Memahami Pengertian Teks Berita Beserta Ciri, Syarat, dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita




Mengenal Bagaimana Suatu Teks Berita Dibentuk


Berita sepertinya sudah jadi santapan sehari -hari bagi kamu yang lapar akan ilmu pengetahuan baru. Apalagi, di era digital seperti sekarang ini yang semakin memudahkan kita untuk mengakses berita kapan pun dan di mana pun.

Buat kamu yang gemar bermain gadget, kamu tentu juga akan dengan mudah menemukan teks berita yang wara -wiri di laman media sosial kamu. Kalau kamu memang sudah sering melihat teks berita ini, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan teks berita?

Berita ini tak hanya sekedar informasi dengan isi, struktur dan bahasa yang bebas ya? Ada syarat tersendiri sehingga suatu teks itu layak disebut sebagai suatu teks berita. Agar kita bisa lebih paham mengenai apa itu teks berita, mari kita simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian teks berita

Pengertian teks berita adalah teks yang isinya mengenai segala hal yang terjadi di dunia ini yang berupa fakta, dan ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Pada dasarnya, sebuah berita harus berisi fakta, tetapi tidak semua fakta dapat diangkat menjadi berita.

Struktur Teks Berita

Struktur teks adalah gambaran cara sebuah teks tersebut dibangun. Sebuah teks berita memiliki struktur yang jelas. Teks berita ini disusun berdasarkan struktur teks peristiwa berita, diikuti dengan latar belakang peristiwa, dan diikuti sumber berita.

Agar lebih jelas, dapat disimak pada penjelasan struktur teks berita berikut ini :

1.        Orientasi berita
Orientasi berita adalah bagian pembuka teks terkait hal yang akan diberitakan.

2.        Peristiwa
Peristiwa adalah tahap inti dari sebuah berita. Pada bagian ini, sebuah berita dinarasikan sedemikian rupa untuk menyajikan beberapa fakta yang kemduian dimunculkan.

3.        Sumber Berita
Sumber berita ini perlu dicantumkan, tapi letaknya bisa fleksibel. Artinya, sumber berita tidak harus berada di akhir berita, melainkan dapat berada di dalam berita tersebut.

Ciri Ciri Teks Berita

Ciri teks berita ini adalah ciri khusus yang membedakan suatu teks berita dengan jenis teks bahasa Indonesia lainnya. Pada dasarnya, ada 7 ciri ciri teks berita yang perlu kita ketahui. Adapun ciri ciri teks berita, yakni :

1.      Dapat dipercaya (faktual).
2.      Diterima di masyarakat.
3.      Jelas.
4.      Menarik.
5.      Menggunakan kalimat sederhana.
6.      Segera disampaikan.
7.      Terkini (aktual).

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Kaidah kebahasaan teks berita merujuk tentang bagaimanaaciri atau kaidah bagaimana sebuah teks dibangun. Kaidah kebahasaan ini dapat kita gunakan untuk mengenai suatu teks berita tertentu. Ciri kebahasaan teks berita, meliputi :

1.      Adanya keterangan
2.      Adanya verba transitif.
3.      Adanya verba pewarta

Syarat Teks Berita

Suatu teks dapat dikatakan layak sebagai teks berita bila dapat memenuhi syarat teks berita. Syarat teks berita ini pada dasarnya juga mengacu pada ciri teks berita. Agar lebih jelas, mari kita simak syarat teks berita berikut ini.

  • Fakta atau faktual
Teks berita harus berisi fakta atau peristiwa nyata. Bila kejadian yang disampaikan bukan fakta, maka hal tersebut tidak dapat disebut sebagai berita.

  • Aktual
Suatu teks berita harus merupakan peristiwa yang masih hangat atau baru.

  • Seimbang
Seimbang maksudnya teks tersebut tidak boleh memihak pada siapa pun. Jadi, berita yang disajikan seimbang atau berimbang.

  • Lengkap
teks dalam sebuah berita haruslah lengkap dari unsur 5W+1H (What, Why, Who, When, Where + How) dan harus memenuhi unsur atau struktur teks berita.

  • Menarik
Teks berita perlu disajikan dengan judul yang menarik sehingga orang akan lebih tertarik untuk membaca teks berita tersebut

  • Sistematis
Sebuah berita juga harus disajikan secara sistematis atau berurutan agar jelas dan mudah dipahami.

Pelajari juga: Memahami pengertian Teks Negosiasi Beserta Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Negosiasi

Contoh teks berita


Selip, Truk Pengangkut Tanaman Tebu Terbakar

WONOGIRI - Sebuah truk berpelat nomor AD 1953 MG yang akan mengangkut tanaman tebu di Dusun Nglampeng, Desa Boto, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, ludas terbakar, Senin (31/8). Tidak ada korban jiwa daam peristiwa itu.

Informasi yang dihimpun Espos di lokasi kejadian, Selasa (1/9), peristiwa itu terjadi Senin sekitar pukul 13.00 WIB. Kasubbag Humas Polres Wonogiri, AKP Gunawan, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean, menyatakan kebarakan disebabkan percikan api akibat fesekan antara ban dan tanah.

Kerugian akibat peristiwa itu diperkirakan Rp 50 juta. “Ban bagian belakang sebelah kiri selip. Saat pengemudi memaksakan truk berjalan, perputaran ban mengakibatkan percikan api sehingga membakar ban,” terang dia. (tus)

Diambil dari Harian Solopos, Rabu Wage, 2 September 2015


Diberdayakan oleh Blogger.