Pengertian, Peran dan Fungsi Pelaku Ekonomi

Selamat datang di porosilmu.com blog yang penuh dengan informasi yang sangat membantu dalam menambah wawasan. Dan kali ini porosilmu.com menyediakan informasi mengenai pelaku ekonomi. Untuk lebih jelasnya mari simak materi dibawah ini.

Pengertian Pelaku Ekonomi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pelaku ekonomi maka kita harus paham apa itu pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi merupakan seseorang, kelompok atau lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. 

Pelaku ekonomi terbagi menjadi empat golongan yaitu, rumah tangga, masyarakat, instansi perusahaan, pemerintah atau negara yang mempunyai peran masing-masing dalam kegiatan ekonomi.

Pengertian, Peran dan Fungsi Pelaku Ekonomi

Peran dan Fungsi Pelaku Ekonomi

1. Rumah Tangga: merupakan pelaku ekonomi dengan skala yang kecil. Dan inilah peran rumah tangga dalam kegiatan ekonomi.

a. Produsen
Dalam hal ini sebuah rumah tangga menciptakan dan menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yaitu konsumen. Dari kegiatan memproduksi itu rumah tangga bisa menimbulkan manfaat yaitu memiliki usaha sendiri sebagai mata pencaharian, bisa menyewakan faktor produksi yang dimiliki, dan bekerja untuk pihak lain.

b. Distribusi
Ketika sebuah rumah tangga berperan sebagai distributor maka akan melakukan usaha membuka toko dan berdagang untuk mendapatkan penghasilan. 

c. Konsumen
Setelah mendapatkan penghasilan dari kegiatan ekonomi seperti produksi dan distribusi maka akan melakukan konsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. 

Maka konsumsi sering disebut sebagai kegiatan utama dalam rumah tangga hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti jumlah pendapatan keluarga, status sosial ekonomi keluarga tersebut, harga barang dan jasa, serta jumlah anggota keluarga.

Simak juga: Memahami Kegiatan Usaha Waralaba

2. Masyarakat
Masyarakat merupakan kumpulan dari rumah tangga sehingga juga berperan dalam kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan.

a. Produsen
Kegiatan produksi ini dilakukan oleh sekelompok orang  untuk menghasilkan barang atau jasa untuk mendapatkan penghasilan. Contohnya ibu-ibu PKK menghasilkan kerajinan tempat tisu lalu menjualnya.

Kegiatan produksi dikalangan masyarakat memiliki ciri-ciri sebagai berikut, menjadi peluang kerja bagi orang lain, tidak memerlukan modal dan peralatan yang besar, usaha ekonomi bergerak di ruang lingkup yang kecil, serta tidak membutuhkan tingkat pendidikan dan keahlian yang tinggi.

b. Distributor
Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Sehingga kegiatan tersebut akan bemanfaat bagi orang lain.

c. Konsumen
Sama dengan rumah tangga kelompok masyarakat juga membutuhkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan mereka maka dari itu mereka akan mengonsumsi produk yang sudah dihasilkan. 

3. Instansi Perusahaan
Perusahaan merupakan badan usaha yang melakukan kegiatan menghasilkan barang atau jasa yang bertujuan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Perusahaan juga memiliki peran yang penting dalam kegiatan ekonomi, perusahaan juga berperan sebagai produsen, distributor, dan konsumen. Berikut penjelasannya.

a. Produsen 
Perusahaan lebih banyak berperan dalam kegiatan produksi suatu barang atau jasa.  Maka perusahaan berperan penting dalam kegiatan ekonomi. Berikut langkah dalam menjalankan kegiatan ekonomi bagi perusahaan yaitu, memastikan target barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen, menentukan proses produksi barang dan jasa, dan memproduksi barang dan jasa sesuai kapasitas.

b. Distributor
Kegiatan distribusi tidak kalah penting dengan kegiatan ekonomi lainnya, karena tanpa adanya distribusi produk yang dihasilkan oleh perusahaan atau kalangan lainnya tidak akan laku yang nantinya akan menimbulkan kerugian. 

Maka kegiatan distribusi terdiri dari mengadakan perdagangan, melakukan promosi, mempunyai alat transportasi  dan memperluas pasaran dengan membuka cabang perusahaan.

c. Konsumen 
Berperan sebagai konsumen, sangat menunjang kegiatan ekonomi lainnya misalnya kegiatan produksi yang membutuhkan barang atau jasa lain. Seperti memerlukan bahan pokok produksi, membutuhkan alat dan bahan serta memberikan gaji karyawan.

4. Pemerintah / Negara
Dalam hal ini pemerintah merupakan lembaga yang bertanggung jawab membantu memperlancar kegiatan ekonomi. Berikut adalah peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi antara lain :

a. Produsen
Ketika berperan sebagai produsen pemerintah membantu mewujudkan kemakmuran rakyatnya, sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 2 bahwa beberapa cabang yang penting untuk negara dan berpengaruh dalam hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

Pemerintah berperan dalam kegiatan ekonomi sebagai produsen harus dilaksanakan diseluruh bidang perekonomian. Contohnya terdapat BUMN yang berfungsi untuk memberikan bantuan untuk perkonomian nasioal dan golongan ekonomi yang rendah untuk menjalankan usaha, menjadi pelopor dalam kegiatan usaha yang belum tercapai oleh swasta dan koperasi, serta memperoleh keuntungan dan menyelenggarakan kemanfaatan umum dengan menyediakan barang dan jasa dengan kualitas baik dan cukup untuk masyarakat.

b. Distributor
Dibidang ini pemerintah berperan untuk menyalurkan barang dan jasa dari daerah yang mempunyai kelebihan yang nantinya akan disalurkan ke daerah yang kekurangan untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera secara merata.

c. Kosumen
Pemerintah juga membutuhkan barang atau jasa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya, maka disini pemerintah akan berperan sebagai konsumen untuk melaksanakan tugasnya. 

Misalnya pemerintah membutuhkan beberapa peralatan. Maka disini peran pemerintah sebagai konsumen bertujuan untuk meratakan tingkat kesejahteraan rakyatnya dan membangun fasilitas negara. 

Berikut adalah fungsi dari pemerintah sebagai konsumen yakni, membangun modal sosial sebesar mungkin, pemerintah berfungsi dalam mengatur ekonomi, menciptakan dan memelihara keserasian pertumbuhan ekonomi, dan melindungi rakyat dari pengaruh negatif kesenjangan ekonomi.