Senin, 02 April 2018

Cara Tepat Belajar Bahasa Inggris Online

belajar bahasa ingggris online

Bagi Anda yang mengutamakan kepraktisan, memanfaatkan teknologi memang jadi pilihan tepat. Bahkan, dalam hal belajar pun, Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Betul sekali. Belajar bahasa Inggris pun bisa dilakukan dengan cara online loh. Tidak harus memanggil guru les, pergi ke tempat kursus, atau bahkan pergi ke luar negeri.

Ya, ada banyak cara untuk belajar bahasa Inggris online dengan praktis dan hemat. Tapi, agar hasilnya efektif, tentu ada syarat yang harus dipenuhi. Syarat utamanya adalah Anda harus mau dan bisa belajar secara mandiri. Karena tidak ada pemandu, maka untuk bisa belajar bahasa Inggris online, Anda memang dituntut untuk jadi pembelajar aktif.

Nah, berikut ini ada tips jitu bagi Anda agar proses belajar bahasa Inggris online yang Anda jalankan bisa berjalan lancar. Apa saja ya tipsnya?


1# Luruskan niat

Duh, tips pertama ini memang terkesan sangat klasik ya? Tapi, jangan anggap remeh. Hal ini sangat berpengaruh terhadap langkah Anda berikutnya. Jika niat Anda tidak benar-benar tegas, Anda mungkin akan merasa malas, jenuh, dan bisa berhenti di tengah jalan ketika proses belajar menumui tantangan. Tapi jika niat Anda benar-benar teguh, langkah Anda akan lebih terjaga sampai Anda bisa betul-betul menguasai bahasa Inggris.


2# Buat jadwal rutin

Anda sendiri yang harus bisa menentukan jadwal belajar Anda. Tapi, jangan berpikir karena waktunya bebas dan fleksibel, lalu Anda hanya memanfaatkan waktu senggang saja. Jika begitu, Anda mungkin akan kesulitan menemukan waktu luang dan pada akhirnya proses belajar Anda terbengkalai.

Targetkan jadwal secara rutin dan patuhi jadwal itu. Misal, pilih jadwal tiga hari dalam seminggu di malam hari. Jika ingin belajar bahasa Inggris lebih cepat, Anda juga bisa menargetkan untuk belajar bahasa Inggris online setiap hari. Yang penting, rutinkan jadwal dan patuhi.


3# Sediakan buku khusus

Belajar secara online juga butuh coret-coretan sebagai pendukung. Coret-coretan ini bisa Anda isi dengan target belajar, progress, latihan, dan juga daftar sumber belajar yang Anda rasa paling baik dan bisa digunakan. Kenapa buku? Karena lebih mudah diakses dan praktis.


4# Tentukan fokus belajar Anda

Anda perlu menentukan target Anda dalam pelajaran bahasa Inggris yang ingin Anda kuasai. Pilih fokus apa yang terlebih dahulu jadi prioritas Anda. Apakah Anda ingin fokus pada penulisan ilmiah, penulisan dengan gaya santai, penuturan, atau hanya sekedar ingin bisa paham ketika nonton film berbahasa Inggris. Fokus ini akan membantu Anda menentukan situs yang tepat untuk belajar secara online.


5# Pilih situs terbaik dan terpercaya

Belajar bahasa Inggris online berarti Anda harus memanfaatkan situs-situs belajar bahasa Inggris yang tersedia. Ada dua cara yang bisa Anda pilih. Pertama, Anda memilih daftar materi yang akan dipelajari lalu mencarinya secara terpisah di berbagai website. Kedua, Anda mencari website yang sudah tersedia dan disusun secara sistematis untuk belajar bahasa Inggris, lalu Anda tinggal mengikuti alurnya.

Kedua metode belajar Bahasa Inggris ini bisa dilakukan, bergantung pada kesenangan dan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin yang lebih komprehensif dan memiliki target materi sendiri yang hendak dikuasai, pilih metode pertama. Tapi, jika Anda bukan orang yang terbiasa belajar secara terstruktur, justru pilihan kedua yang lebih tepat. Sebab, Anda tidak perlu membuat runtutan belajar sendiri, karena proses belajar sudah tersedia lengkap dan terstruktur.

Tapi, jika Anda ingin yang terstruktur dan lengkap, Anda bisa mengikuti lebih dari satu website profesional yang menyediakan panduan belajar bahasa Inggris. Pilih dua atau tiga website yang menurut Anda terbaik, lalu ikuti dan selesaikan proses belajar di setiap tempat belajar bahasa Inggris online pilihan Anda.

Nah, itulah lima tips sederhana yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk dipraktekkan tipsnya ya. Semoga Anda bisa belajar dengan baik dan bisa menguasai bahasa Inggris sesuai target yang ingin Anda capai.