  4. Vaksin rabies, untuk mencegah penyakit rabies
  5. Vaksin hepatitis (A, B, C) untuk mencegak hepatitis
  6. Vaksin influenza untuk mencegah penyakit influenza

Baca juga: 3 Cara Reproduksi Bakteri

2. Sebagai vektor dalam teknik rekayasa genetika

Virus dalam hal ini direkayasa sehingga dapat menimbulkan manfaat bagi kehidupan. Misalnya seperti 

  1. Virus yang digunakan untuk membuat hormon insulin yang dapat mengobati penyakit diabetes mellitus.
  2. Virus yang digunakan untuk mengendalikan serangga yang dapat merusak tubuh tanaman. Dengan hal ini, virus dapat digunakan untuk membasmi hama pada pertanian
  3. Virus yang digunakan untuk terapi gen yang merupakan sebuah upaya untuk mencegah penyakit turunan yang disebabkan oleh pewarisan gen orang tua.


Diberdayakan oleh Blogger.