Perbedaan Further dan Farther Plus Contoh Kalimatnya




Apa bedanya Further dan Farther dalam Bahasa Inggris?


Bagi sebagian orang, belajar bahasa Inggris sepertinya memang jadi hal mudah. Tapi, bagi sebagian yang lain, pelajaran bahasa Inggris ini bisa jadi perkara yang amat sulit. Apalagi, buat kamu yang jarang menggunakan percakapan bahasa Inggris ini.

Ada banyak kata -kata bahasa Inggris yang terdengar sama, padahal memiliki arti yang berbeda dan tulisannya pun berbeda. Ya, salah satunya seperti further dan farther. Sekilas, kedua kata ini sepertinya sama bukan?

Walau pun further serta farther terlihat sama, akan tetapi keduanya mempunyai arti yang berbeda. Bahkan sangat berbeda. Lantas, apa ya perbedaan further dan further? Mari kita simak penjelasannya berikut ini. Agar lebih jelas, nanti juga akan ada contoh kalimatnya juga.

Perbedaan Further dan Farther

Apa arti Further?
Kata further adalah bentuk comparative atau perbandingan dari kata far yang artinya jauh. Jika kata far diubah ke dalam kata lebih atau lebih jauh, maka hasilnya adalah kata futher ini, dan bukannya ‘farer’.

Dalam konteks ini, kata ‘further’ artinya lebih jauh tetapi secara lebih spesifik, hal yang lebih jauh ini digunakan untuk menyataan jarak yang tidak dapat diukur atau imajinatif. Seperti untuk pemikiran, tindakan, prestasi dan sejenisnya yang memang tidak bisa diukur dalam satuan panjang.

Sebagai contoh, bila kamu merasa Ani memiliki pencapaian prestasi yang lebih jauh ketimbang Adi, maka gunakan kata further. Ini karena prestasi yang dicapai tidak bisa diukur dalam satuan panjang.

Contoh kalimat dengan kata further
You should take a further action in this case.
* arti : Kamu harus mengambil tindakan lebih jauh pada kasus ini.

Our achievement is further than them.
* Arti : Prestasi kita lebih jauh daripada mereka.

We should think further before join to that’s group.
* Arti : Kita harus berpikir lebih jauh sebelum bergabung dengan grup itu.
Apa itu Farther?
Pada dasarnya, farther ini juga dibentuk dari bentuk comparative untuk kata dasar far atau jauh. Akan tetapi, jauh yang dimaksudkan untuk kata farther ini terkhusus untuk suatu jarak yang dapat diukur dengan satuan panjang.

Misalnya saja, bila Anda ingin mengungkapkan bahwa kamu bisa berlari lebih jauh dari pada teman kamu, maka gunakan kata farther ini untuk mengungkapkannya karena jauh berlari memang bisa diukur dengan satuan panjang, seperti km.

Contoh kalimat dengan kata farther
Can you throw this ball farther than him?
* Arti : Bisakah kamu melempar bola ini lebih jauh dari dia?

I cannot swim farther than her.
* Arti : Saya tidak dapat berenang lebih jauh dibandingkan dengan dia.

Look! He runs farther than you.
* Arti : Lihat! Dia berlari lebih jauh daripada kamu.


Diberdayakan oleh Blogger.