Faktor Faktor yang Mempengaruhi Target Pasar




Dalam dunia pemasaran, target pasar adalah hal yang sangat penting. Lantas, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan target pasar? Pengertian target pasar adalah kelompok konsumen yang memiliki ciri – ciri atau sifat yang hampir sama atau yang biasa disebut sebagai kelompok homogen.

Target pasar yang homogen inilah yang dipilih oleh perusahaan untuk dicapai dengan strategi bauran pemasaran atau marketing mix. Dengan ditetapkannya target pasar ini, maka perusahaan dapat mengembangkan posisi produknya dan strategi bauran pemasaran untuk setiap produknya secara lebih tepat.

Manfaat target pasar

Target pasar perlu ditetapkan karena bermanfaat dalam mengembangkan berbagai hal positif dalam kegiatan pemasaran. Berikut adalah manfaat target pasar :

  1. Mengembangkan posisi produk dan strategi bauran pemasaran
  2. Memudahkan penyesuaian produk yang dipasarkan dan strategi bauran pemasaran yang dijalankan dengan lebih efektif.
  3. Membidik peluang pasar lebih luas, agar dapat mendorong pemasaran produk baru.
  4. Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas dengan seefisien dan seefektif mungkin.
  5. Mengantisipi persaingan


Faktor faktor target pasar

Dalam pelaksanannya, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pelaksanaan target pasar, baik kesuksesan pelaksanannya atau pun justru menghambarnya. Faktor – faktor yang dapat mempengaruhi pelaksanaan target pasar tersebut yakni :

1. Analisis situasi
Analisis situasi menjadi faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan target pasar. Analisis situasi ini berkaitan dengan rencana pemasaran barang dan jasa yang dilakukan perusahaan. 

Dimana rencana pemasaran barang dan jasa ini akan diawali dengan ringkasan hasil yang telah dicapai oleh perusahaan dan diikuti dengan penampilan suatu trend produk dari perusahaan tersebut.

Dengan demikian, analisis situasi diperlukan sebagai salah satu faktor yang berhubungan dengan masalah lingkungan makro, pesaing, pelanggan, penyuplai barang, distributor dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian dan Konsepsi Tata Usaha

2. Sasaran pemasaran
Sasaran pemasaran yang utama yang mempengaruhi target pasar ini adalah untuk jangka waktu yang akan datang. Faktor yang ikut mempengaruhi dalam hal ini adalah konsumen, pelanggang baru, dan sebagainya. 

Adapun sasaran pemasaran yang diinginkan adalah untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan perusahaan dengan maksimal.

3. Sumber daya perusahaan
Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sangat lah penting untuk dapat melaksanakan target pasar. Cara perusahaan untuk mendapatkan sumber daya ini, dapat dicapai dari dalamperusahaan sendiri atau dengan bekerja sama dengan pihak di luar perusahaan.

4. Mengembangkan sumber daya
Untuk mengembangkan sumber daya, dapat dilakukan dengan usaha dari dalam perusahaan itu sendiri, atau dengan bekerjasama dengan pihak luar. 

Dalam bekerja sama dengan pihak luar, terdapat keuntungan tersendiri, dimana segala risiko yang dihadapi dapat ditanggung bersama. Bentuk kerja sama yang dapat dilakukan dapat melalui production sharing atau joint venture.

5. Faktor luar
Faktor luar maksudnya adalah faktor diluar perusahaan yang dapat mempengaruhi upaya pencapaian target pasar ini. 

Faktor luar yang paling banyak mempengaruhi pelaksanaan target pasar adalah perkembangan ekonomi dan perdagangan, kebijaksanaan pemerintah di bidang ekonomi, situasi politik dan suasana persaingann.

6. Strategi pemasaran
Strategi pemasaran merupakan aktor utama dalam rangka pelaksanaan target pasar. Startegi pemasaran ini meliputi konsep pemasaran, segmentasi pasar dan marketing mix.


Diberdayakan oleh Blogger.