Rabu, 05 September 2018

Contoh Kata Pengantar Makalah dalam Berbagai Tema

Ketika membuat makalah, kita perlu menyusunnya dengan sistematika yang runtut, baik dan benar secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang membuat makalah hanya berfokus pada konten atau isi makalah dan sering melupakan pentingnya kata pengantar makalah. 

Padahal, kata pengantar makalah penting juga untuk diperhatikan agar dapat mengantarkan pemikiran pembaca dalam memahami isi makalah. Tak hanya itu, konten makalah yang baik tanpa kata pengantar makalah yang baik mungkin akan mengurangi poin dari keseluruhan makalah tersebut di mata pembaca yang jeli.

Penjelasan mengenai bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar serta mengenai struktur makalah sendiri sempat kita bahas pada artikel sebelumnya. Jadi, kali ini kita akan fokus pada bagaimana cara membuat kata pengantar makalah serta seperti apa contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar.

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah

Untuk membuat kata pengantar makalah yang baik dan benar, kita harus betul-betul memahami konten dari makalah yang dibuat. Karenanya, sebaiknya kata pengantar ini dibuat terakhir setelah seluruh konten selesai disusun. Jadi, gambaran umum mengenai konten makalah sudah jelas.

Adapun beberapa poin penting yang dapat dimunculkan dalam kata pengantar makalah, meliputi :

  • Ucapan syukur atas selesainya makalah, ditujukan pada Tuhan Yang Maha Esa
  • Penjelasan tentang peruntukan penulisan makalah
  • Penjelasan terkait materi apa yang disajikan dalam makalah
  • Penjelasan terkait proses pelaksanaan penulisan makalah jika ada
  • Penjelasan dan terima kasih bila ada pihak lain yang terlibat dalam mendukung selesainya proses penyusunan makalah
  • Harapan akan manfaat makalah tersebut
  • Ucapan kesediaan dalam menerima masukan terkait makalah yang ditulis


Contoh Kata Pengantar Makalah sebagai Tugas Mata Kuliah

Puja dan puji syukur tak hentinya kami ucapkan pada Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik dan tepat waktu. Tugas makalah ini disusun dalam rangka melengkapi tugas semester akhir pada mata kuliah ekonomi politik. Diharapkan, tugas ini bisa menyajikan aneka informasi terbaik terkait teori yang sudah didapatkan dalam perkuliahan serta sekaligus dengan membandingkannya terhadap fenomena faktual di lapangan.

Makalah ini membahas mengenai bagaimana praktik –praktik neoliberalisme berkembang dalam masyarakat era sekarang ini. Studi kasus dipilih dari kondisi terkini perekonomian Indonesia yang tengah menghadapi dilema kenaikan nilai kurs rupiah dengan melihat keterkaitannya terhadap kepentingan politik global. 

Semoga dengan makalah yang telah kami susun ini, dapat memberikan wawasan yang lebih luas serta informasi yang lebih dalam mengenai kondisi ekonomi politik di Indonesia, serta memahami bagaimana keterkaitannya antara teori dan praktik. Kami menyadari bahwa makalah ini tidak sempurna sehingga saran dan kritik siap kami terima. 

Hormat saya,

Penulis.

Contoh Kata Pengantar Makalah dengan Pihak Ketiga yang Terlibat

Kami sangat bersyukur karena telah sukses merampungkan makalah penelitian yang merupakan kolaborasi antara mahasiswa Fakultas Eknonomi Sosial Universitas Porosilmu bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan  DIY. Karenanya, tak berlebihan rasanya bila kami memanjatkan rasa syukur yang tertinggi ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan bimbingannya.

Makalah dengan tema pemetaan usaha industri DIY ini dapat tersusun dengan baik atas dukungan dinas perindustrian dan perdagangan di DI Yogyakarta sehingga tak lupa kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya. Terima kasih pula pada pihak-pihak lain yang terlibat dan mendukung suksesnya penyusunan makalah ini, yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu. Semoga kerjasama ini dapat membuahkan hasil manis dan memberikan manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia.

Kami berharap makalah ini dapat memberikan gambaran informasi yang berguna bagi para pembaca. Data-data yang disajikan merupakan hasil analisa statistik dari sumber yang valid. Namun, tidak menutup kemungkinan jika terjadi kesalahan, sehingga kami pun selalu terbuka menerima masukan membangun terkait makalah ini. Terima kasih.

Hormat kami, 

Tim penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Sederhana

Kiranya rasa syukur yang berlimpah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan tuntunannya kepada kami, sehingga kami bisa menyelesaikan penulisan makalah ini dengan tanpa kendala yang berarti. Makalah ini kami susun guna memenuhi tugas mata kuliah budaya dan bahasa. 

Terima kasih untuk Bapak Ibu Dosen dan narasumber atas dukungan yang diberikan pada kami sehingga tugas ini dapat terselesaikan dengan baik. Kiranya tugas makalah kajian budaya dan bahasa di Indonesia ini bisa memberikan manfaat positif bagi para pembaca sekalian. 

Kami berusaha merangkum materi budaya dan bahasa dengan tema “dampak modernisasi terhadap kearifan lokal” ini dengan sebaik mungkin. Adapun materi kami kumpulkan dari sumber pustaka terpercaya serta hasil wawancara dengan para tokoh terkait. Namun, kami menyadari bahwa makalah ini tak lepas dari kekurangan. Mohon maaf kiranya ada kekurangan dari makalah ini dan mohon masukannya jika ada perbaikan positif yang diperlukan.

Terima kasih,

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah 

Rasa syukur senantiasa kami haturkan pada Tuhan semesta alam Yang Maha Kuasa karena atas berkah limpahan rahmat dan hidayah serta tuntunannya, makalah ini bisa selesai dengan baik. Segala kemudahan atas terselesaikannya makalah ini tak lepas dari bimbingan Tuhan Yang Maha Besar.

Makalah ini memuat hasil analisa mengenai perkembangan sosial di Indonesia yang dikaitkan dengan perilaku bermedia sosial. Media sosial yang semakin marak seolah telah menggeser budaya perilaku masyarakat Indonesia dalam melakukan interaksi. Karenanya, dibutuhkan analisa untuk melihat fenomena ini dengan lebih baik dan mendapat gambaran tentang bagaimana menghadapi fenomena ini dengan bijak.

Kami berharap, makalah yang kami susun ini bisa memberikan manfaat positif bagi para pembaca serta bisa menambah wawasan. Tak lupa, kami sampaikan maaf bila terdapat kekurangan dari penyusunan makalah ini. Kami sangat berharap pembaca sekalian bisa turut memberikan saran dan kritik yang membangun demi peningkatan perbaikan makalah ini.

Terima kasih,
Hormat saya,

Penulis.