Sekilas Mengenai Pengertian Bioteknologi




Secara etimologi bioteknologi berasal dari tiga kata yakni bios, teknos, dan logos. Bios memiliki arti makhluk hidup, sedangkan teknos mempunyai arti penerapan, dan logos berarti ilmu.

Sehingga bioteknologi memiliki makna harfiah, ilmu yang mempelajari penggunaan makhluk hidup. Penggunaan tersebut melalui suatu produk guna meningkatkan kesejahteraan manusia.


Dalam kegiatannya bioteknologi tidak berdiri sendiri. Bioteknologi masih berhubungan dengan mikrobiologi. Bioteknologi juga berhubungan dengan biokimia, biologi sel, dan juga genetika yang mempelajari tentang hal hal yang berkaitan dengan pewarisan sifat.

Jadi dari hubungan – hubungan tersebut, dapat dikatakan bioteknologi bukanlah merupakan cabang ilmu khusus. Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang terintegrasi dengan ilmu lain atau dengan kata lain bioteknologi adalah ilmu terapan.

Pengaplikasian bioteknologi umumnya mencakup produksi sel atau biomassa dan juga perubahan atau transformasi kimia sesuai yang diinginkan.

Sedangkan transformasi kimia lebih lanjut dibagi menjadi dua bagian. Dua bagian tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Pembentukan produk akhir sesuai yang diinginkan, sebagai contoh enzim, asam organik, steroid dan juga antibiotik.
  2. Penguraian bahan – bahan sisa produksi, sebagai contoh hasil buangan air limbah, destruksi buangan industri maupun tumpahan minyak.

Lebih lanjut simak dalam perkembangan bioteknologi.


Diberdayakan oleh Blogger.