Majas Metafora: Pengertian dan 4 Contoh

Pengertian dan Contoh Majas Metafora

Pada umumnya kita sering menggunakan atau paling tidak pernah memakai majas metafora. Namun, sudah tahukah kalian pengertian majas metafora serta contoh majas metafora. Jika belum mari simak penjelasan dari artikel ini.

Pengertian Majas Metafora

Majas metafora merupakan majas yang menggambarkan sesuatu dengan suatu perbandingan langsung serta tepat atas dasar sifat yang sama maupun hampir sama. Ini artinya, majas metafora menggunakan pemakaian kata maupun kelompok kata yang bukan arti sebenarnya, melainkan sebagai gambaran yang berdasarkan persamaan maupun perbandingan.

Ciri dari majas metafora yakni memakai kata kata kiasan serta terdapat pilihan kata yang menyamakan sesuatu dengan sesuatu yang lain. Majas metafora dalam menyamakan maupun membandingkan sesuatu,  memakai perbandingan langsung tidak diikuti kata pembanding bagai, bak, seperti, maupun laksana. Majas metafora termasuk  kedalam kategori majas perbandingan.


Contoh Majas Metafora

Berikut ini contoh majas metafora yang dapat membantu kalian dalam memahami materi ini.

1# “Hatiku sedang berbunga –bunga karena mendapatkan kado dari Ayah.”
Contoh ini merupakan majas metafora, yang menyamakan perasaan ‘Aku’ sebagai penulis dengan bunga -bunga.

2# "Dia itu sudah dianggap sebagai sampah masyarakat karena ulanya sendiri"
Pada contoh di atas, perasaan dan hidup "Dia" diumpamakan dengan "sampah masyarakat" yang artinya orang yang dikucilkan oleh masyarakat.

3# "Penjahat itu memang menunjukkan kalau dia setan terkutuk."
Contoh ini termasuk majas metafora, yang menyamakan "penjahat" dengan "setan terkutuk".

4# "Raja hutan itu selalu mendapatkan perhatian dari pengamat hewan."
Contoh di atas merupakan majas metafora, yang mengumpamakan "Singa" dengan "Raja Hutan".

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan contoh majas metafora. Jika contoh diatas masih kurang, porosilmu.com akan menambah dilain waktu. Semoga bermanfaat.