6 Karakter Pemimpin dalam Teori Karakteristik




Leadership ability atau kemampuan memimpin adalah hal yang amat penting ada dalam diri para wirausahawan. Wirausaha dengan leadership ability yang rendah akan sulit tumbuh menjadi besar. Kepemimpinan sangat penting untuk memajukan sebuah bisnis karena dalam kepemimpinan tersebut, ada pendelegasian tugas yang jelas sehingga Anda tidak harus semata -mata bekerja keras sendiri.


Dalam riset kepemimpinan, fokus yang dilakukan adalah pada ciri -ciri atau karakter pemimpin yang mungkin diggunakan untuk membedakan antara para pemimpin dan non -pemimpin. Dari teori karakterisik yang dilakukan terhadap karakteristik seorang pemimpin, ditemukan bahwa setidaknya ada enam karakter yang terkait dengan kepemimpinan yang efektif.

Karakter pemimpin dalam teori karakteristik tersebut, meliputi :

1# Dorongan.
Pemimpin, adalah orang -orang yang mempunyai tingkat usaha atau dorongan yang tinggi. Jadi, para pemimpin ini sudah seharusnya memiliki kehendak yang kuat untuk meraih pencapaian prestasi. Meraka mempunyai ambisi yang positif, energi yang berlimpah, rasa tak kenal lelah dalam berkegiatan serta menunjukkan inisiatif dalam berbagai hal.

2# Kehendak untuk Memimpin
Pemimpin merupakan orang yang harus memiliki karakter dan kehendak kuat untuk dapat mempengaruhi dan memimpin orang lain. Karakter ini adalah hal yang penting karena dengan demikian, tampaklah kemauan mereka dalam mengemban tanggung jawab.

Dengan kehendak untuk memimpin, tak peduli pekerjaan atau tugas yang diemban sangat berbahaya atau berisiko sekali pun, ia akan tetap mengemban tanggung jawab atas apa yang dipimpinnya.

3# Kejujuran dan Integritas
Pemimpin haruslah memiliki keinginan untuk dapat membangun hubungan saling mempercayai. Karenanya, ia haruas dapat memberikan teladan dan menunjukkan konsistensi yang tinggi antara apa yang ia katakan dan apa yang ia perbuat. Kejujuran dan integritas ini sangat mempengaruhi karakter dan hubungannya dengan orang lain, terutama orang -orang yang dipimpinnya.

4# Kepercayaan Diri
Kepercayaan diri seorang pemimpin seolah jadi hal yang mutlak. Para pengikutnya harus melihat bahwa orang yang menjadi pimpinannya tidak ragu -ragu dalam berindak. Oleh karena itu, pemimpin sangat perlu untuk menunjukkan rasa percaya diri sehingga dapat meyakinkan para pengikutnya tentang kebenaran dari sasaran dan keputusan yang diambilnya.

5# Kecerdasan
Kecerdasan bagi pemimpin seolah memberikan kharisma tersendiri. Pemimpin haruslah orang yang cerdas dan memiliki pengetahuan untuk dapat mengumpulkan, melakukan analisa, serta menafsirkan informasi yang diterima.

Para pemimpin harus punya kemampuan untuk menciptakan visi, memecahkan masalah dan membuat keputusan tepat. Untuk melakukan semua tugas ini lah, maka seorang pemimpin harus benar -benar cerdas sehingga keputusan atau tindakan yang diambilnya adalah hal yang terbaik.

6# Pengetahuan yang Terkait dengan Pekerjaan
Pemimpin yang efektif harus memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi mengenai banyak hal, terutama semua hal yang terkait dengan pekerjaan yang dijalankan. Ia harus tahu betul tentang perusahaan, industri dan hal -hal teknis lain yang terkait.


Dengan bekal pengetahuan yang luas, maka pemimpin akan lebih mampu dalam membuat keputusan yang cermat dan tepat. Sebab, keputusan pemimpin yang diambil tanpa adanya pengetahuan justru akan membuat kinerja perusahaan jadi tidak efektif atau bahkan menimbulkan masalah.

Diberdayakan oleh Blogger.