Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemasaran: Pengertian, fungsi, tugas serta pembahasan lengkap lainnya mengenai pemasaran

Pengertian Pemasaran 

Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. 

Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. 

Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. 

Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.

Baca juga: Agen: pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan beserta pembahasan lengkap lainnya tentang agen

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian pemasaran yang pernah dijelaskan oleh beberapa ahli, yaitu:

1. John Westwood
Definisi pemasaran menurut pendapat beliau adalah satu kesatuan usaha yang bertujuan untuk melengkapi kebutuhan konsumen serta keuntungan tersendiri bagi perusahaan.

2. Philip Kotler
Definisi pemasaran menurut pendapat beliau adalah seseorang atau kelompok yang melakukan kegiatan sosial dan beberapa peraturan atau ketentuan untuk mewujudkan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

3. Jay Abraham 
Definisi pemasaran menurut pendapat Jay Abraham adalah media yang dapat digunakan untuk mewujudkan suatu keberhasilan dan cara efektif yang dapat digunakannya adalah memberikan pelayan yang baik kepada para pelanggannya.

4. William J. Stanton
Definisi pemasaran menurut pendapat beliau adalah kegiatan yang meliputi perencanaan, penentuan, promosi, pendistribusian dan lain sebagainya.

5. Hair dan Mc. Daniel
Definisi pemasaran menurut pendapat beliau adalah berbagai macam proses yang bertujuan untuk mencapai sasaran target yang telah di rencanakan sebelumnya.

Baca juga: E-Commerce: Pengertian, sejarah, jenis-jenis, contoh, bagian-bagian dan manfaat e-commerce

Fungsi Pemasaran

Berikut adalah fungsi pemasaran yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

• Pertama adalah fungsi pertukaran, pembeli dapat memperoleh produk dari produsen dengan menukar uang maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.

• Kedua adalah fungsi distribusi produk diangkut dari produsen ke konsumen dengan berbagai macam cara baik melalui air, darat, ataupun udara. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
• Ketiga adalah fungsi perantara yaitu menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan melalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain, pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi atau penggolongan produk.

Ketiga hal tersebut dapat diartikan sebagai strategi pemasaran. Tujuannya adalah memperbesar pengaruh terhadap pasar baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang didasarkan pada riset pasar, penilaian, perencanaan produk, promosi, perencanaan penjualan serta distribusi.

Oleh karena itu, orang yang melakukan pemasaran atau juga dapat disebut sebagai pemasar, sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatannya dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju. 

Tugas Pemasaran

Ada beberapa hal yang dapat menajdi ruang lingkup dalam tugas pemasaran. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Mengenalkan produk: Mengenal produk kepada para konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. 
2. Mewujudkan sasaran target: Dalam hal ini, tim marketing harus jeli terhadap informasi mengenai apa yang telah terjadi dalam pasar, apa saja yang menjadi kebutuhan bagi pasar dan kegiatan-kegiatan lainnya.

3. Memberikan rasa puas terhadap konsumen: Hal ini juga tak kalah pentingnya bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, apabila rasa puas itu telah dicapai maka para konsumen akan memberikan sikap loyalitasnya terhadap perusahaan itu sendiri.
4. Merencanakan strategi lanjutan: Strategi ini bertujuan agar perusahaan mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada sebelumnya. Misalnya dengan memberikan promosi gratis 1 beli satu dan lain sebagainya.

5. Melakukan kerjasama: Agar kegiatan pemasaran yang dilakukan dapat tersebar luas maka tim marketing harus melakukan kerjasama.
6. Membuat rekapitulasi: Dengan adanya rekapitulasi penjualan maka perusahaan dapat merencanakan sasaran target selanjutnya.

Baca juga: Pendapatan Nasional (Pengertian dan Metode Perhitungan)

Jenis - jenis Pemasaran

Berikut adalah 5 jenis pemasaran yang harus anda ketahui, yaitu:

1. Word of Mouth Marketing: Promosi dari mulut ke mulut, umunya orang yang membagikan informasi ini memiliki sifat yang menggebu-gebu.
2. Call to Action: Jenis pemasaran ini lebih menekankan kepada adanya sistem pencarian produk dengan mengunakan kata kunci.

3. Relationship Marketing: Jenis pemasaran ini ditandai dengan adanya sikap loyalitas yang diberikan oleh setiap konsumen.
4. Cloud Marketing: Segala sumber daya dan aset yang dimiliki akan dimasukan kedalam jenis pemasaran ini secara online. 

5. Public Relations Marketing: Jenis pemasaran ini lebih menekankan kepada hal-hal yang digunakan untuk dapat meningkatkan kesadaran konsumen atas produk yang mereka miliki.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, fungsi, tugas serta pembahasan lengkap lainnya mengenai pemasaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.