Jumat, 01 Juni 2018

Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Situs Anda

Web Hosting Terbaik

Sudah tahu apa itu hosting? Web hosting adalah suatu tempat untuk menyimpan dan menjalankan aplikasi yang ada di dalam website. Ada berbagai konfigurasi hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan blog seseorang.

Sederhananya, bila kita mengacu pada perumpamaan yang disampaikan oleh Aan A dalam webhostmu(dot)com, maka hosting bisa diibaratkan sebagai tanah, yang digunakan sebagai tempat suatu bangunan berdiri. Sedangkan bangunan itu, bisa diibaratkan sebagai website kita. 

Jadi, jika kita ingin agar lebih leluasa dalam membangun rumah, maka akan lebih baik bila tanah yang tersedia juga semakin luas. Anda sudah paham dengan pengertian hosting dan perumpamaannya ini? Jika sudah paham, mari kita lanjut pada bagaimana kiranya kita bisa memilih webhosting yang paling sesuai untuk kebutuhan blog Anda. Apa saja? 

Ada beberapa kriteria yang bisa Anda gunakan untuk memilih web hosting terbaik. Beberapa kriteria tersebut adalah : harga, kapasitas, bandwidht, dan support yang diberikan oleh tempat penyewaan hosting. Lantas, bagaimana kita menentukannya? 

1# Kapasitas Ruang Penyimpanan

Ingat bagaimana perumpamaan kita soal hosting? Jika ini adalah tanah atau tempat kita membangun rumah alias blog, maka alangkah baiknya bila luas tanah ini bisa cukup untuk desain rumah yang kita inginkan. Alangkah lebih baiknya jika ada sisa tanah, atau dengan kata lain, kapasitas penyimpanan untuk blog setidaknya lebih dari sekedar yang Anda butuhkan.

Pertimbangan terhadap kapasitas ruang penyimpanan adalah terkait kecukupan untuk menampung file-file yang diperlukan website Anda. Jadi, jika Anda ingin meng-upload artikel dalam jumlah banyak, dan disertai gambar yang juga jumlahnya banyak, artinya Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lumayan besar. 

Jika diperkirakan Anda membuat satu postingan per hari dengan disertai satu gambar resolusi sedang pada tiap postingannya, maka perkiraan kapasitas ruang 1 GB rasanya sudah sangat cukup untuk jangka waktu satu tahun ke depan.

Akan tetapi, jika Anda memposting hingga lima artikel per hari dan dengan rentetan gambar yang cukup banyak, bahkan gambar tersebut memiliki resolusi tinggi, maka Anda perlu menghitung ulang kapasitas ruang tersebut. Satu GB bisa jadi terlalu mepet atau bahkan kurang. 

Sekalipun, jika sudah menyewa hosting 1 GB untuk satu tahun, dan ternyata dalam beberapa bulan ruang penyimpanan itu sudah penuh, Anda masih bisa menambah atau melakukan upgrade terhadap ruang penyimpanan yang disewa dengan menambah selisih harganya.  

Yang perlu dijadikan sebagai catatan, ruang kapasitas penyimpanan yang semakin besar, berarti harga sewanya juga semakin besar. Jadi, jangan menyewa kapasitas ruang yang terlalu tinggi, jika Anda hanya ingin menggunakan sebagian kecil saja. 

Semisal Anda hanya hendak memposting satu atau dua artikel saja perhari, maka tidak perlu sampai menyewa hosting hingga 5GB. Sayang sekali jika Anda harus membayar mahal untuk sesuatu yang tidak bisa Anda manfaatkan, bukan?

2# Penyimpanan Data dan Bandwidth yang Disediakan

Persewaan hosting berupa ruang kapasistas penyimpanan data ini biasanya disertai dengan paket bandwidth. Sebelum lanjut ke bagaimana cara memilih bandwidth ini, agaknya penting untuk membahas apa itu bandwidth. Jangan sampai ada yang masih bingung tentang bandwidth yang sedang kita bahas ini. 

Jadi, bandwidth ini adalah sebutan bagi nilai konsumsi transfer data dalam dunia maya, yang dihitung dalam bit/detik atau bit per second (bps), yang dilakukan antara server dan client dalam waktu tertentu. 

Definisi bandwidth yang lebih sederhana juga bisa diartikan sebagai luasan atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Masih bingung? Bisa disimpulkan kalau bandwidth itu merupakan suatu kapasitas maksimum dari jalur komunikasi yang digunakan dalam melakukan transfer data pada hitungan detik. 

Lantas, apa pula fungsi dari bandwidth? Fungsinya adalah untuk menghitung transaksi data. Ada hitungan tertentu yang digunakan untuk menghitung fungsi transaksi data. Misalnya, dengan koneksi LAN (Local Area Network) 100 mbps, idealnya dapat dilakukan transaksi data maksimal hingga 100 mega bit per second (mbps). 

Dari sini, kita perlu tahu bahwa suatu koneksi komputer ke jaringan komputer yang memiliki Bandwidth besar atau tinggi, berarti akan memungkinkan terjadinya pengiriman data yang besar juga. 

Hal inilah yang perlu Anda jadikan sebagai petunjuk ketika memilih penyedia web hosting terbaik. Pilih penyedia web hosting dengan paket bandwidth yang semakin tinggi. Sebab, ketika bandwidth semakin tinggi, maka koneksi internet yang terjadi ketika blog kita diakses oleh para pengunjung, bisa semakin lancar. 

Berbeda bila bandwidth rendah, maka ketika ada 100 pengunjung saja yang berbarengan membuka blog kita, maka blog kita akan segera down atau tidak bisa diakses. Tentunya ini adalah hal yang tidak diinginkan bukan?

Jadi, pastikan bandwidth yang tersedia bisa cukup untuk transfer data pada sejumlah pengunjung blog sesuai target Anda. Untuk itu, Anda perlu melakukan cek total penyimpanan data dan bandwidth yang disediakan oleh peyedia hosting. Cobalah untuk memilih paket yang sesuai antara total penyimpanan data dan bandwidth dari penyedia layanan, dengan kebutuhan dari blog Anda. 

3# Support

Layaknya kehidupan yang tidak ada jaminan bisa selalu berjalan mulus, maka begitu pula suatu layanan web hosting ini. Ada kalanya, Anda mungkin harus mengalami server yang tiba –tiba mati, blog yang tiba –tiba down, mengalami gangguan, atau mungkin Anda sekedar bingung bagaimana mengelola blog Anda. 

Nah, ketika hal ini terjadi, maka yang Anda butuhkan adalah konsultasi. Anda perlu berkonsultasi pada penyedia hosting Anda. Untuk itulah, Anda butuh web hosting yang senantiasa siap siaga dalam memberikan support terhadap para customer¬-nya, 24 jam. Ada banyak penyedia web hosting yang siap siaga 24 jam untuk kliennya, karena kebanyakan blogger memang gemar melek tanpa kenal waktu, termasuk tengah malam. 

Tak hanya itu, Anda juga perlu memilih penyedia hosting yang bisa melayani setiap keluhan dengan baik dan ramah, serta mampu memberikan solusi yang solutif. Anda perlu pula mempertegas terlebih dahulu, support apa saja yang bisa mereka berikan kepada Anda sebagai kliennya. 

Jika hanya support pada hal –hal tertentu, dan menurut Anda kurang mencakup kebutuhan Anda, ya tinggalkan saja. Fitur bantuan yang semakin banyak diberikan, akan jauh lebih baik dan menguntungkan.

4# Harga 

Sudah pasti, harga akan menjadi patokan penting ketika kita hendak membeli sesuatu, termasuk ketika kita akan membeli jasa penyewaan web hosting. Pastikan Anda mendapatkan harga yang terbaik. Terbaik artinya, harga itu murah tapi tidak murahan. 

Jangan sampai Anda mengambil harga sewa hosting terlalu mahal, padahal mutunya tidak sebanding dengan harga yang Anda bayar. Jangan pula Anda mendapatkan hosting berharga murah, tapi kapasitas dan apa yang Anda dapatkan terlalu buruk dan menghambat kemajuan blog Anda.

Biasanya, para penyedia hosting menyediakan paket –paket harga tertentu yang memuat beberapa fasilitas. Harga paket –paket inilah yang perlu Anda perhatikan dengan seksama. Cari sebanyak mungkin penyedia hosting lewat mesin pencari. 

Perhatikan paket –paket yang ditawarkan, dan jangan lupa pula lihat profesionalitas dari penyedia hosting tersebut. Pilih yang paling terpercaya dengan jalan menelusuri testimoni dari para pemakai jasa web hosting tersebut.

Lalu, pilih paket web hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bandingkan paket –paket yang setara yang disediakan oleh penyedia hosting. Pilih web hosting dengan harga yang wajar dan cenderung murah. Tapi, waspada untuk harga yang keterlaluan murahnya. 

Jika perlu, Anda bisa menanyakan pada para blogger lain di komunitas Anda tentang harga sewa hosting yang paling pas dan di mana penyedia layanan hosting yang terbaik. Jadi, sudah paham bagaimana cara memilih jasa penyedia web hosting terbaik bukan? Tentunya, hal ini Anda butuhkan bila Anda tidak ingin memanfaatkan platform blog yang sudah tersedia, seperti misalnya blogger.com dan WordPress.com. 

Jika Anda sudah memilih platform blog demikian, maka Anda tinggal memanfaatkannya saja. Jika Anda ingin mengganti nama domain, tinggal membeli nama domain, lalu mensinkronkannya dengan platform blog yang Anda gunakan. 

Anda bebas memilih menyewa hosting atau menggunakan platform gratisan. Tapi ingat, bagaimana kelebihan dan kekurangan dari platform gratisan. Jika WordPress.com, maka fleksibilitas Anda lebih terbatas. Sedangkan blogger.com, maka Anda lebih bebas dalam memanfaatkannya. Apalagi, blogger.com dengan platform gratisan menyediakan hosting sebesar 15GB dengan bandwidth unlimitted. 

Hal ini tentu jadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin hosting besar, stabil tapi gratis. Hanya saja, Anda memang harus bekerja ekstra jika ingin tampilan blog jadi menarik dan layaknya profesional. Sebab, blog profesional akan lebih mudah dibuat dengan hosting sewaan.

Jadi, demikianlah tips trik untuk memilih hosting atau web hosting terbaik yang bisa Anda coba. Semoga tips trik ini bisa bermanfaat ya. Semoga beruntung.

Bantu kami dengan klik "LIKE"