Minggu, 01 April 2018

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Siapa yang setuju kalau mempelajari bahasa Inggris itu sulit? Banyak orang yang beranggapan bahwa belajar bahasa Inggris itu sulit. Padahal, di era globalisasi yang merajalela seperti sekarang ini, kita dituntut untuk menguasai bahasa Inggris, bagaimana pun caranya. Itu sebabnya, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga kuliah, kita akan selalu menemukan pelajaran bahasa Inggris.

Setiap orang tentu ingin bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dan tentunya juga dengan hasil yang memuaskan. Tidak perlu banyak hal bertele-tele, kursus panjang, berpusing ria dengan soal dan jawaban atau dengan ujian yang menjenuhkan. 

Sayangnya, untuk benar-benar bisa menguasai bahasa Inggris memang tidak mudah. Sebab, ada grammar dan tenses yang harus dipahami dan dipraktekkan dalam setiap kalimatnya. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan ya. 

Bagi Anda yang butuh cara cepat belajar bahasa Inggris agar bisa segera dipraktekkan, semisal ingin segera berangkat berlibur atau bekerja di luar negeri, ada tips simpel dan praktik yang bisa Anda coba. Tips ini bisa dilakukan bagi Anda yang sebelumnya sama sekali tidak bisa bahasa Inggris ya. Berikut adalah tips belajar bahasa Inggris dengan cepat.


1# Belajar kosa kata

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempelajari kosa kata, kata per kata. Cari tahu dan hafalkan setiap nama benda yang ada. Terutama, hafalkan dulu nama-nama benda yang dekat dengan kehidupan kita dan sering dijumpai. Misal : pintu, meja, kursi, piring, sendok, dan sebagainya.

Selain kosa kata untuk nama beda, hafalkan juga kata kerja dan kegiatan-kegiatan yang dekat dengan kehidupan kita juga. Seperti apa bahasa Inggrisnya makan, minum, berjalan, tidur, berlari, menulis, membaca, mengunjungi, melihat dan lainnya. 


2# Hafalkan sedikit demi sedikit

Agar bisa menghafalkan dengan baik, mudah dan cepat, jangan langsung hafalkan semua sekaligus. Buat prioritas dan daftar yang akan lebih dulu dihafalkan. Hafalkan lima sampai 10 kosa kata saja dalam sehari.


3# Hafalkan sambil praktekkan

Maksudnya, Anda bisa menghafalkan sembari mempraktekkan kata yang Anda hafalkan. Misalkan saja, dalam sehari-hari Anda pasti makan, minum, tidur, dan melakukan kegiatan lain bukan? Nah, saat Anda makan, katakan “I am eating”, atau yang lebih sederhana “eat, eat, eat”.

Sebut juga “this is plate, this is spoon, this is fork.”
Anda juga bisa belajar saat sedang bersantai, misalkan saat berbaring, amati saja benda-benda di sekitar Anda sambil menyebutkan namanya dalam bahasa Inggris. “I see wall, i watching tivi, i sit on chair, that is table, that is roof, that is water.” Dan seterusnya.


4# Buat catatan di dinding

Biarkan sejenak dinding rumah atau setidaknya kamar Anda penuh dengan tempelan. Gunakan kertas memo seperti stickey note agar mudah ditempel dan dilepaskan. Tulis daftar kata-kata yang sedang dihafalkan dan tempelkan di dinding. Pastikan, Anda sering-sering melihatnya dan mengatakannya.


5# Ikuti lagu anak-anak berbahasa Inggris

Lagu anak-anak dengan bahasa Inggris cukup mudah dipahami dan dihafalkan. Jadi, Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat, mudah sekaligus menyenangkan. Tidak usah malu mempelajari lagu anak-anak, sekalipun jika Anda sudah dewasa. 


6# Tonton film berbahasa Inggris

Setelah mencoba memahami lagu berbahasa Inggris, coba belajar bahasa Inggris lewat film. Lihatlah film-film yang menggunakan bahasa Inggris. Tidak perlu menghilangkan subtitlenya karena justru akan membuat Anda kebingungan. Tetap sertakan subtitle di bawah agar Anda bisa lebih paham dengan kosa kata, penyusunan kalimat dan pengucapannya.

Akan lebih baik bila Anda melakukannya secara runtut sesuai kemampuan Anda. Pertama, Anda bisa melihat film berbahasa Inggris yang ditujukan untuk anak-anak. Film untuk anak-anak umumnya menggunakan ejaan yang lebih mudah dipahami dan pengucapannya pun lebih jelas. 

Setelah cukup mampu memahami film anak-anak, boleh mencari film berbahasa Inggris yang lebih sulit. Urutkan saja sesuai kemampuan dan juga kesenangan atau minat Anda dalam film. Tapi, ingat untuk tetap menggunakan subtitle.

Untuk awal belajar, gunakan subtitle bahasa Indonesia untuk menambah kosa kata Anda. Jadi, Anda bisa lebih paham dengan kata-kata yang lazim digunakan dalam bahasa Inggris dan artinya. Baru setelah menguasai banyak kosakata, gunakan subtitile bahasa Inggris. Ini bertujuan agar Anda memahami cara penulisan yang benar mengenai kata yang diucapkan.


7# Sering bicara dalam bahasa Inggris

Practice make perfect. Latihan membuat sempurna. Sempurnakan latihan belajar bahasa Inggris dengan cepat lewat latihan. Terus berlatih untuk berbicara bahasa Inggris dalam berbagai kondisi. 

Jika Anda sedang mandi, berbicaralah dalam bahasa Inggris. Bicara sendiri pun tak masalah. Sedang menonton tivi, komentarlah dalam bahasa Inggris. Tak ada yang mendengarpun tak masalah. Intinya, jangan malu dan jangan ragu.

Nah, bagaimana tips sederhana untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat, mudah dan menyenangkan ini? Yuk segera dipraktekkan.

Loading...