Selasa, 02 Juli 2019

(ERP) Enterprise Resource Planning: Definisi, manfaat dan kelebihannya

Definisi ERP (Enterprise Resource Planning)  

Secara umum, definisi ERP adalah sebuah konsep yang digunakan untuk merencanakan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya perusahaan seperti waktu, kapasitas, sumber daya manusia, dana, mesin dan material. 

Di dalam ERP ini sendiri terdapat tiga elemen utama yang mencakup perusahaan atau organisasi (enterprise), sumber daya (resource) dan perencanaan (planning).

Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa konsep tersebut sangat penting untuk mendukung jalannya proses produksi dan data dari pihak tertentu.

Baca juga: Badan Usaha Milik Negara (BUMN): Definisi, tujuan dan fungsi serta jenis-jenis BUMN

Definisi ERP Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa ahli yang ikut mengemukakan pendapatnya mengenai definisi ERP. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Daniel E. O’Leary
Menurut pendapat beliau, definisi ERP adalah media yang digunakan untuk mengatur segala macam transaksi yang ada pada perusahaan atau organisasi. 

2. Hau dan Kuzic
Menurut pendapat beliau, ERP adalah sebuah multi modul. Multi modul ini berbentuk aplikasi yang dapat memberikan solusi kepada para perusahaan atau organisasi. Hal ini meliputi penyaluran data umum, dapat menguak fakta yang sebenarnya, proses dan kinerja, pengelolaan sumber daya dan lain sebagainya.

3. O’Brien
Menurut pendapat beliau, ERP adalah sebuah software yang memiliki banyak fungsi. Software ini dapat digunakan untuk mengoperasionalkan bidang bisnis seperti menata ulang penyaluran atau distribusi, sumber daya alam, proses manufaktur, keuangan dan lain sebagainya.

4. Ellen Monk
Menurut pendapat beliau, definisi ERP adalah sistem yang telah terintegrasi. Sistem tersebut dapat digunakan untuk mengatur jalannya proses bisnis. Hal ini meliputi pemasaran, pembelian, produksi dan lain sebagainya.

Baca juga: Administrasi Bisnis: Definisi, karakteristik dan ruang lingkup administrasi bisnis

Manfaat ERP (enterprise Resource Planning)

Seperti apa yang telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya bahwa dengan adanya ERP ini, semua kegiatan yang berada dalam bisnis dapat terencana dan terlaksana dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang harus anda ketahui:

Membuat proses menjadi lebih mudah dikendalikan dalam kegiatan usaha atau bisnis.
Memudahkan dalam sistem pengambil keputusan karena ERP ini akan memberikan informasi yang luas bagi pihak terkait.

Informasi yang diberikan dapat dijamin dengan baik sehingga bisnis dapat berjalan mudah dan responsif.
Mengumpulkan sejumlah unit perusahaan.
ERP membuat perusahaan menjadi lebih mudah untuk beradaptasi dan berkembang.

Kelebihan dari ERP (enterprise Resource Planning)

Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan, khususnya bagi para pebisnis yang ada. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Data yang akurat 
Dalam sebuah ERP ini terdapat komponen bisnis seperti modul, sub modul dan lain sebagainya. Apabila data dimasukkan kedalam modul maka modul lainnya juga akan terperbaharui secara otomatis atau langsung sehingga data yang diperoleh adalah data yang akurat. Hal ini biasanya dilakukan pada saat proses transaksi (input data) berlangsung saja.

2. Perencanaan dan Manajemen sistem Informasi
Agar proses pengambil keputusan dapat berjalan dengan maksimal maka dibutuhkan alat pendukung, seperti alat simulasi dan perencanaan. Jadi, sebelum adanya proses pengambil keputusan tersebut, kita dapat melakukan simulasi dan perencanaan pada sumber daya yang ada. 

Selain itu, ERP ini juga dapat menyediakan laporan standar dan dapat diakses tanpa batas waktu atau periode tertentu.

3. Peningkatan efisiensi dan produktivitas
Sistem ini dapat membuat kegiatan sehari-hari dapat menjadi lebih maksimal, seperti manajemen kualitas, pemasok, pemesanan, realisasi penjualan, pengiriman dan manajemen kas. 

4. Pembentukan Standarisasi prosedur
Sistem ERP ini memiliki kualitas dengan standar internasional, hal ini yang kemudian di adopsi oleh banyak perusahaan-perusahaan lainnya.

Baca juga: Pasar: Definisi, peran, karakteristik, kategori serta bentuk-bentuk pasar

Contoh ERP (enterprise Resource Planning)

Berikut adalah beberapa contoh ERP yang harus anda ketahui, antara lain:

1. Sales Order Processing 
Seperti apa yang telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya bahwa di dalam sistem ERP ini terdapat sebuah modul dan sub modul. Modul inilah yang kemudian akan memberi akses seperti jadwal pemesanan, invoice atau faktur, pengiriman, dan tempat pemesanan.

2. Modul Pembelian
Salah satu modul yang terdapat pada ERP juga dapat memudahkan jalannya proses bisnis dalam hal pembelian. Hal ini mencakup proses penagihan, pembelian itu sendiri, negosiasi harga, dan calon pemasok.

3. Perencanaan Produksi
Kapasitas produksi, sumber daya material, komponen, dan suku cadang  dapat dimaksimalkan dengan menggunakan modul produksi ini. 

4. Akuntansi Keuangan
Modul ini merupakan modul yang paling utama dari segala modul lainnya. Semua data keuangan akan diakumulasikan dalam modul ini. Hasil akhirnya dapat berbentuk sebuah laporan keuangan.

5. Sumber Daya Manusia
Modal ini dikhususkan untuk mengatur segala sumber daya dan modal manusia. Hal tersebut mencakup segala data-data gaji para karyawan, absensi, informasi kontak, promosi yang dilakukan dan bagaimana evaluasi kerjanya.

Demikian penjelasan mengenai definisi, manfaat dan kelebihan dari ERP (enterprise Resource Planning). Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...