Berbagai Virus yang Menyerang Hewan




1. Rabdovirus

Rabdovirus adalah virus yang menyebabkan penyakit rabies pada anjing, kucing dan monyet. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit anjing gila. Virus rabies akan menyerang susunan syaraf pusat.

Hewan yang terserang penyakit ini menunjukkan gejala seperti air liur yang terus menetes, dan suka menggigit. Bila manusia tergigit oleh hewan yang mengandung virus rabies, maka manusia itu pun dapat terinveksi virus tersebut.

Virus ini sangat berbahaya karena berpotensi menyebabkan kematian dan dapat menyerang semua jenis hewan berdarah panas, dan juga manusia.


2. Avian influenza A (H5N1)

Virus H5N1 (H=Hemaglutinin, N=Neuraminidase) merupakan virus yang menyebabkan penyakit flu pada unggas seperti burung dan ayam. Namun, virus ini pun juga berkembang dan dapat menginveksi manusia.

Virus H5N1 memiliki 3 tipe yaitu A, B, dan C. Virus avian influenza tipe A sendiri memiliki beberapa strain, yaitu H1N1, H3N2,H5N1, H9N2.

Baca juga: Berbagai Virus yang Menyerang Tumbuhan

3. NCD (New Castle Disease)

Virus NCD adalah virus yang menyebabkan penyakit tetelo atau parrot fever yang menyerang ungags. Umumnya virus ini menyerang ayam dan itik.

Ayam yang terserang penyakit tetelo harus segera dimusnahkan karena penyebaran penyakit ini sangat lah mudah. Virus ini bahkan mampu menginveksi manusia sehingga menyebabkan gangguan syaraf dan diare.

4. Food and Mouth Disease

Virus ini menyebabkan penyakit kuku pada hewan ternak yang biasanya menyerang hewan berkuku belah seperti pada kerbau, sapi, domba, babi dan kuda. Bila ternak terserang virus ini, maka biasanya ternak tersebut menjadi tidak dapat berjalan.

Virus ini pun juga menyebabkan sariawan yang mengganggu sehingga hewan ternak menjadi tidak bernafsu makan. Jika sudah semikian, hewan tersebut lama-kelamaan akan kurus hingga menyebabkan kematian karena kurangnya asupan energi. Virus ini mudah sekali tersebar oleh angin atau kontak langsung antar hewan.

5. Bovine Papilo Virus

Virus Bovine ini menyerang hewan sapi yang menyebabkan adanya tumor.


Diberdayakan oleh Blogger.