Minggu, 28 Juli 2019

Modal: Definisi, Jenis-jenis, Manfaat serta Pembahasan Lengkap Modal

Definisi Modal

Secara umum, definisi modal adalah dasar yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan. Biasanya modal tersebut berupa uang atau barang. Modal juga dapat disebut sebagai istilah capital, yaitu adanya sumber daya alam yang dapat menghasilkan suatu barang atau sumber daya manusia yang dapat membantu serta pendukung jalannya proses produksi barang lainnya.Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh laba.

Sebagian masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah modal, terutama bagi seorang pengusaha. Bagi seorang pengusaha, modal adalah suatu hal yang paling vital. Mengapa demikian? Karena tanpa adanya dukungan dari modal maka usaha tidak dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah ditargetkan. 

Segala bentuk usaha, mulai dari pengusaha kecil hingga pengusaha besar, semuanya membutuhkan modal untuk mendukung jalannya usaha yang mereka miliki. Modal juga dapat dikatakan sebagai bentuk aset bagi seorang pengusaha.

Baca juga: Shareholder / Stockholder: Definisi, perbedaan, contoh, teori shareholder, penjelasan lengkap

Definisi Modal Menurut Para Ahli

Beriku adalah beberapa ahli yang pernah menjelaskan mengenai definisi modal. Simak dibawah ini.

1. Lawrence J. Gitman
Definisi modal menurut pendapat beliau adalah salah satu bentuk dari peminjaman yang dimiliki oleh perusahaan dengan jangka waktu tertentu.

2. Bambang Riyanto
Menurut Bambangg Riyanto, definisi modal adalah bentuk dari hasil produksi. Dalam pelaksanaannya, modal akan menitikberatkan kepada suatu value, daya beli hingga power.

3. Drs. Moekijat
Menurut pendapat beliau, definisi modal adalah segala hal yang dimiliki oleh perusahaan, mulai dari uang tunai, kredit, hak membuat, property, masing-masing hingga menjual suatu hal yang berupa paten.

4. Mayo
Definisi modal menurut pendapat Mayo adalah sebuah instrumen yang digunakan untuk memanfaatkan dana para investor yang membeli sekuritas hutang. Saham memiliki 2 jenis yang sangat signifikan, yaitu saham preferen dan saham biasa.

5. Prof. A. Bakker
Definisi modal menurut beliau adalah sebuah barang konkret yang ada pada neraca bagian debit, lebih tepatnya ada pada rumah tangga perusahaan. Selain itu, modal juga dapat berupa barang konkret yang berupa daya beli atau nilai tukar.

6. Prof. Polak
Definisi modal menurut beliau adalah seorang individu atau kelompok yang memiliki kekuasaan terhadap penggunaan barang yang berada dalam neraca kredit. Barang-barang tersebut biasanya belum digunakan oleh perusahaan.

7. Munawir
Definisi modal menurut pendapat beliau adalah suatu kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan. Kekayaan tersebut dapat berasal dari bagian internal maupun eksternal perusahaan.

8. Prof. Meiji
Menurut pendapat beliau, definisi modal adalah barang-barang modal yang ada pada rumah tangga perusahaan. Barang-barang tersebut dikumpulkan (kolektivitas), sehingga neraca dapat menghasilkan suatu pendapatan.

9. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi modal adalah uang dan harta yang dapat memberikan keuntungan. Dengan adanya uang, seseorang dapat berdagang dan dengan adanya harta benda maka seseorang dapat memperoleh kekayaan dan lain-lain.

Baca juga: Kemasan: Definisi, fungsi, manfaat, bentuk-bentuk kemasan, penjelasan lengkap

Jenis - jenis Modal

Ada 3 jenis modal yang harus anda pahami, yaitu modal yang berdasarkan atas sumber modal, wujud dan berdasarkan fungsinya. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Modal yang berdasarkan atas sumbernya

Dalam jenis ini, modal dapat dibedakan lagi menjadi beberapa bagian yaitu internal dan eksternal.

a. Modal internal: Modal ini dapat didapatkan dari hasil penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan kata lain, modal ini bisa berasal dari dalam perusahaan itu sendiri. Namun, modal jenis ini memiliki kekurangan dalam hal pengembangan bisnis sehingga perusahaan mengalami kesulitan.

b. Modal eksternal: Jenis modal ini dapat diperoleh dari luar perusahaan seperti koperasi, pinjaman bank, para investor dan lain-lain.

2. Modal yang berdasarkan atas fungsinya

Ada dua jenis yang harus anda pahami dalam jenis modal ini, yaitu modal perseorangan dan modal sosial. Simak penjelasannya berikut ini:

a. Modal perseorangan: Modal ini berasal dari masing-masing individu seperti saham, deposito dan lain-lain.

b. Modal sosial: Berbeda dengan jenis modal sebelumnya, modal ini dapat berasal dari masyarakat setempat. Misalnya seperti pasar, pelabuhan, jalan raya dan lain-lain.

Pada umumnya, kedua jenis modal tersebut dapat memberikan keuntungan bagi masing-masing pemiliknya.

3. Modal yang berdasarkan atas wujudnya

Ada dua jenis modal yang berdasarkan wujudnya, yaitu modal konkret dan modal abstrak. Simak penjelasannya berikut ini:

a. Modal konkret: Jenis modal ini juga dapat disebut sebagai modal aktif yang memiliki wujud secara nyata. Misalnya seperti tempat mesin, gudang, bahan baku dan berbagai macam sarana prasarana lainnya.

b. Modal abstrak: Berbanding terbalik dengan jenis modal sebelumnya. Pada jenis ini, modal tidak dapat dilihat secara kasat mata. Misalnya seperti hak cipta, kemampuan tenaga kerja dan lain-lain.

Baca juga: Kebijakan Sanering: Definisi, dampak, contoh, penjelasan lengkap

Manfaat modal

Tahukah anda bahwa modal memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan? Simak berikut ini.
Dengan adanya modal maka perusahaan dapat menyewa suatu tempat yang akan digunakan sebagai lahan usaha.
Dapat menyediakan bahan-bahan produksi yang mendukung jalannya proses usaha
Dengan adanya modal maka para karyawan atau pekerja dapat memperoleh gaji, tunjangan dan lain sebagainya
Modal dapat mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan oleh perusahaan

Demikian penjelasan porosilmu.com mengenai definisi, jenis-jenis, manfaat serta pembahasan lengkap tentang modal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...