Selasa, 10 Januari 2017

Jumlah Kalori yang Diperlukan untuk Berbagai Kegiatan

Kalori atau energi adalah hal yang sangat penting untuk metabolisme basal dan aktivitas fisik. Metabolisme basal adalah kondisi metabolisme tubuh dalam keadaan istirahat sempurna fisik dan mental. Dalam kondisi ini, energi dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi–fungsi vital tubuh, antara lain untuk menjalankan siswa pencernaan, pernafasan, pengaturan suhu tubuh peredaran darah dan lainnya.
Pada dasarnya, energi yang dihasilkan oleh tubuh digunakan untuk melakukan tiga kegiatan utama. Kegiatan tersebut meliputi : kerja internal, kerja eksternal dan untuk menutup pengaruh makanan.
Yang dimaksud dengan kerja internal adalah energi yang diperlukan untuk mempertahankan hidup. Sebagai contoh, untuk mempertahankan tonus otot, sirkulasi darah, untuk mengatur pernafasan, denyut jantung, kerja ginjal dan lainnya.
Energi untuk kerja internal ini juga disebut sebagai energi metabolisme basal (EMB). Energi basal dipengaruhi oleh luasan permukaan tubuh, kelenjar endokrin, kehamilan dan laktasi, status kesehatan, tonus otot, koreksi tidur, latihan olahraga, suhu tubuh, dan faktor stress.


Menghitung Kebutuhan Kalori Basal Tubuh

Pada usia remaja, kebutuhan EMB diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 12%. Kebutuhan Kalori Basal atau KKB atau kalori yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari dapat dihitung dengan menggunakan rumus tertentu.
Rumus menghitung KKB, yakni :
Laki-laki = 66 + (13,7 x BB) + (5 x TB) – (6,8 x U)
Wanita = 65,5 + (9,6 x BB) + (1,7 x TB) – (4,7 x U)
Keterangan :
BB = Berat Badan ideal (kg)
TB = Tinggi Badan (cm)
U = Umur (tahun)
Dengan menggunakan rumus perhitungan KKB seperti cara di atas, maka kelebihan dan juga kekurangan berat badan dapat diatasi. Cara mengatasinya yakni dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori untuk berat badan yang ideal.
Selain itu, perhitungan kebutuhan Kalori Basal juga dapat dihitung dengan menggunakan perhitungan yang lebih sederhana. Perhitungan sederhana ini sering pula digunakan di Indonesia.
KKB = 40 x (TB – 100)
dengan faktor koreksi: Stress ringan (1) : 1,3 x KKB
Perlu diketahui bahwa semua orang pada dasarnya memiliki kebutuhan energi yang tidak sama jumlanya. Keperluan energi tergantung pada umur, jenis kelamin, kegiatan gerak tubuh (aktivitas), dan iklim.
Apabila kegiatan yang dilakukan manusia semakin berat, maka semakin banyak pula jumlah energi yang diperlukan. Energi yang dibutuhkan tubuh ini berbentuk kalori. Jadi artinya, untuk bisa mendapatkan energi, tubuh kita akan memerlukan kalori.

Daftar Jumlah Kebutuhan Kalori Tubuh dalam Berbagai Aktivitas

Jumlah kebutuhan kalori tubuh untuk melakukan aktivitas tertentu juga berbeda -beda. Misalnya, jumlah kebutuhan kalori untuk tidur, berbeda dengan jumlah kebutuhan kalori untuk berjalan atau pun berlari, begitu pula dengan kegiatan lain.
Untuk itu, kita perlu tahu mengenai jumlah kebutuhan kalori untuk berbagai kegiatan manusia. Hal ini dapat berguna untuk dijadikan patokan dalam memenuhi kebutuhan kalori tubuh dengan menyesuaikan aktivitas apa yang tengah dilakukan.
Berikut ini adalah tabel jumlah kalori yang diperlukan untuk berbagai kegiatan

No
Kegiatan
Jumlah kebutuhan kalori/ kg berat badan/jam
1.
Tiduran
0,4
2.
Duduk atau makan
0,45
3.
Menulis
0,5
4.
Berdiri tenang
0,5
5.
Berhias
0,6
6.
Cuci piring
1,0
7.
Mengetik
1,0
8.
Berjalan cepat
1,8
9.
Menukang
2,0
10.
Naik sepeda
2,4
11.
Menari
3,5
12.
Main pingpong
4,0
13.
Menggergaji
5,2
14.
Lari cepat
6,8
15.
Balap sepeda
7,0
16.
Berenang
7,4

-- Materi Pelajaran --

Administrasi Perkantoran - Bahasa Indonesia - Bahasa Jawa - Bahasa Inggris - Biografi - Biologi - Kimia - Fisika - Matematika - Sejarah - Sosiologi - Ekonomi - Hukum - Politik - Keterampilan - Info

Loading...