Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Startup beserta Contoh Startup di Indonesia

Pernah mendengar istilah startup? Istilah ini semakin sering muncul di era revolusi industri 4.0 atau ketika dunia digital semakin ramai digunakan masyarakat global. Lantas, sudah pahamkah Anda tentang pengertian startup dan seperti apa konsepnya? Simak artikel ini untuk mendapatkan informasi terkait pengertian startup, lengkap beserta contoh contoh startup di Indonesia.


Pengertian Startup

Pengertian startup jika melihat dari asal bahasanya atau Bahasa Inggris, diartikan sebagai ‘tindakan’ atau ‘proses dalam memulai suatu organisasi’. Startup adalah istilah yang merujuk pada suatu rintisan perusahaan atau perusahaan yang belum lama beroperasi, sehingga masih pada proses pengembangan menemukan sasaran pasar yang tepat. 

Istilah startup berkembang dan menyempit sehingga secara terkhusus digunakan untuk menyebut perusahaan rintisan yang berhubungan dengan teknologi. Istilah startup tidak digunakan untuk menyebut semua jenis bisnis yang sekadar “baru muncul”, melainkan lebih cenderung yang bidang usahanya bersentuhan dengan teknologi.


Sejarah Startup

Kemunculan istilah startup bisa dilihat dari sejarahnya, ketika istilah ini mulai dipopulerkan. Startup diawali dari ramainya ‘buble dot-com’, sebuah fenomena ketika perusahaan –perusahaan bernuansa internet dengan basis ‘dot-com’ bermunculan dengan begitu banyaknya.

Kemunculan perusahaan-perusahaan dengan dukungan dot-com ini berlangsung sekitar tahun 1998-2000. Dot-com meliputi perusahaan-perusahaan yang beroperasi dengan mengandalkan teknologi internet, dengan menggunakan alamat –alamat situs internet, yang identik dengan nama belakang dot-com.

Karena ramainya kemunculan perusahaan dengan dot-com ini, pasar di bidang ini pun semakin berkembang pesat. Keunggulan dari bisnis ini adalah kemudahan dalam akses pasar yang luas. Bahkan, ada istilah yang menyebut bahwa‘benua is not a big deal as long as you have internet connection’. Bisnis-bisnis rintisan berbasis teknologi inilah yang lantas dikenal dengan sebutan startup.


Kriteria Startup business

Untuk mengenali startup bisnis secara jelas, kita bisa menilainya dari beberapa kriteria stratup berikut ini:

1# Baru Lahir
Startup berupa perusahaan rintisan yang baru lahir, dan sedang akan berkembang. Startup merupakan bisnis yang sedang menunggu waktu bertumbuh besar.

2# Sumber daya minimal
Startup merupakan bisnis rintisan sehingga umumnya hanya memiliki jumlah pegawai yang sedikit, atau sumber daya minimal. Startup biasanya belum memiliki kegiatan operasional kompleks sehingga bisa dijalankan sedikit orang.

3# Multitasking
Kemampuan dalam pelaksanaan startup biasanya multitasking, yakni sesorang yang dapat bertugas mengerjakan lebih dari satu spesifikasi tugas. 

4# Pendapatan terbatas
Karena masih berupa perushaaan rintisan, startup memiliki pendapatan yang terbatas, dan bahkan belum bisa menghasilkan pemasukan. 

5# IT-based
Startup merujuk pada bisnis yang memanfaatkan teknologi, baik untuk kegiatannya atau berdasarkan pada teknologi informasi.

6# Website untuk beroperasi
Perusahaan startup mempunyai website atau situs yang dimanfaatkan sebagai jalur untuk menjangkau pasar atau penggunanya. 


Contoh Startup di Indonesia

Ada banyak contoh startup yang telah bermunculan, baik secara global maupun di Indonesia. Beberapa contoh startup di Indonesia yang populer dan berkembang cukup pesat, adalah:

# Startup Gojek 
Gojek adalah rintisan bisnis di bidang transportasi, dan digarap oleh Nadiem Makarim. Gojek berwujud aplikasi yang mempertemukan para pengguna ojek dan pengendara sebagai driver.

# Startup Tokopedia 
Tokopedia adalah startup asli Indonesia yang dibangun oleh William Tanuwijaya. Ini adalah startup online jual-beli yang dilengkapi dengan fasilitasi transaksi yang aman.

# Startup Akulaku
Akulaku adalah perusahaan startup Indonesia yang menyediakan aplikasi virtual kredit finansial sehingga memungkinkan nasabah melakukan kredit secara online. 

# Startup Koinworks 
Startup ini berkecimpung di bidang Peer to Peer Fintech Landing asli dari Indonesia. Startup ini menghubungkan pendana dan juga peminjam yang dilakukan lewat suatu platform online sehingga dapat memenuhi kebutuhan finansial.