Kamis, 26 Oktober 2017

TEKS EKSPLANASI: Pengertian, Struktur, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan

Ada banyak jenis teks yang kita kenal dalam pelajaran bahasa Indonesia, salah satunya adalah teks eksplanasi. Teks eksplanasi termasuk jenis teks yang banyak dipelajari dan digunakan dalam bahasa Indonesia. 

Karenanya, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, ciri teks eksplanasi, serta kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Berikut rangkuman penjelasannya.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi adalah suatu bentuk teks yang isinya mengenai proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ suatu kejadian dapat terjadi, seperti kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. 

Kejadian yang terjaid di sekitar kita ini, baik berupa kejadian alam maupun kejadian seosial pada dasarnya selalu memiliki hubungan sebab akibat serta memiliki proses. Kejadian –kejadian yang terjadi ini sebetulnya tidak hanya untuk dapat kita amati dan rasakan saja, melainkan kejadian ini juga perlu kita pelajari. 

Sebab, ada banyak hal yang bisa kita ambil dari kejadian tersebut. Misalnya saja, kita bisa mempelajari dari segi mengapa atau alasan dari kejadian tersebut, serta bagaimana proses berlangsungnya kejadian tersebut.

TEKS EKSPLANASI

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi dapat terdiri dari beberapa hal berikut, yakni : (1) pernyataan umum, dilanjutkan (2) urutan sebab akibat, dan diakhiri (3) interpretasi.

Berikut adalah keterangan dari struktur teks eksplanasi tersebut :

  • Pernyataan umum, yang di dalamnya memuat statement atau penyataan umum mengenai suatu topik yang hendak dijelaskan dalam teks tersebut dalam hal proses keberadaanya, proses terjadinya, atau proses terbentuknya.
  • Urutan Sebab Akibat, adalah bagian yang isinya berupa detail penjelasan dari proses keberadaan atau proses terjadinya suatu kejadian, yang disajikan secara berurutan atau bertahap, dimulai dari yang paling awal hingga paling akhir.
  • Interpretasi, adalah bagian teks yang isinya mengenai kesimpulan atau pernyataan umum terkait topik atau proses yang sedang dijelaskan.

Ciri - Ciri Teks Eksplanasi


Ciri ciri teks eksplanasi secara umum ada 3. Ciri-ciri ini perlu kita pahami untuk memudahkan kita dalam membedakan jenis teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya. Berikut adalah 3 ciri-ciri teks eksplanasi.

  • Struktur teks terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi (seperti yang telah dijelaskan di atas).
  • Teks memuat informasi berdasarkan fakta (factual).
  • Faktualitas dalam teks memuat informasi yang sifatnya ilmiah atau keilmuan, seperti sains dan hal lainnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada umumnya dapat dilihat berdasarkan ciri –ciri berikut ini :

  • Fokus pada hal yang sifatnya umum (general), atau bukan partisipan manusia (non-human participants), sebagai contoh : tanah longsor, angin topan, gempa bumi, badai, banjir, hujan, dan udara.
  • Di dalamnya memungkinkan menggunakan istilah ilmiah.
  • Teksnya banyak menggunakan kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif).
  • Menggunakan kata konjungsi waktu dan kausal, seperti contohnya jika, apabila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian.
  • Banyak menggunakan kalimat pasif.
  • Eksplanasi ditulis sebagai bentuk justifikasi, bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal tersebut adalah benar adanya.

Nah, selesai sudah penjelasan kita mengenai teks eksplanasi. Semoga artikel ini bermanfaat ya.