Minggu, 23 Juni 2019

Perusahaan Jasa: Definisi, Ciri-ciri, Keuntungan dan Kelemahannya

Definisi Perusahaan Jasa

Secara umum, definisi perusahaan jasa adalah salah satu perusahaan yang menjual dan menawarkan berbagai macam produk jasa untuk kebutuhan masyarakatnya. 

Pada umumnya, tujuan dari semua perusahaan yang ada adalah sama yaitu ingin memperoleh keuntungan dan tak terkecualikan pada perusahaan yang satu ini.

Ada yang berpendapat lain bahwa perusahaan jasa ini merupakan perusahaan yang menyediakan kebutuhan para konsumen sehingga perusahaan ini dianggap dapat memberi manfaat kepada masyarakat luas. 

Adapun layan jasa yang dapat kita temui sehari-hari yaitu seperti layaknya jasa laundry, jasa service HP,  jasa travel, jasa penjual tiket, jasa keuangan, jasa tukang urut, dan masih banyak jasa-jasa lainnya.

Baca juga: Sistem Ekonomi Pancasila: Definisi, Karakteristik, Keuntungan dan Kelemahan serta Penerapannya di Indonesia

Definisi Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa ahli yang ikut mengemukakan pendapatnya mengenai perusahaan jasa seperti Norman, Djaslim Saladin, Christian Gronross, Philip Kotler dan Adrian Payne. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Norman
Menurut pendapat beliau, definisi perusahaan jasa adalah tindakan yang dilakukan oleh perusahaan secara langsung dari produsen ke konsumen atau pun sebaliknya. Biasanya perusahaan jasa akan berinteraksi dengan para konsumennya melalui kontak sosial.

2. Djaslim Saladin
Beliau berpendapat bahwa definisi perusahaan jasa adalah penawaran yang dilakukan oleh badan usaha untuk kepada para konsumen yang membutuhkannya. Mereka biasanya akan menyediakan produk yang tidak berfisik serta tidak adanya kepemilikan pada produk tersebut.

3. Christian Gronross
Beliau berpendapat bahwa definisi perusahaan jasa adalah bentuk perusahaan dimana didalamnya terdapat kegiatan berupa intangible antara pelanggan dan pegawai jasa. Tujuan daripada adanya kegiatan tersebut adalah untuk dapat mengatasi masalah pelanggan secara langsung.

4. Philip Kotler
Menurut pendapat beliau bahwa definisi perusahaan jasa adalah penawaran yang bersifat abstrak yang dilakukan oleh perusahaan dan ketika konsumen atau pelanggan membutuhkan jasa ini maka hal itu tidak akan menyebabkan perpindahan kepemilikan sama sekali.

5. Adrian Payne
Menurut pendapat beliau bahwa definisi perusahaan jasa ini adalah salah satu bentuk kegiatan ekonomi yang bernilai intangible yaitu dapat berinteraksi langsung dengan konsumen atau barang. Namun, hal tersebut tidak menyebabkan transfer kepemilikan.

Baca juga: Sistem Ekonomi Tradisional: Definisi, Karakteristik, Keuntungan dan Kelemahan serta Contoh Negara yang Menganut Sistem Ekonomi Tradisional

Ciri - ciri Perusahaan Jasa

Untuk dapat membedakan perusahaan satu dengan perusahaan lainnya, kita harus dapat mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Berikut adalah 6 ciri-ciri dari perusahaan jasa:

1. Menjual Jasa
Aktivitas utama yang dilakukan oleh perusahaan jasa ini adalah menjual dan menawarkan jasa kepada konsumen atau pelanggan yang membutuhkan. Produk ini biasanya dapat memberi segudang manfaat kepada para konsumennya.

2. Tidak menyediakan produk dalam bentuk fisik
Pada umumnya, perusahaan ini hanya menyediakan produk dalam bentuk abstrak atau tidak mempunyai fisik sama sekali. Selain itu, produk tersebut tidak dapat disimpan namun ia memiliki segudang manfaat bagi para masyarakatnya. 

3. Bisa membutuhkan atau tidak membutuhkan barang berwujud
Ada banyak macam yang dapat ditawarkan oleh perusahaan jasa ini, ada yang membutuhkan barang atau alat berwujud dan ada yang tidak membutuhkan, hal tersebut tergantung pada perusahaan jasanya sendiri. 

Apabila perusahaan tersebut menyediakan jasa travel maka perusahaan sangat membutuhkan barang berwujud seperti armada dan sebagainya. Sedangkan, apabila perusahaan tersebut menyediakan jasa keuangan maka perusahaan itu tidak membutuhkan barang yang berwujud.

4. Hasil produk jasa antar konsumen berbeda-beda 
Biasanya apabila anda membeli suatu barang, barang tersebut akan mempunyai fisik yang dapat terlihat. Anda membeli barang tersebut bisa saja karena disebabkan oleh keunikan barang dan sebagainya. 

Namun, tahukah anda bahwa yang tertarik pada barang tersebut tidak hanya diri anda saja, ada banyak konsumen lain yang mengincar produk tersebut dan produk tersebut umumnya akan mempunyai kualitas yang sama. 

Akan tetapi, hal itu sangat berbeda jauh dengan produk jasa ini. Anda tidak dapat merasakan kualitas yang sama untuk setiap hasil produk yang dibeli. Beda pegawai jasa maka akan beda pula tingkat kualitas jasa yang dirasakan. 

5. Harga jasa tidak dapat dipatok secara umum
Karena adanya perbedaan kualitas dan sebagainya pada perusahaan dan pegawainya maka harga pun tidak dapat dipatok secara umum. Hal itu tergantung pada kebutuhan para konsumennya. 

6. Tidak ada harga pokok produksi dan penjualan
Pada umumnya, perusahaan jasa ini tidak membutuhkan bahan baku produksi dalam bentuk fisik. Oleh sebab itu, pelaporan keuangannya pun tidak bisa di hitung dengan harga pokok karena perusahaan tidak memiliki patokan terhadap bahan-bahan produksi. Dalam pelaporan keuangannya hanya terdapat pengakumulasian terhadap pendapatan dan sebagainya.

Baca juga: Sistem Ekonomi Komando: Definisi, Karakteristik, Keuntungan dan Kelemahan serta Contoh Negara yang Menganut Sistem Ekonomi Komando


Keuntungan dan Kelemahan Perusahaan Jasa


Perusahaan jasa adalah salah satu bentuk dari berbagai macam perusahaan yang ada di dunia. Masing-masing perusahaan memiliki keuntungan dan kelemahannya masing-masing, tak terkecualikan pada bentuk perusahaan yang satu ini. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Keuntungan 
Perusahaan ini tidak memerlukan tempat khusus untuk memasarkan produknya
Tidak membutuhkan tempat penyimpanan produk atau biasa disebut sebagai gudang.
Tidak membutuhkan banyak pegawai perusahaan

2. Kelemahan
Untuk dapat meyakinkan para konsumennya, perusahaan ini harus dapat membuktikan atau memberi testimoni dan sebagainya.
Apabila produk jasa sudah dibeli oleh konsumen maka ia tidak dapat mengembalikannya lagi.

Demikian penjelasan mengenai definisi, ciri-ciri, keuntungan dan kelemahan perusahaan jasa. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membaca.


Loading...