Sumber Sumber Pendanaan dalam Kegiatan Bisnis



Ketika memulai sebuah bisnis atau sedang dalam tahap pengembangan bisnis, maka ada banyak hal yang kita perlukan, terutama modal. Modal ini pun bisa terdiri dari berbagai macam. Mulai dari modal pendanaan, modal tenaga kerja, modal keahlian, modal peralatan dan lain sebagainya.

Setiap jenis modal pada dasarnya adalah hal penting dalam kegiatan bisnis. Namun di antaranya, modal pendanaan sering dianggap sebagai hal yang paling utama. Sebab, dari modal pendanaan inilah, kita bisa mendapatkan tenaga kerja yang ahli dan memenuhi kebutuhan modal lainnya. 

Sayangnya, untuk bisa mendapatkan sumber pendanaan dalam kegiatan bisnis bukanlah perkara yang mudah. Seringkali, kita dituntut untuk bekerja ekstra agar bisa mendapatkan sumber pendanaan dari tempat yang tepat.

Untuk bisa mendapatkan sumber pendanaan dalam kegiatan bisnis ini, sebetulnya ada banyak alternatif. Lantas, dari mana saja sumber pendanaan kegiatan bisnis yang mungkin didapatkan oleh para pengusaha? 


Individual Deposits & Saving

Individual deposits and saving ini adalah simpanan yang merupakan milik pribadi si pebisnis. Simpanan ini bisa berupa tabungan, deposito, giro dan lainnya yang dipunyai oleh setiap entrepreneur. 

Jika seorang pebisnis menggunakan dana simpanan sendiri untuk menjalankan bisnisnya, maka hal ini biasanya dianggap sebagai penyertaan modal sendiri.

Loan

Loan adalah suatu bentuk hutang yang disediakan oleh pihak -pihak tertentu yang dapat kita gunakan untuk memulai atau mengembangkan kegiatan bisnis yang dijalankan. Utang ini juga ada beberapa macam, yakni :

• Family loan atau hutang keluarga adalahhutang yang berasal dari keluarga sendiri, seperti dari ayah, ibu, mertua, adik, kakak, dan anggota keluarga lainnya.

• Neighbors loan atau hutang tetangga, adalah hutang yang berasal dari kolega, saudara atau pun partner bisnis yang diberikan secara individual.

• Pegadaian loan adalah jenis hutang yang memanfaatkan jasa gadai dari pegadaian untuk mendapatkan dana segar dalam rangka menjaga likuiditas.

• Bank loans adalah pinjaman yang diberikan oleh lembaga perbankan, baik bank umum, bank perkreditan rakyat mau pun jenis bank lainnya.

• Venture capital adalah jenis pinjaman yang asalnya dari lembaga -lembaga modal ventura. Biasanya, lembaga modal ventura ini akan menaruh seorang direktur pada usaha bisnis yang diberikan pinjaman, umumnya seorang direktur keuangan. Direktur yang ditempatkan ini bertugas untuk mengendalikan keuangan dan memperbaiki menejemen dari perusahaan peminjam dana.

• Leasing adalah pencarian sumber pendanaan yang dilakukan dengan memanfaatkan skema pembiayaan yang disediakan oleh lembaga pembiayaan, baik berupa operational lease maupun berupa financial lease.


Suppliers

Sumber pendanaa dari supplier ini maksudnya adalah dengan memanfaatkan fasilitas kredit yang disediakan oleh pihak supplier untuk mengurangi kebutuhan pendanaan usaha. Hal ini misalnya seperti pembelian dengan cara kredit, tempo pembayaran dan lainnya.

Customers 

Pendanaan dari pihak customers ini artinya adalah upaya menggunakan dana yang dimiliki oleh pihak konsumen untuk melakukan pembiayaan usaha. Hal ini bisa dilakukan untuk kegiatan bisnis yang menyediakan atau menjual produk -produk yang dibeli melalui pemesanan.

Contohnya adalah misal ada pembeli yang hendak memesan atau membeli suatu produk, maka pihak pembeli bisa memberikan pembiayaan di muka atau installment. Dana dari konsumen inilah yang bisa dijadikan sebagai modal usaha atau modal produksi. 


Diberdayakan oleh Blogger.