Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mau Daftar PTN? Wajib Tahu Apa Itu UTBK

Sudah bersiap ingin masuk PTN kenamaan di Indonesia? Bagi Kamu yang ingin masuk ke PTN, Kamu harus mengenal apa itu UTBK. Istilah dalam perguruan tinggi memang sering berubah. Dulu, kita mengenal adanya UMPTN, SNPT, SBMPTN, SNPT, SNMPTN, hmm, apa lagi ya? Banyak ya.

Berbagai istilah ini pada dasarnya merujuk pada maksud yang serupa, hanya saja konsepnya ada sedikit perbedaan. Kesamaannya, semua itu adalah istilah sebagai jalur masuk atau tes untuk perguruan tinggi, terutama perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. 

Kini, bagi para siswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri di tahun 2020, ada yang namanya UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi yang secara tunggal diselenggarakan oleh LMPT. Apa lagi itu LTMPT? 

LTMPT adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. LTMPT mendapat mandat sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi yang terstandar yang ada di Indonesia. 

UTBK adalah syarat utama untuk dapat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) loh. Jadi, SBMPTN, yang merupakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru ini, bisa diikuti oleh para calon mahasiswa dengan menggunakan hasil UTBK, atau syarat lainnya yang ditetapkan PTN.

Jelas ya? Jadi, UTBK ini adalah ujiannya, SBMPTN adalah proses seleksi masuk ke PTN. Jadi, UTBK dan SBMPTN ini saling melengkapi, bukan saling menggantikan.

Hmm, ribet dan bingung gak sih? Semoga tidak ya. Sebab, UTBK yang diselenggarakan LTMPT ini dianggap memiliki keunggulan tersendiri dalam pelaksanaannya, yakni hasil tes yang telah dilaksanakan oleh lembaga ini akan diberikan secara individu, langsung. Hal ini tentu akan mempermudah akses bagi para pendaftar untuk mengetahui proses seleksi masuk perguruan tinggi yang dilaluinya.

Pelaksanaan UTBK telah mulai dilangsungkan sejak tahun 2019. Para siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 bisa mengikuti UTBK 2020 kelak. Lulusan yang dimaksud tentunya adalah dari siswa yang telah selesai menempuh pendidikan menengah, baik di tingkat SMA/ MA/ SMK dan sederajat, sekaligisu bagi Kamu yang lulusan Paket C di tahun 2018, 2019, dan 2020. 


Tujuan UTBK

Kita bisa merinci lagi, apa saja tujuan diadakannya UTBK? Pertama adalah untuk bisa memprediksi calon mahasiswa, siapa saja yang memiliki kemampuan untuk bisa menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan sebaik mungkin dan juga tepat waktu.

Selain itu, UTBK juga dapat memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa dalam mengikuti tes secara fleksibel. Dalam hal ini, UTBK memberi kemudahan bagi pesertanya untuk bisa memilih waktu dan lokasi tes. Jadi, lebih mudah bukan?

Baca juga: Soal Tes Komputer Dasar Ms Word

Ketentuan Umum UTBK

Kamu juga harus tahu, apa saja ketentuan umum yang harus dipenuhi ketika hendak mengikuti UTBK 2020. UTBK ini dibagi dalam tiga kelompok umum, yakni:

(1) UTBK kelompok Saintek; 
(2) UTBK kelompok Soshum;
(3) UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum)

Jadi, pastikan Kamu mengetahui jurusan mana yang akan Kamu pilih, dan masuk di kelompok mana. Jangan sampai Kamu salah ambil jurusan dan UTBK ya.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah :

  • Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat pada tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C pada tahun 2018 dan 2019.
  • Peserta mengikuti satu kali tes sesuai kelompoknya, yakni UTBK kelompok Saintek mengikuti tes TPS dan TKA Saintek, UTBK kelompok Soshum mengikuti tes TPS dan TKA Soshum dan UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti tes TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum


Tahapan UTBK

Jadi, sudah siap untuk mengikuti UTBK. Jika sudah siap, perhatikan tahana UTBK berikut ini ya:

(1) Registrasi akun Siswa melalui website LTMPT. Registrasi dengan menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir. Kapan registrasi bisa dilakukan? Pada tanggal 07 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
(2) Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. dengan menggunakan username/email dan password yang sudah diperoleh melalui proses registrasi.

(3) Lakukan Verifikasi dan Validasi Data Siswa. Isikan biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, lalu lakukan verifikasi biodata hingga selesai.
(4) Pilih menu Pendaftaran UTBK. Lanjut dengan pilih jenis dan sesi ujian, juga lokasi Pusat UTBK PTN. Kemudian, Kamu akan mendapatkan slip pembayaran UTBK.

(5) Lakukan pembayaran melalui transfer, bisa ke Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Gunakan slip pembayaran untuk mendaftar. Kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), pembayaran ini harus diselesaikan paling lambat 1 x 24 jam setelah mendapatkan slip pembayaran.
(6) Setelah selesai pembayaran, login lagi ke laman. Pilih menu Pendaftaran UTBK dan cetak kartu peserta UTBK.

(7) Terakhir, ikuti UTBK. Jangan lupa perhatikan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang telah dipilih, karena UTBK harus dilakukan sesuai data tersebut.

Jenis Tes UTBK

Lantas, sudah tahukah Kamu, apa saja yang akan diujikan dalam UTBK? Ada dua jenis tes yang diujikan, yakni (1) Tes Potensi Skolastik (TPS) dan (2) Tes Kompetensi Akademik (TKA). TKA ini diujikan sesuai dengan kelompok ujian yang telah dipilih oleh tiap-tiap peserta ujian ya.

Lantas, apa maksud kedua tes ini?
Tes Potensi Skolastik atau TPS adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif. Apa itu? kemampuan penalaran dan pemahaman umum. Hal ini penting diketahui untuk menilai keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. 

Penilaian TPS ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, juga kemampuan dalam memahami bacaan dan menulis.

Sedangkan TKA digunakan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang telah diajarkan di sekolah. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan jika seseorang ingin berhasil dalam pendidikan tinggi. 

Dalam TKA juga diukur terkait kemampuan kognitif seseorang, yang biasanya langsung terkait dengan konten mata pelajaran yang selama ini dipelajari di sekolah. Jadi, penekanan tes ini terletak pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Kelompok Ujian UTBK

Sebelumnya, sudah disebutkan bahwa kelompok ujian UTBK dibagi menjadi 3 kelompok ya? Berikut uraiannya :
(1) Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek). Materinya meliputi TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi);
(2) Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum). Materinya meliputi TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi);
(3) Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Materi yang diujikan meliputi TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Biaya UTBK

Jadi, berapa biaya UTBK? Berikut adalah biaya yang harus dibayarkan oleh peserta UTBK :
Rp 200.000,00 bagi pendaftar UTBK kelompok ujian Saintek atau Soshum,
Rp300.000,00 bagi pendaftar UTBK kelompok ujian Campuran.

Ow ya, perlu diketahui bahwa biaya yang telah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apa pun ya. Selain itu, bagi calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan, baginya tidak dipungut biaya.

Pengumuman Hasil UTBK

Nah, yang sudah megnikuti tahapan UTBK, Kamu bisa menunggu hasil UTBK 2020 ini secara serentak. Kapan? Pada tanggal 12 Mei 2020 tepatnya pada pukul 17.00 WIB.

Ow ya, Kamu bisa mulai melakukan mengikuti tahapan UTBK sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Adapun jadwal pembuatan akun LTMPT pada tanggal 07 Februari – 05 April 2020

Pendaftaran UTBK 2020 dilangsungkan pada 30 Maret – 11 April 2020

Pelaksanaan UTBK diselenggarakan pada 20 – 26 April 2020
Ada 2 sesi yang berlangsung di tiap harinya, yakni sesi pagi dan siang. Jadi, total pelaksanaan UTBK adalah 14 sesi.

Pengumuman Hasil UTBK dapat dilihat pada 12 Mei 2020 pukul 17.00 WIB.

Untuk informasi dan jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 ter-update silakan akses laman berikut : 

ltmpt.ac.id