Profil Benua Afrika




Benua Afrika secara astronomi terletak pada 380 Lintang Utara – 350 Lintang Selatan dan 170 Bujur Barat – 510 Bujur Timur. Benua Afrika secara geografi diapit oleh Samudra Hindia dan Samudera Atlantik. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh Benua Afrika, sebagai berikut.
  
Sebelah Utara berbatasan dengan Laut tengah
Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Atlantik
Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Samudera Atlantik
Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudera Hindia.

Luas wilayah Benua Afrika yaitu ± 30.290.000km2. bentangan alam di Benua Afrikan beragam, mulai dari deretan pegunungan tinggi, daerah gurun, lembah, dan sungai. Gunung Kilimanjaro menjadi gunung tertinggi di Benua Afrika dengan ketinggian 6.100 m, dan gunung ini terletak di wilayah Tanzania, tepatnya di Afrika Timur.

Gunung tertinggi kedua di Benua Afrika, yaitu gunung Kenya, dengan ketinggian 5.117m dan berlokasi di Kenya, Afrika Timur. Sungai nil menjadi sungai terpanjang di Benua Afrika, dengan panjang sungai mencapai 6.690km. Selain sebagai sungai terpanjang di Benua Afrika, Sungai Nil menjadi sungai terpanjang di dunia.

Bukan hanya Sungai Nil saja yang terdapat di Benua Afrika, di benua tersebut masih ada Sungai Niger, Sungai Kongo, dan Sungai Zambesi. Danau terluas di Benua Afrika, yaitu danau Victoria, dengan luas danau mencapai 69.753km2. selain Danau Victoria, masih terdapat pula danau lain di Benua Afrika, yaitu Danau Malawi, Danau Tanganyika, dan Danau Chad.

Benua Afrika juga memiliki gurun pasir di wilayah bagian utara dan bagian selatan. Di Afrika bagian utara terdapat gurun Libia dan gurun Sahara, sedangkan di Afrika bagian Selatan, terdapat Gurun Kalahari dan Gurun Namib. Pegunungan di Afrika, antara lain pegunungan Atlas dibagian Utara dan Pegunungan Darkens dibagian Selatan.

Benua Afrika juga memiliki Plato atau dataran tinggi, yang terdiri dari Plato Fauta Jallon dibagian barat serta Plato Jos, Adamaous, Banga, Tibesi, Kamerun, dan Kata. Afrika juga memiliki wilayah yang dinamakan Great Rift Valley yaitu lembah retak besar yang memanjang dari Anatolia hingga ke dana u Malawi, melewati lembah Yordan, Laut Mati, Danau Turkana, dan Danau Victoria. Kawasan ledok yaitu basin yang membentuk aliran sungai yang dimiliki oleh Benua Afrika, yaitu basin Niger, Kongo, Chad, dan Kalahari.

Iklim yang ada di Benua Afrika dibedakan berdasarkan lokasinya, yaitu:
1.      Daerah beriklim darat atau iklim gurun, dapat dijumpai di Afrika Utara bagian tengah yang merupakan wilayah bayangan hujan.
2.      Daerah beriklum tropis dapat dijumpai di Afrika Tengah sekitar khatulistiwa.
3.      Daerah beriklim subtropis dapat dijumpai di ujung selatan benua dan bagian utara benua, atau disekitar pantai Laut Tengah.

Angin muso barat daya bertiup dari bulan Mei – bulan Oktober dan banyak menurunkan hujan di daerha sepanjang Teluk Guinea. Angin pasat tenggara yang membawa uap air dari Samudra Hindia hanya menurunkan hujan di pantai tenggara Afrika, sehingga wilayah ini beriklim tropis basah dan hujan dapat terjadi sepanjang tahun. Di daerah khatulistiwa, pada umumnya beriklim tropis dengan hujan yang dapat turun sepanjang tahun.

 

Tumbuh – tumbuhan yangberada di Afrika dapat dikelompokkan menjadi tumbuhan dataran tinggi, padang rumput berupa stepa dan sabana, dan hutan hujan tropis. Tumbuhan khas Afrikan, antara lain akasia, keluarga uphorbiacea, sidar hutan, kurma, dan papyrus. Fauna yang populer di Afrika, antara lain kera ekor panjang, jerapah, gajah, hyena, burung kasuari, zebra, okapi, badak bercula, binatang bersisik, dan trenggiling.

Penduduk Afrika digolongkan ke dalam empat kelompok besar, yaitu:
1.      Ras Kaukasoid dari keturunan Arab yang mendiami wilayah Afrika Utara.
2.      Suku pribumi merupakan penduduk asli yang banyak tinggal di daerah pedalaman, yang terdiri dari Suku Bushman di Gurun Kalahari, Suku Hottentot di Afrika Selatan, dan Suku Pygmy di hutan Kongo.
3.      Ras Negro yang mendiami sebelah selatan Gurun Sahara.
4.      Ras Kaukosid dari keturunan Eropa dengan kulit putih, dan banyak tinggal di Afrika Selatan.

Referensi:
http://www.pelajaran.click/2015/12/tentang-benua-afrika-profil-lengkap.html

http://www.zonasiswa.com/2015/02/benua-afrika-keadaan-alam-penduduk.html


Diberdayakan oleh Blogger.