Pengertian Sekuritas, Perusahaan Sekuritas dan Kegiatannya

Dunia ekonomi erat kaitannya dengan dunia investasi. Salah satu area penting dalam dunia investasi ini adalah pasar modal. Pasar modal menjadi tempat yang berguna mempertemukan para pencari dana dengan para pemilik modal. 

Dalam pasar modal juga terdapat aneka bentuk investasi yang biasa ditawarkan. Misalnya seperti saham, sukuk, reksadana, obligasi dan lainnya. Pasar modal ini pun dapat membantu mendorong laju pertumbuhan ekonomi suatu negara. 

Masyarakat pun bisa ikut memanfaatkan pasar modal ini untuk mendukung perkembangan usaha sekaligus mendapat keuntungan dari kegiatan investasi. Hanya saja, tidak semua orang dapat langsung mengakses pasar modal. Untuk bisa memasuki pasar modal dan berinvestasi, dibutuhkan peran perantara berupa perusahaan efek. 

Perusahaan Efek adalah pihak yang mendapat izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (Broker-Dealer), Penjamin Emisi Efek (Underwriter), dan Manajer Investasi. 

Di Indonesia, Perusahaan Efek masih dibagi dalam dua jenis, yaitu Perusahaan Sekuritas dan Manajer Investasi. Nah, hal yang akan dibahas lebih dalam pada artikel ini adalah terkait sekuritas atau perusahaan sekuritas dan kegiatan usahanya.

Apa itu Sekuritas?

Pengertian sekuritas adalah surat utang yang dapat dicairkan menjadi uang atau kas dalam waktu cepat. Jika dilihat berdasarkan liquiditas pencairan dananya, sekuritas bersifat likuid, artinya dana pada sekuritas bisa ditransaksikan atau dijual dengan cepat. 

Dalam pandangan lain, pengertian sekuritas adalah bentuk kepemilikan atas aset atau kekayaan perusahaan yang menerbitkan sekuritas. 

Sekuritas ini pada dasarnya merujuk pada aspek kepemilikan investasi secara luas, yang di dalamnya mencakup berbagai produk investasi seperti contohnya saham dan obligasi. 

OJK sendiri mendefinisikan sekuritas sebagai “Bukti utang piutang atau bukti pemilikan modal dalam bentuk surat berharga yang dapat diperdagangkan, misalnya obligasi, saham, hipotek, wesel, promes, sertifikat deposito, kupon, skrip, jaminan, right, dan opsi (securities).”

Sedangkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, memiliki definisi sekuritas secara lebih sederhana, yakni sebagai “bukti utang atau bukti pernyataan modal, misalnya saham, obligasi, wesel, sertifikat, dan deposito.”

Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Perusahaan Sekuritas didefinisikan OJK sebagai “perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK untuk dapat melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pengawas Pasar Modal.” 

Berdasarkan definisi perusahaan sekuritas tersebut, kita dapat mengetahui bahwa suatu perusahaan sekuritas dapat melakukan salah satu dari kegiatan usaha seperti tersebut di atas, atau bisa juga melakukan ketiganya. Kegiatan usaha ini bergantung pada modal dan kemampuan masing-masing perusahaan sekuritas.

Kegiatan Usaha Perusahaan Sekuritas

Perusahaan Sekuritas memiliki kegiatan utama, berupa:

1. Perantara Pedagang Efek (Broker-Dealer)

Perusahaan sekuritas dapat menjadi perantara pedagang efek, yakni dengan melakukan kegiatan berupa jual beli Efek (surat berharga) untuk kepentingan sendiri atau untuk kepentingan pihak lain. Jual-beli Efek contohnya jual beli saham dan obligasi. Hal ini dapat dilakukan di Bursa Efek atau melalui transaksi di luar bursa (transaksi Cver-the-Counter/OTC).

2. Penjamin Emisi Efek (Underwriter)

Perusahaan sekuritas dapat menjadi penjamin efek, yakni berperan dalam membantu calon Emiten (perusahaan terbuka) melaksanakan Penawaran Umum Saham (Initial Public Offering/IPO), dengan atau tanpa kewajiban membeli sisa Efek yang tidak terjual. Istilah Penawaran Umum Saham / IPO juga dikenal dengan sebutan go public.

Jenis - jenis Sekuritas

Secara umum, sekuritas terbagi dalam dua jenis, yaitu:

  1. Utang. Sekuritas hutang adalah bukti kepemilikan utang berupa surat berharga dengan tenggat waktu jatuh tempo pembayarannya atau ciri lain. Jenis sekuritas ini misalnya berupa obligasi pemerintah dan obligasi, sertifikat deposito, dan sekuritas yang dijaminkan. Utang sebagai jenis sekuritas biasanya berlaku untuk jangka waktu tertentu, yang kemudian dapat ditebus.
  2. Ekuitas. Ekuitas yang dimaksud misalnya obligasi dan saham. Sekuritas jenis ini merupakan kepemilikan pemegang saham pada suatu entitas, seperti di perusahaan, yang diperoleh dalam bentuk saham, mencakup saham biasa dan saham preferen. Para pemegang saham dapat memperoleh hak mengendalikan perusahaan lewat hak suara.

Bentuk Sekuritas

Sekuritas memiliki beberapa bentuk, meliputi:

  1. Sertifikat efek atas rujuk
  2. Sertifikat atas nama
  3. Efek tanpa warkat dan sertifikat global

Mencari Perusahaan Sekuritas

Mencari perusahaan sekuritas tentu membutuhkan kejelian tersendiri. Anda membutuhkan jasa perusahaan sekuritas untuk dapat masuk ke pasar modal. Namun, perusahaan sekuritas yang terdekat di kota Anda. 

Lantas, bagaimana menemukan perusahaan sekuritas secara tepat? Anda bisa menemukan daftar perusahaan sekuritas yang terpercaya melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuklah pada situs resmi BEI. Lalu di halaman website BEI tersebut, Anda bisa memilih menu Investor.
  2. Pilih menu Perusahaan Sekuritas di Kota Anda. 
  3. Ketik Kota tempat domisili Anda dan dapatkan daftar perusahaan sekuritas. 

Mencari perusahaan sekuritas dengan memanfaatkan situs resmi BEI dapat membantu mendapat perusahaan sekuritas yang legal, yang telah terdaftar di BEI secara resmi. Jadi, Anda bisa merasa lebih aman dan nyaman dalam melakukan investasi di perusahaan sekuritas tersebut. 

Referensi:

  • Boby. 2020. Pengertian Sekuritas dan Daftar Perusahaan Efek Anggota BEI, diakses dari https://lifepal.co.id/media/perusahaan-sekuritas-di-indonesia/
  • OJK. 2020. BERKENALAN DENGAN PERUSAHAAN SEKURITAS DAN MANAJER INVESTASI, diakses dari https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10453
  • Pandu Gumilar. 2020. 10 Sekuritas dengan Transaksi Terbesar, Mirae dan Mansek Jawara, diakses dari https://market.bisnis.com/read/20200731/7/1273450/10-sekuritas-dengan-transaksi-terbesar-mirae-dan-mansek-jawara
  • Tokopedia. 2020. Sekuritas, diakses dari https://kamus.tokopedia.com/s/sekuritas/