Pengertian Komposisi Penduduk, Jenis dan Piramida Penduduk

Komposisi penduduk membahas tentang tata cara pengelompokkan penduduk dan penggunaannya. Komposisi penduduk penting untuk diketahui guna membantu pemerintah mendapat informasi, serta menyusun kebijakan terkait pembangunan. Sebab, pembangunan yang dilakukan, pada dasarnya berorientasi pada kesejahteraan penduduk, sehingga harus disesuaikan dengan karakter serta komposisi penduduk. 

Pengertian Komposisi Penduduk

Apa itu komposisi penduduk? Pengertian komposisi penduduk dalam ilmu Geografi, adalah susunan atau pengelompokan penduduk berdasar kriteria tertentu, seperti kondisi demografis, usia, jenis kelamin, mata pencaharian, pendidikan, tingkat penghasilan, jenis pekerjaan dan lainnya.

Komposisi penduduk dapat menjadi bahan acuan pemerintah ketika proses penyusunan serta pengkajian kebijakan. Bagi perusahaan swasta atau komersial, komposisi penduduk juga bermanfaat dalam membuat strategi pemasaran atau penentuan segmen pasar.

Macam - Macam Komposisi Penduduk

Ada beberapa macam komposisi penduduk, sebagai berikut:

  • Komposisi Biologis, adalah pengelompokkan penduduk yang dilakukan berdasarkan biologis, seperti etnis, warna kulit, ras, umur, dan jenis kelamin.
  • Komposisi Budaya, adalah pengelompokkan penduduk yang didasarkan pada kebudayaan, seperti agama, kepercayaan, Bahasa, pendidikan, status perkawinan.
  • Komposisi ekonomi, adalah pengelompokkan penduduk yang didasarkan pada perekonomian seperti status pekerjaan, preferensi kerja dan tingkat penghasilan.

Fungsi Komposisi Penduduk

Komposisi penduduk memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Berikut adalah fungsi yang dapat kita peroleh dengan mengetahui komposisi penduduk:

  • mengetahui jumlah penduduk suatu negara
  • mengetahui gambaran penduduk di suatu daerah dalam berbagai kriteria.
  • pemerintah dalam menentukan strategi dan kebijakan dalam rangka pembangunan.
  • pemerintah mengklasifikasikan penduduk untuk analisis arah pencapaian pembangunan nasional.
  • Memperoleh gambaran potensi sumber daya manusia yang ada dalam suatu daerah, dilihat dari umur, jenis kelamin, status pendidikan, serta pekerjaan.

Piramida penduduk

Komposisi penduduk dapat diwujudkan dalam bentuk grafik. Grafik ini berisi perbandingan golongan penduduk dalam setiap kriteria. Grafik komposisi penduduk dapat digambarkan dalam bentuk piramida, yang disebut sebagai piramida penduduk.

Pengertian Piramida Penduduk adalah grafik yang menunjukkan dan membandingkan komposisi penduduk. 

Cara membuat piramida penduduk

Terdapat beberapa cara dalam membuat piramida penduduk. Langkah pertama adalah mengelompokkan penduduk. Jadi, penduduk dikelompokan berdasarkan jenis kelamin. Dalam gambar tersebut, laki-laki biasanya ditempatkan di sebelah kiri piramida, dan perempuan di sebelah kanan.

Kemudian, kelompok laki-laki maupun perempuan dibagi lagi dalam kelompok umur, biasanya menggunakan interval 5 tahun, contohnya dari usia 0-5 tahun, 5-9 tahun, 10-14 tahun, dan seterusnya.

Macam - Macam Piramida Penduduk

Ada banyak macam piramida penduduk, sebagai hasil dari penggambaran komposisi penduduk. Dalam menentukan macam piramida penduduk ini terdapat faktor penting yang perlu diperhatikan seperti usia dan jenis kelamin. Faktor inilah yang menentukan bentuk dari piramida penduduk tersebut.

Secara umum, ada tiga macam piramida penduduk, berupa:

Piramida Penduduk Muda (Expansive)

Piramida penduduk muda atau ekspansif merupakan bentuk piramida yang digambarkan dalam bentuk segitiga limas. Piramida penduduk muda terbentuk ketika mayoritas penduduknya berusia muda, di bawah 15 tahun. 

Suatu negara yang memiliki piramida seperti ini menunjukkan bahwa negara tersebut memiliki angka kelahiran lebih tinggi daripada angka kematian. Ciri piramida penduduk muda:

  • Angka kelahiran tinggi, dan angka kematian rendah
  • Pertumbuhan penduduk yang cepat
  • Populasi yang mayoritas masih muda dan berkembang
  • Umumnya merepresentasikan negara berkembang, dengan laju kelahiran tinggi dan tingkat harapan hidup relatif rendah
  • Bentuknya, semakin ke puncak, akan semakin sempit, karena usia tua lebih sedikit dari usia muda.
  • Menggambarkan bahwa sebagian besar penduduknya berada di kelompok usia di bawah 15 tahun (penduduk tidak produktif)
  • Contoh negara: India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Brazil, dan biasanya negara berkembang.

Piramida Penduduk Tetap (Stationary)

Piramida Penduduk Tetap atau Stasioner merupakan bentuk piramida penduduk yang berbentuk merata, atau jika diamati seperti bentuk granat. Piramida penduduk stasioner menggambarkan bahwa suatu negara memiliki tingkat kelahiran dan kematian yang seimbang atau memiliki kuantitas yang seimbang. 

Ciri khas dari piramida penduduk tetap:

  • Angka kelahiran serta angka kematian relatif seimbang
  • Menggambarkan bahwa populasi yang sudah tidak berkembang
  • Umumnya, bentuk piramida ini merepresentasikan negara maju, yakni angka kelahiran rendah dan tingkat harapan hidup tinggi
  • Contoh negara: negara – negara di Eropa Barat

Piramida Penduduk Tua (Contrictive)

Piramida Penduduk Tua atau Konstruktif merupakan bentuk piramida yang menyerupai batu nisan. Piramida penduduk tua menunjukkan bahwa di negara tersebut memiliki tingkat kelahiran rendah dengan diserta tingkat kematian yang sangat tinggi. 

Negara dengan bentuk piramida seperti ini terus menerus menunjukkan pertumbuhan penduduk di negara tersebut berjalan sangat lambat. Selain itu, semakin lama jumlah penduduk akan terus berkurang.

Ciri ciri piramida penduduk tua, yakni:

  1. Angka kelahiran dan angka kematian penduduk rendah
  2. Angka kelahiran terus menurun dengan cepat
  3. Menggambarkan bahwa populasi tidak berkembang, dan jika terus terjadi mengakibatkan kekurangan jumlah penduduk
  4. Umumnya, piramida ini dimiliki oleh negara-negara maju atau dengan perkembangan tingkat sosial dan ekonomi tinggi.
  5. Menunjukkan bahwa penduduk kelompok usia muda lebih sedikit daripada kelompok usia tua
  6. Contoh negara: Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Swiss, dan Belgia.

Semoga penjelasan terkait pengertian komposisi penduduk serta jenisnya ini cukup jelas. Begitu pula dengan penjelasan terkait piramida penduduk juga dapat dipahami.

Referensi:

  • Abror, Rizaldi. 2021. Geografi Kelas 11: Komposisi Penduduk dan Piramida Penduduk, diakses dari https://pahamify.com/blog/pengertian-komposisi-penduduk-dan-piramida-penduduk/
  • Nailufar, Nibras Nada. 2020. Komposisi Penduduk, diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/04/23/060000369/komposisi-penduduk?page=all.
  • Studiobelajar. Tt. Penduduk – Pengertian, Komposisi, Piramida, Pertumbuhan, Sensus, dsb, diakses dari https://www.studiobelajar.com/penduduk/