Agar Kamu Cinta Membaca?



Bagi anak sekolahan, membaca adalah hal yang wajib. Tentu saja. Kamu tidak akan bisa belajar, memahami materi, mengerjakan PR atau tugas kalau kamu tidak membaca.

Bahkan tidak hanya bagi anak sekolahan, membaca juga sangat penting bagi semua orang, meskipun tidak sedang sekolah. Membaca dapat membantumu mengetahui banyak hal. Ya, seperti peribahasa populer yang menyebut bahwa ‘Buku adalah Jendela Dunia’.

Dengan membaca buku, kamu dapat menyerap aneka informasi. Dengan cadangan informasi yang berlimpah di dalam kepalamu, kamu pun dapat jadi orang yang berwawasan luas and so pasti jadi orang pinter.

Masalahnya, membaca seringkali jadi santapan paling tidak disukai oleh banyak orang, layaknya obat yang pahit. Tapi bukan berarti kamu harus terus menghindarinya. Seperti kalau kamu –mungkin- sedang menghindari untuk membaca bagian ini.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan agar kamu cinta membaca? Ini dia tips dari PorosIlmu:

  • Kamu harus memahami manfaatnya, pahami betul kalau kamu wajib, perlu, dan penting untuk membaca. Dan lagi pula, yakini kalau kamu bisa jadi lebih cool dengan banyak membaca. Bukannya jadi kutu buku yang jadul yang kalau ada orang malah menenggelamkan diri di dalam buku loh. Tapi dengan membaca kamu bisa tahu banyak hal dan bisa nyambung saat berbincang dengan banyak orang. Kamu pun tak akan kehabisan topik bahasan untuk ngobrol.

Pelajari juga: Kenapa kamu harus Cinta Membaca?

  • Mulai hobi membaca dengan bacaan yang ringan sesuai hobi kamu. Misalnya kalau kamu suka tentang otomotif, baca buku artikel tentang otomotif, kalau kamu Korean lover, baca tentang idolamu. Tapi jangan kebablasan yaa, bacanya cuma yang disukai sedangkan yang lain ditinggalin. Karena langkah ini baru permulaan untuk membiasakan dirimu membaca.

  • Pintar-pintar pilih bacaan yang mudah. Ya, kamu harus memilih bacaanmu. Bacaan dengan bahasa yang sederhana, singkat, padat, jelas sehingga kamu tidak boring dan tentunya mudah untuk memahami. Bacaan dengan gaya bahasa tingkat tinggi seringkali justru membuat minat baca menurun.

  • Buat target bacaan kamu sendiri. Misalnya, ‘saya akan membaca minimal 100 halaman per hari’. Atau per minggu juga boleh. Supaya lebih seru, publish aja janjimu di media sosial, supaya banyak kawanmu yang tahu, dan siapa tahu mereka akan mengingatkanmu dengan targetmu itu.

  • Buat kelompok bacamu dan saling berbagi isi bacaan dalam kelompokmu. Ya, membaca berkelompok lebih seru dan dapat mendorong semangatmu untuk membaca. Agar semua konsisten membacanya, adakan diskusi atau sharing hasil bacaan dari masing-masing anggota kelompok.

  • Berbagilah tentang informasi yang sudah kamu dapat. Berbagi informasi atau menceritakan ulang hasil bacaan dapat membantu meningkatkan pemahamanmu loh. Itulah uniknya ilmu, semakin kamu bagikan, semakin bertambah tajam ilmumu. Cobalah.

  • Cari posisi paling nyaman untuk membaca.

  • Baca buku atau artikel dalam bentuk print out lebih nyaman daripada di layar PC atau tablet atau HP, terutama untuk artikel yang panjang. Ini membuat matamu tidak mudah lelah.

  • Jangan tenggelam dalam bacaan terlalu lama. Loh, kok malah gitu? Meski kamu sedang berusaha menumbuhkan cinta baca, tapi kalau kamu tenggelam dalam bacaan terlalu lama, itu dapat membuat bola matamu lelah dan matamu bisa terganggu. Selain itu, terkadang bisa membuatmu bosan juga. Jadi, sering-seringlah membaca, tapi berikan jeda waktu untukmu istirahat.

  • Praktekan dan selalu semangat sobat Jangan menyerah...


Diberdayakan oleh Blogger.