Mengenali Makna Lambang Garuda Pancasila



Makna Lambang Garuda Pancasila


Lambang Garuda digunakan sebagai lambang negara Republik Indonesia. Dimana di dalam Garuda terdapat beberapa simbol, yakni: bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng dan padi dan kapas.

Setiap simbol yang ada di garuda memiliki makna yang berbeda – beda. Bahkan, jumlah bulu yang dimiliki pun juga memiliki makna tersendiri. Lalu makna apa saja yang ada pada Lambang Garuda Pancasila, sebagai berikut:

Makna Lambang Garuda Pancasila

Bintang Tunggal
Simbol ini digunakan sebagai interpretasi dari Sila Pertama Pancasila. Ketuhanan Yang Maha Esa digambarkan sebagai Bintang Tunggal. Dimana, perisai hitam dengan sebuah bintang emas, menggambarkan agama – agama besar di Indonesia.

Rantai Emas
Rantai emas sendiri menggambarkan suatu ikatan. Rantai tersebut disusun dari gelang – gelang kecil yang menandakan hubungan antar manusia, yang saling membantu. Simbol ini digunakan untuk Sila Kedua yakni, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

Pohon Beringin
Simbol ini digunakan untuk lambang Sila Ketiga, yakni Persatuaan Indonesia. Beringin memiliki karakter yang kokoh dan memiliki akar yang kuat. Beringin pun mempunyai akar gantung yang jumlahnya banyak, menggambarkan akar budaya Indonesia yang beraneka ragam.

Kepala Banteng
Sedangkan untuk Sila Keempat, simbol kepala banteng yang digunakan. Dimana, sila tersebut berisi Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Banteng diambil karena sebagai perlambang sosial. Harapannya adalah saat pengambilan keputusan lebih mengedepankan kekeluargaan, gotong royong, dan musyawarah.

Padi Kapas
Untuk Sila Kelima menggunakan simbol padi dan kapas. Sila terakhir tersebut berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Padi dan kapas menggambarkan kebutuhan pokok setiap masyarakat. Dimana diharapkan tidak ada kesenjangan sosial satu dengan yang lain.

Selain simbol yang ada di dalam perisai masih ada simbol lain yang ada pada burung garuda. Simbol simbol tersebut menggambarkan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yakni 17 Agustus 1945. Simbol simbol tersebut antara lain:

1.      Jumlah bulu pada masing-masing sayap garuda berjumlah 17
2.      Jumlah bulu pada ekor garuda berjumlah 8
3.      Jumlah bulu di bawah perisai/pangkal ekor garuda berjumlah 19
4.      Jumlah bulu di leher garuda berjumlah 45
5.      Perisai


Diberdayakan oleh Blogger.