Struktur Teks Cerita Sejarah




Peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Artinya, secara sederhana sejarah dapat dipahami sebagai suatu hal yang membicarakan sederetan peristiwa yang sudah berlangsung.

Jadi, di dalam sejarah, fokus utama yang dibicarakan adalah mengarah dari sehi waktu, yang dapat meliputi perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk yang lain, atau kesinambungan yang berlansung dalam suatu masyarakat, pengulangan peristiwa yang telah terjadi di masa lampau, atau pun perubahan yang terjadi di dalam masyarakat, yang umumnya dipengaruhi oleh hal -hal dari luar masyarakat itu sendiri.


Bumi yang diketahui sudah berdiri sejak jutaan tahun lalu ini pun menyimpan begitu banyak cerita sejarah. Untuk bisa mengetahui cerita sejarah yang terjadi di bumi ini, kita membutuhkan catatan -catatan dan rekaman sejarah dari berbagai sumber untukk dipelajari.

Setiap peristiwa sejarah yang sekiranya penting, perlu untuk dilakukan pencatatan. Pencatatan peristiwa sejarah ini disebut juga sebagai cerita ulang, yang tertuang dalam teks cerita ulang. Teks cerita ulang ini juga disebut sebagai teks rekon (recount).

Salah satu bentuk teks rekon ini adalah teks cerita sejarah. Melalui teks cerita sejarah inilah, maka kita bisa menggali kearifan dari cerita -cerita sejarah yang ada. Jadi, dalam memahami teks cerita sejarah, yang terjadi bukan hanya proses transformasi pengetahuan semata, melainkan bagaimana bisa mengambil pelajaran yang berharga dari sejarah tersebut. 

Mempelajari sejarah dapat membantu membentuk pola pikir kita agar dapat mengetahui dan memilah hal yang baik dan buruk. Nilai -nilai kebaikan inilah yang dijadikan sebagai pembelajaran dalam kehidupan. 

Di dalam teks cerita sejarah, terdapat struktur teks cerita sejarah. Melalui struktur teks cerita sejarah, dapat diketahui urutan tahapan dalam teks. Pada setiap genrenya, dapat dilakukan identifikasi urutan elemen strukturnya.

Struktur teks cerita sejarah

Ada tiga tahapan dalam struktur teks sejarah. Tahapan tersebut yakni :
1. Orientasi,
Tahapan orientasi ini berisi informasi mengenai situasi cerita sejarah yang diperbincangkan dalam tema suatu teks.

2. Urutan peristiwa sejarah,
Tahapan urutan peristiwa sejarah ini merupakan tahapan yang terdiri dari beberapa paragraf. Di dalamnya terdapat rekaman peristiwa yang disajikan berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa sejarah tersebut. Untuk menggali informasi di tahap ini, kita harus melihat rekaman waktu terjadinya peristiwa sejarah yang dimaksud.

3. Reorientasi,
Pada tahap reorientasi, tujuannya adalah untuk menghadirkan kembali peristiwa sejarah pada masa kini. Namun, tahapan reorientasi ini adalah tahapan yang berupa pilihan. Tahapan ini bisa saja tidak dimunculkan dalam sebuah teks cerita sejarah.

Evaluasi Teks Cerita Sejarah

Di dalam sejarah, kita mempelajari sesuatu yang nyata atau konkret. Sebab, di dalamnya terdapat fakta yang jelas tempat dan waktu kejadiannya. Ketika mempelajari teks sejarah, hal yang dipelajari bukan hanya aktivitas manusia sebagai pelakunya, melainkan aktivitas manusia yang mempunyai makna tertentu. 

Evaluasi cerita sejarah dapat diartikan sebagai proses penilaian. Teks sejarah harus mampu berperan dalam fungsi sosial, yakni dengan merekonstruksi dan memberikan informasi terkait dengan masa lampau. 

Melakukan proses penilaian terhadap teks cerita sejarah, berarti dilakukan dengan melakukan pengukuran informasi yang diberikan. Informasi diukur untuk mengetahui apakah informasi tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak.

Interpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Sejarah

Melakukan interpretasi makna teks cerita sejarah berarti memberikan penafsiran terhadap teks tersebut agar data sejarah yang ada di dalam teks tersebut dapat menyampaikan suatu informasi yang diperlukan. 

Di dalam interpretasi ini, perlu digali nilai dan kearifan yang terkandung di dalam peristiwa sejarah. Jadi, cerita sejarah tidak hanya menjadi sekedar cerita yang dikisahkan secara turun -temurun saja. 

Teks sejarah sudah selayaknya memiliki nilai dan kearifan yang diharapkan dapat membantu mengasah kebijakan ketika menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi. Sebab, dengan mengingat masa lalu, memahami situasi saat ini, serta mempersiapkan masa depan, maka kita bisa meraih apa yang telah dicita -citakan.

referensi:
https://portal-ilmu.com/teks-cerita-sejarah/


Diberdayakan oleh Blogger.