25 Pengertian Leadership Menurut Para Ahli Lengkap

Leadership atau kepemimpinan adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh para pemuda bangsa Indonesia. Dengan sikap kepemimpinan yang baik, maka para pemuda akan tumbuh menjadi sosok yang bertanggung jawab dan berguna bagi bangsa dan negara. Karakter kepemimpinan ini pun akan lebih baik bila bisa dikembangkan sejak kecil.
Untuk mempelajari mengenai leadership, tentunya akan lebih baik bila kita memahami apa pengertian leadership menurut para ahli. Meski pun secara sederhana, kita mungkin paham, tapi akan lebih baik bila kita juga mengetahui bagaimana para ahli menjabarkan pengertian kepemimpinan ini.
Pengertian Leadership Menurut Para Ahli
Berikut adalah pengertian leadership menurut para ahli lengkap, yang dirangkum dari berbagai sumber.
  1. Pengertian leadership menurut Davis (1977) adalah suatu kemampuan untuk dapat mengajak orang lain demi mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan penuh semangat.
  2. Pengertian leadership menurut Dr. Thomas Gordon “Group Centered Leadership”. Yakni, “A way of releasing creative power of groups” atau suatu cara untuk memunculkan kekuatan kreatif dari suatu grup. Menurutnya, konsep kepemimpinan bisa diwujudkan berupa interaksi yang terjadi antara seseorang dengan kelompok, atau lebih tepatnya antara seorang dengan anggota kelompok, di mana masing -masing peserta dalam interaksi ini mengambil peranan tertentu dan dengan cara-cara tertentu pula, peranan itu harus dipilah-pilahkan. Dasar pemilihan inilah yang merupakan bagian dari pengaruh seorang pemimpin dalam mempengaruhi dan orang lain yang dipengaruhi. 
  3. Pengertian leadership menurut Duben (1954) adalah suatu aktifitas para pemegang kekuasaan dan yang membuat keputusan.
  4. Pengertian leadership menurut F.A.Nigro (1965), inti kepemimpinan adalah aktivitas dalam mempengaruhi kegiatan orang-orang lain.
  5. Pengertian leadership menurut Fiedler (1967) adalah suatuu pola hubungan antara individu-individu yang menggunakan wewenang serta pengaruhnya terhadap kelompok orang lain untuk dapat bekerja bersama-sama demi mencapai tujuan.
  6. Pengertian leadership menurut G U. Cleeton dan C.W Mason (1934) adalah suatu yang menunjukan kemampuan untuk mempengaruhi orang-orang dan demi mencapai hasil yang dilakukan melalui himbauan emosional dan cara ini lebih baik dibanding dengan penggunaan kekuasaan.
  7. Pengertian leadership menurut G.L.Feman & E.K.aylor (1950) adalah kemampuan menciptakan suatu kegiatan kelompok demi mencapai tujuan organisasi dengan jalan efektifitas yang maksimum serta kerjasama dari tiap-tiap individu.
  8. Pengertian leadership menurut Georger R. Terry adalah suatu kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang agar bersedia berusaha mencapai tujuan bersama.
  9. Pengertian leadership menurut Harold Koontz (1989) adalah suatu pengaruh, seni, atau proses mempengaruhi orang-orang, agar mereka bersedia berusaha mencapai tujuan kelompok dengan kemauan dan antusiasmenya.
  10. Pengertian leadership menurut Hemhill & Coon (1995) adalah suatu perilaku seorang individu dalam memimpin aktifitas-aktifitas kelompok  menuju suatu tujuan yang ingin dicapai bersama (shared goal).
  11. Pengertian leadership menurut James M. Black (1961) adalah kemampuan yang sanggup meyakinkan orang lain, agar mau bekerjasama di bawah pimpinannya sebagai suatu tim demi mencapai suatu tujuan tertentu.
  12. Pengertian leadership menurut John Pfiffner adalah kemampuan dalam mengkoordinasikan dan memotivasi orang-orang serta kelompok untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.
  13. pengertian leadership menurut Kartini Kartono (1994 : 48) adalah hal yang sifatnya spesifik, khas, dan diperlukan bagi satu situasi khusus, dalam kelompok yang melakukan aktivitas¬aktivitas tertentu, serta mempunyai suatu tujuan dan peralatan¬peralatan khusus. Pemimpin kelompok yang memiliki karakteristik demikian merupakan fungsi dari situasi khusus.
  14. Pengertian leadership menurut Katz & Kahn (1978) adalah usaha peningkatan pengaruh yang dilakukan sedikit demi sedikit pada kelompok orang dan berada di atas kepatuhan mekanis terhadap pengarahan-pengarahan rutin suatu organisasi.
  15. Pengertian leadership menurut Koontz & O’donnel adalah proses mempengaruhi sekelompok orangm agar bersedia bekerja dengan sungguh-sungguh demi meraih tujuan kelompok.
  16. Pengertian leadership menurut Locke & Associates (1997) adalah suatu proses membujuk (inducing) orang-orang lain, untuk bersedia mengambil langkah menuju sasaran bersama.
  17. Pengertian leadership menurut Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003) adalah suatu kegiatan atau seni dalam mempengaruhi orang lain supaya bekerjasama, dengan didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk dapat membimbing orang lain mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.
  18. Pengertian leadership menurut Young (dalam Kartono, 2003) adalah suatu bentuk dominasi yang didasari kemampuan pribadi, sehingga sanggup untuk mendorong atau mengajak orang lain agar berbuat sesuatu, dengan berdasarkan pada penerimaan oleh kelompoknya, serta memiliki keahlian khusus dan tepat bagi situasi yang khusus.
  19. Pengertian leadership menurut Moejiono (2002) adalah akibat pengaruh satu arah, dikarenakan seorang pemimpin mungkin memiliki kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya. Para ahli teori sukarela (compliance induction theorist) cenderung memandang leadership sebagai pemaksaan atau pendesakan pengaruh secara tidak langsung dan sebagai sarana untuk membentuk kelompok sesuai dengan keinginan pemimpin (Moejiono, 2002).
  20. Pengertian leadership menurut Ordway Tead (1929) adalah suatu perpaduan dari perangai yang memungkinkan seseorang memiliki kemampuan untuk mendorong pihak lain menyelesaikan tugasnya.
  21. Pengertian leadership menurut Ott (1996) adalah suatu proses hubungan antar pribadi, yang dalam hubungan tersebut, ada seseorang yang mempengaruhi sikap, kepercayaan, dan juga khususnya perilaku orang lain.
  22. Pengertian leadership menurut P. Pigors (1935) adalah suatu proses yang saling mendorong, dilakukan melalui keberhasilan interaksi dari perbedaan-perbedaan dari individu, dengan mengontrol daya manusia dalam mengejar tujuan bersama.
  23. Pengertian leadership menurut George R. Terry (1972:458) adalah suatu aktivitas mempengaruhi orang-orang, agar dapat diarahkan mencapai tujuan organisasi.
  24. Pengertian leadership menurut Hemhiel dan Coons (1957:7) adalah suatu perilaku dari seorang individu, yang memimpin aktivitas-aktivitas dari suatu kelompok agar dapat sampai ke suatu tujuan yang akan dicapai bersama (shared goal).
  25. Pengertian leadership menurut Jacobs dan Jacques (1990:281) adalah suatu proses memberi arti terhadap sebuah usaha kolektif, serta mengakibatkan adanya kesediaan melakukan usaha yang ingin dicapai untuk mencapai sasaran.
Demikianlah pengertian leadership menurut para ahli yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Semoga cukup jelas untuk menambah pengetahuan, dan bermanfaat.