Minggu, 23 Juli 2017

Kumpulan Contoh Teks Deskripsi Singkat

Ada beragam jenis teks yang kita pelajari dalam bahasa Indonesia. Salah satu contoh teks tersebut adalah teks deskripsi. Mengenai pengertian teks deskripsi dan penjelasannya sudah pernah dibahas dalam artikel sebelumnya. 

Nah, kali ini, yang akan kita bahas lebih lanjut adalah mengenai contoh teks deskripsi singkat. Adapun tema teks deskripsi yang akan kita bahas meliputi:

Sebagai pengantar singkat mengenai teks deskripsi ini, maka kita harus memahami bahwa teks ini berguna untuk mengetahui informasi rinci terkait suatu objek tertentu. Objek ini bisa banyak macamnya, bisa berupa barang, tempat, peristiwa atau pun hal lain. 

Dengan teks deskripsi inilah, kita bisa mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai suatu objek. Berikut ini terdapat contoh teks deskripsi tentang objek tertentu. 


Contoh Teks Deskripsi Singkat

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Sekolahku
Aku sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 99 Yogyakarta. Sekolahku sangat luas. Begitu pula dengan halaman sekolahku yang juga sangat luas. Ada banyak pepohonan yang ditanam di sepanjang tepi halaman sekolah. Meski sangat luas dan banyak pepohonan, tapi lingkungan sekolahku selalu tampak bersih. Ada juga tempat parkir yang bisa menampung hingga seribu sepeda motor dan sepeda.  

Sekolahku memiliki lima gedung utama yang digunakan sebagai tempat pembelajaran siswa dan fasilitas pendukung lain. Gedung utama itu dinamai gedung unit I, unit II, unit III, unit IV, dan unit V. Masing –masing gedung memiliki tiga lantai. Di masing –masing lantainya, terdapat kantin mini. Suasana di setiap gedung juga sangat sejuk. Sebab, di setiap lantainya dihiasi dengan aneka tanaman hijau yang diletakkan di dalam pot.

Unit I, II dan III digunakan sebagai tempat pembelajaran. Unit IV dan V berisi berbagai fasilitas pendukung pembelajaran. Fasilitas pendukung tersebut di antaranya : perpustakaan, laboratorium, tempat praktikum, ruang guru, tempat olahraga, uks, unit siswa, tempat ibadah dan aula. 

Aula yang ada di unit V adalah ruangan paling besar yang dimiliki sekolahku. Aula sekolahku bisa memuat lebih dari 1000 orang. Biasanya, aula tersebut digunakan untuk acara wisuda, rapat besar, dan terkadang juga disewakan untuk acara pernikahan.

Sekolahku memang sangat nyaman. Sekolahku juga selalu tampak cerah dan terang. Apalagi, tembok sekolah dan lantainya juga banyak diwarnai dengan warna –warna mencolok. Satu warna yang paling mendominasi di sekolahku adalah warna ungu. Sebab, bagi orang Jawa, warna ungu di anggap warna yang berwibawa, karena melambangkan “wungu” yang berarti “bangun”.

Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah

Rumah Lisa
Aku memiliki sahabat bernama Lisa. Rumah Lisa ada di samping rumahku. Halaman rumah Lisa sangat luas dan hijau. Ada beragam tanaman yang ditanam di sana, seperti : Pohon Rambutan, Pohon Jambu, Pohon Mangga, Pohon Jeruk, dan aneka bunga –bunga indah. 

Sepanjang tahun, ada saja pohon yang berbuah. Bunga –bunga juga bermekaran sepanjang tahun. Bunga yang paling sering mekar adalah bunga melati. Karena banyak bunga melati, halaman rumah Lisa jadi tampak indah dan wangi. 

Dinding rumah Lisa diwarnai dengan warna hijau. Sedangkan pintu dan jendela di sana berwarna kuning. Lantainya berupa lantai keramik berwarna putih dengan garis –garis hijau cerah. Perpaduan warna yang indah ini membuat rumah Lisa menjadi sedap dipandang dan semakin nyaman.

Apalagi, rumah Lisa selalu dirawat dengan baik. Barang –barang ditata dengan rapi. Halaman rumah yang luas juga selalu disapu setiap pagi dan sore hari. Rumah Lisa sangat nyaman sehingga aku pun senang bermain di sana.

Contoh Teks Deskripsi tentang Kucing

Whinni
Aku mempunyai seekor kucing yang kuberi nama Whinni. Whinni adalah kucing jantan berbulu panjang. Whinni mempunyai bulu yang seluruhnya berwarna putih bersih. Mata Whinni berwarna merah menyala. Ekor Whinni sangat panjang dan dipenuhi dengan bulu –bulu yang panjang dan halus.

Whinni adalah kucing yang lincah. Ia senang bermain –main. Tapi, Whinni tidak suka di tempat kotor. Ia senang bermain di tempat yang bersih. Bulu –bulunya pun jadi selalu bersih. Ia juga pintar menjaga kebersihan. Ia tidak pernah buang kotoran sembarangan. Aku sayang Whinni.

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Bengawan Solo
Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di pulau Jawa. Bengawan Solo melintasi banyak sekali kota dan daerah di Pulau Jawa. Sungai ini melintas dari ujung timur Pulau Jawa hingga hampir ke ujung barat Pulau Jawa. Hampir setiap daerah yang dilewati sungai ini mendapat berkah karena menjadi subur.

Sungai ini memiliki air yang sangat banyak. Sungai ini juga selalu terisi air. Jika di musim kemarau, Sungai Bengawan Solo masih memiliki air meskipun tinggal sedikit. Lalu ketika musim penghujan tiba, air sungainya bertambah sangat banyak. Terkadang, air sungai Bengawan Solo ini bisa meluap. Jika sedang musim hujan, air sungai ini bisa membanjiri wilayah di sekitarnya.

Contoh Teks Deskripsi tentang Benda

Lemari
Ayahku adalah penggemar lemari antik. Ada satu lemari antik yang cantik yang diletakkan di ruang tamu. Lemari itu terbuat dari kayu besi. Lemari itu memiliki warna gelap dan agak kusam. Mungkin warna kusam itu karena umur lemari yang memang sudah tua. Meski pun sedikit kusam, tapi lemari itu tetap terlihat menarik.

Lemari itu memiliki dua pintu. Di pintu sebelah kanan, terdapat cermin berbentuk oval. Di tepian lemari juga terdapat ukir –ukiran yang cantik. Ukiran itu berbentuk seperti lekukan bunga dan naga. Setiap hari, ayahku membersihkan lemari itu dengan kain basah.