Senin, 28 Agustus 2017

Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat

Bahasa Indonesia memang pelajaran yang sangat menarik. Di dalamnya, kita akan diajak untuk mempelajari aneka jenis teks, termasuk teks prosedur. Lalu, apa itu teks prosedur? Secara sederhana, teks prosedur dapat dipahami sebagai suatu teks yang memuat keterangan prosedur atau runtutan kerja untuk tujuan membuat atau menghasilkan sesuatu.

Pengertian teks prosedur dan penjelasan lain yang lebih mendetail dijabarkan dalam artikel tersendiri pada website ini ya. Sebab, kali ini kita akan membahas lebih dalam pada bagian contoh teks prosedur saja. Tepatnya, berupa contoh teks prosedur kompleks singkat. 

Agar lebih jelas, contoh teks prosedur tersebut dibagi ke dalam meberapa tema sempit. Adapun tema yang akan diambil meliputi: membuat makanan, dan melakukan sesuatu.

Langsung saja lihat contoh di bawah ini:

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan


Cara Memasak Nasi Goreng Mawut
Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng? Ada banyak sekali penggemar nasi goreng di dunia ini. Sebab, rasa dan tampilan nasi goreng sangatlah nikmat. Apalagi, nasi goreng dapat dikreasikan ke dalam aneka bentuk, rupa dan rasa. Salah satu kreasi menarik nasi goreng adalah nasi gorng mawut.

Nasi goreng mawut ini khas sekali rasanya. Dulu, nasi goreng mawut banyak terdapat di daerah Jawa Timur, seperti di Surabaya dan Malang. Tapi, kini nasi goreng mawut mulai banyak ditemukan di berbagai tempat di Indonesia.

Nasi goreng mawut memang sangat sedap. Bagi Anda yang juga senang menikmati sedapnya nasi mawut, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini adalah contoh resep atau contoh teks proosdur komplek singkat:



Bahan:

  1. Nasi Secukupnya
  2. Telur
  3. Bumbu Nasi Goreng Instan
  4. Minyak goreng atau mentega secukupnya
  5. Mie kuning
  6. Bakso
  7. Sosis
  8. Cap jay
  9. Sayuran

Langkah langkah:

  1. Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api kecil.
  2. Masukkan telur ke dalamnya, lalu kocok rata.
  3. Masukkan nasi. Aduk rata.
  4. Tambahkan bumbu nasi goreng, sedikit mie kuning yang sudah direndam air.
  5. Masukkan irisan sosis,bakso dan cap jay. Aduk rata.
  6. Tambahkan sayuran, aduk perlaha hingga sayuran layu.
  7. Angkat dan siap disajikan.

Cara Membuat Agar -agar




Agar -agar adalah jenis makanan yang cukup lezat. Ada banyak orang yang suka menikmati agar-agar. Meskipun sudah sangat populer, tidak ada salahnya kita kembali mengulas tentang cara membuat agar -agar. Berikut adalah caranya :


Bahan :
1) 1 bungkus agar -
2) 1 gelas gula pasir
3) 3 gelas ar

Cara membuat :
1) Masukkan ar dalam panci.
2) Masukkan agar -agar dan gula pasir,
3) Panaskan di atas kompor sambil terus diaduk. Tunggu sampai sedkit mengental.
4) Angkat. Tuangkan ke dalam wadah -wadah kecil.
5) Tunggu hingga agar -agar mengeras dan siap dinikmati.

-- Materi Pelajaran --
Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info

Loading...