Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Afiliasi Menurut Para Ahli: Lengkap, di Berbagai Bidang Keahlian

 Pernahkah Kamu mendengar kata afiliasi? Istilah ini merupakan istilah umum yang dapat digunakan untuk membahasakan suatu konsep di banyak bidang. Salah satu konsep afiliasi yang paling populer dan banyak dibahas adalah pada bidang ekonomi. 

Tapi, tahukah Kamu bahwa pengertian afiliasi menurut para ahli juga bisa dilihat dari bidang-bidang keahlian lain? Karena banyaknya konsep afiliasi di berbagai bidang, dengan pengertian berbeda, terkadang orang bisa bingung ketika memperbincangkan afiliasi. 

Pengertian afiliasi secara umum

Jika melihat pada pengertian afiliasi secara umum, kita bisa merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mendefinisikan afiliasi sebagai suatu bentuk kerja sama yang terjalin di antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri, biasanya satu lembaga lebih besar dari lainnya.

Pengertian afiliasi juga juga berupa hubungan yang terjalin secara resmi dan menghubungkan antara dua orang atau lebih yang memiliki kesamaan tujuan, dengan dasar rasa saling membutuhkan atau kepentingan yang sama. 

Dalam praktiknya, relasi dalam afiliasi ini bisa mencakup bidang yang luas. Bidang-bidang yang membangun afiliasi biasanya berupaya untuk mampu tumbuh dan berkembang melalui afiliasi tersebut. 

Jadi, bisa juga disimpulkan bahwa pengertian afiliasi secara umum adalah hubungan atau pertalian yang dilakukan secara resmi, atau dengan adanya kesepakatan awal.

Pengertian Afiliasi dalam Marketing atau Bisnis

Dalam dunia bisnis, banyak dikenal adanya bisnis afiliasi. Pengertian bisnis afiliasi ini merupakan suatu kerjasama bisnis yang dilakukan melalui sistem penjualan produk, terjadi antara produsen atau perusahaan atau lembaga pemilik produk, bersama dengan pelaku usaha yang menjalankan penjualan produk tersebut, dengan perjanjian imbalan komisi dari pihak produsen untuk setiap penjualan yang dilakukan.

Karena umumnya berada pada ranah kerjasama penjualan, afiliasi bisnis ini juga sering dikenal sebagai afiliasi marketing. Fokus utama afiliasi marketing terletak pada bidang pemasaran. Dalam hal ini, terdapat seorang afiiliate marketer, yakni pihak yang memiliki saluran penjualan, dan mencoba untuk memasarkan produk dari satu perusahaan. Pembayaran hanya akan diberikan ketika terjadi transaksi. 

Kini, bentuk affiliate marketing banyak berkembang dalam bentuk online. Para pemilik saluran pemasaran, biasanya mengandalkan internet untuk media menarik pasar dan memperoleh komisi. Seorang atau satu pihak affiliate marketer pun biasanya bekerjasa sama dengan banyak produsen, sehingga memiliki peluang lebih besar untuk memperoleh keuntungan penjualan.

Pengertian afiliasi dalam Pasar Modal

Afliasi juga dapat terjadi pada pasar modal. Pengertian afiliasi dalam pasar modal bisa dipahami dengan melihat isi pasal 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, yang menunjukkan bahwa afiliasi terjadi dengan ketentuan berikut: 

  • Hubungan keluarga yang terjadi karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua, baik secara horizontal maupun vertical,
  • Hubungan antara pihak dengan pegawai, direktur, atau komisaris dari pihak tersebut,
  • Hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama,
  • Hubungan antara perusahaan dengan pihak, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut,
  • Hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung, oleh pihak yang sama; atau
  • Hubungan antara perusahaan dan pemegang saham utama.

Bisa disimpulkan bahwa afiliasi dalam pasar modal dapat terbangun dengan adanya syarat atau sebab tertentu, yang berhubungan dengan permodalan atau saham.

Pengertian afiliasi dalam Akuntansi atau Afiliasi Perusahaan

Jika membicarakan afiliasi di bidang akuntansi, para ahli menyampaikan bahwa pengertian afiliasi berhubungan dengan konsep perusahaan afiliasi (affiliated company). Pengeritan afiliasi dalam pengertian akuntansi adalah satu atau lebih perusahaan yang berbeda dalam sistem perusahaan induk. Sederhananya, perusahaan afiliasi ini merupakan anak perusahaan yang ada dalam sistem perusahaan induk.

Tapi, ada syarat suatu perusahaan bisa disebut sebagai perusahaan afiliasi dari suatu perusahaan lain menurut pengertian ahli di bidang akuntansi, yakni:

  • Komisaris atau direktur perusahaan, juga menjabat sebagai komisaris atau direktur di perusahaan lain.
  • Direktur atau komisaris dari suatu perusahaan memiliki hubungan keluarga dengan direktur atau komisaris perusahaan lain.
  • Salah satu pihak perusahaan dapat memberhentikan direktur atau komisaris dari perusahaan lain.
  • Salah satu pihak perusahaan memiliki kemampiuan untuk mengendalikan perusahaan lainnya.

Pengertian afiliasi dalam Sektor Pajak

Pada sektor pajak, pengertian afiliasi memiliki konsepnya sendiri, menurut ahli di bidang perpajakan, afiliasi merupakan suatu hubungan istimewa yang terjalin antawajib pajak yang biasanya merupakan pengusaha. 

Kondisi ini memunculkan adanya transaksi afiliasi atau transaksi antara pihak-pihak yang berelasi, sehingga berpengaruh pada kewajiban pajak dari para pihak yang bersangkutan. Adanya keterkaitan langsung antara perpajakan dengan afiliasi ini ketika terdapat hubungan istimewa (transfer pricing) yang terjalin antarwajib pajak, sehingga mengakibatkan Pajak Penghasilan terutang dari wajib pajak dapat lebih kecil dari seharusnya.

Pengertian Afiliasi dalam Psikologi

Ahli psikologi juga memiliki konsep tersendiri dalam memperbincangkan pengertian afiliasi. Pengeritan afiliasi menurut ahli psikologi adalah suatu posisi manusia sebagai makhluk sosial atau makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain, sehingga membuat manusia membutuhkan hubungan dengan orang lain. 

Dengan kata lain, pengertian afiliasi dalam psikologi adalah kebutuhan manusia untuk membentuk hubungan dan kerjasama dengan orang lain dengan cara menyenangkan sehingga memperoleh afeksi dari orang lain, kesetiaan terhadap teman, juga memenuhi kebutuhan dirinya supaya diterima dan diakui oleh lingkungannya.

Afiliasi dalam psikologi ini banyak berhubungan dengan hubungan atau interaksi, pertemanan, bersosialisasi, berkomunikasi, dan bekerjasama dengan orang lain yang dilakukan secara sadar dan bersahabat.

Pengertian Afiliasi dalam Organisasi

Pengertian afiliasi menurut ahli di bidang organisasi, adalah suatu hubungan yang terjalin di antara organisasi satu dengan organisasi lainnya yang ada pada sistem organisasi induk, semisal perusahaan induk dan cabang. Pada organisasi atau perusahaan afiliasi (affiliated company) ini, suatu perusahaan bisa berdiri sendiri sekalipun masih berada dalam sistem perusahaan induk.

Nah, sudah cukup jelas dan lengkap ya? Pengertian afiliasi dari berbagai bidang yang dibahas kali ini. Semoga tidak membuat bingung terkait konsep afiliasi, karena meski memiliki konsep utama yang sama, tapi prinsip dari masing-masing konsep bisa berbeda ketika dilihat dari bidang ilmu yang berbeda.

Referensi:

  1. Ka Tingo. 2019. Afiliasi : Pengertian + Jenis, dan Contohnya, diakses dari https://doseninvestor.com/afiliasi
  2. Maxmonroe. Tt. Arti Afiliasi: Penjelasan Apa Itu Afiliasi dalam Pemasaran, Psikologi, dan Bidang Lainnya, diakses dari https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/arti-afiliasi.html
  3. Sugi Prihato. 2020. Pengertian Bisnis Afiliasi beserta Keuntungan dan Kerugiannya, diakses dari https://accurate.id/bisnis-ukm/pengertian-bisnis-afiliasi/
  4. Zsazya. 2020. Pengertian Afiliasi pada Bidang Bisnis & Perpajakan, diakses dari https://www.online-pajak.com/st/tentang-pajak-pribadi/afiliasi-adalah