Minggu, 10 Desember 2017

5 Jenis dan Macam Berita

Jenis dan Macam Berita

Kita tentu sering melihat televisi yang mengabarkan tentang berbagai peristiwa menarik di luaran sana. Kabar seperti ini biasa disebut sebagai berita. Dalam bahasa Indonesia, berita ini ada banyak macam atau jenisnya. Macam macam berita ini memiliki karakternya sendiri. 

Nah, berikut ini kita akan mempelajari mengenai jenis jenis atau macam macam berita, seperti straight news, opinion news, interpretative news, depth news, dan investigation news. 

Straight News / Berita Langsung

Straight News atau Berita Langsung adalah jenis berita yang ditulis dengan cara straight to the point (mengarah langsung ke poin), lugas, dan ringkas, dengan isi informasi terkait peristiwa terkini atau terbaru atau aktual, terhangat, dan menarik. Biasanya, jenis berita ini sering kita temui di halaman depan suatu koran atau surat kabar.

Jenis berita Straight News ini dapat dibagi lagi ke dalam dua macam, yakni hard news dan soft news.

Hard News, adalah suatu berita yang sifatnya sangat penting dan terupdate atau teraktual sehingga perlu untuk segera disampaikan kepada para pembaca. Karenanya, jenis berita ini biasanya akan dijadikan sebagai headline atau berita utama dalam surat kabar atau media massa lain.

Contoh hard news: berita terjadinya perang sipil, hasil pemilu politik, terorisme, guncangan ekonomi negara.

Soft News, adalah suatu berita lunak atau sifatnya ringan yang di dalamnya membuat informasi yang terkait latar belakang atau kisah-kisah kemanusiaan. Berita ini tidak terlalu mendesak untuk harus disampaikan dengan segera pada khalayak umum.

Contoh soft news: berita tentang pembuatan gerabah, pameran kesenian, hiburan, dan tips gaya hidup.


Opinion News / Berita Pendapat

Opinion News atau berita pendapat atau opini adalah jenis berita yang berisi tentang suatu laporan dari pandangan seseorang tentang suatu hal, ide kreatif, pemikiran atau bisa juga berupa komentar terhadap sesuatu hal yang dianggap penting. 

Biasanya, berita opini diambil dari narasumber yang merupakan figur masyarakat, seperti para ahli, cendikiawan, profesor, atau pejabat terutama yang berhubungan dengan suatu masalah atau peristiwa yang sedang dibahas. 

Contoh opinion news adalah : berita tentang pendapat seorang pengamat ekonomi terkait tingginya tingkat inflasi di Indonesia.

Interpretative News / Berita Interpretasi

Interpretative news atau berita interpretasi adalah jenis berita yang merupakan perkembangan dari jenis berita Straight News. Perkembangan straight news dibuat dengan penambahan informasi yang lebih detail atau lengkap, seperti latar belakang peristiewa, hasil wawancara dari berbagai sumber dan pengamat, serta adanya data-data tambahan terkait untuk menghasilkan berita baru yang lebih lengkap dan detail.

Untuk membuat berita interpretasi, dibutuhkan pengetahuan, keterampilan serta wawasan yang cukup luas, dan juga harus memiliki ketajaman analisi dari wartawan. Sebab, dalam berita interpretasi ini, sajian informasi yang diberikan harus bisa lebih detail dan lengkap.

Depth News / Berita Mendalam

Depth News yaitu berita mendalam adalah jenis berita atau macam berita yang merupakan pengembangan atau pendalaman dari hal-hal atau peristiwa yang ada di bawah suatu permukaan, atau dari yang sudah diketahui secara umum. 

Dalam berita mendalam ini, terdapat unsur berita yang ditekankan pada hal : (1) “Mengapa” atau “Why”, yakni seperti mengapa suatu peristiwa bisa terjadi, (2) “Bagaimana” atau “How”, yakni bagaimana suatu peristiwa itu terjadi dan detail peristiwanya), dan (3) Lalu bagaimana atau “so what”, yakni lantas bagaimana dampak atau bagaimana kelanjutan dari peristiwa yang dibahas tadi.

Tujuan dari pembuatan Depth News adalah untuk mengangkat sebuah masalah agar bisa dianalisa secara lebih mendalam. Contoh depth news : Mengupas permasalahan kemacetan yang terus terjadi di Ibu Kota Jakarta.

Investigation News / Liputan Penyelidikan

Investigation News atau Liputan Penyelidikan adalah suatu jenis berita yang merupakan pengembangan yang didasarkan pada penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber. Contoh investigation news: Praktik Suap Pajak Impor di Bea Cukai.

Pada dasarnya, investigation news bisa dikatakan hampir menyerupai depth news. Hanya saja, ada perbedaan pada depth news yang hanya melaporkan peristiwa secara mendalam saja, sementara pada Investigative News, terdapat penyelidikan, di mana dalam hal ini wartawan memiliki “dugaan” terkait adanya pelanggaran yang dianggap merugikan kepentingan umum, namun ditutup- tutupi oleh kalangan tertentu.

Unsur utama yang ada di dalam Liputan Penyelidikan adalah adanya dugaan penyelewengan yang merugikan publik. Di sini, wartawan menempatkan dirinya sebagai watchdog atau penonton, demi melakukan “penyelidikan” agar bisa memperoleh kebenaran (fakta) yang tersembunyi.

Ketika seorang wartawan mengumpulkan informasi untuk investigation news ini, ada kalanya ia harus menyamar layaknya seorang intel kepolisian. Mengenai hal ini, teradpat kode etik wartawan yang membolehkan wartawan untuk menyembunyikan identitas ketika melakukan kerja jurnalisme investigatif seperti ini.

Nah, demikianlah jenis jenis berita atau macam macam berita yang telah diuraikan dalam artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Loading...