Yuk Kenalan dengan Panda Merah nan Lucu Ini




Ada yang suka dengan hewan panda? Panda memang lucu bahkan sampai dibuat filmnya “KungFu Panda”. Namun, panda yang kali ini dibahas bukan panda yang berwarna hitam putih seperti di film kungfu panda loh ya. 

Kali ini, kita mau bahas panda yang lebih spesial karena memiliki warna kemerahan. Ada yang tahu panda apa itu? Yup, Panda Merah. 

Apa itu panda merah?

Nah, ada yang tahu panda merah gak nih? Panda merah memiliki nama latin Ailurus fulgens. Panda merah ini adalah spesies langka dari wilayah pegunungan Nepal dan India loh. 

Panda merah pertama kali ditemukan di awal tahun 1800-an. Loh, jadi panda merah ini malah telah ditemukan 50 tahun lebih awal sebelum panda hitam putih ditemukan loh.

Nah, agar bisa mengenali panda merah lebih jelas, ini nih ada klasifikasi panda merah :
Kerajaan       :  Animalia
Filum            :  Chordata
Kelas            :  Mammalia
Ordo             :  Carnivora
Famili           :  Ailuridae
Upafamili     :  Ailurinae
Genus           :  Ailurus
Spesies         :  A. fulgens

Seperti apa bentuk panda merah?

Panda merah adalah hewan lucu yang memiliki panjang badan cukup mungil. Ya, panjang tubuhnya kurang lebih hanya 100 sentimeter saja loh. 

Bobot tubuhnya pun cuma antara 3,5 hingga tujuh kilogram. Di sekujur tubuh mungilnya ini dipenuhi dengan bulu lembut yang lebat berwarna merah gelap.

Panda merah memiliki ekor yang merupakan bagian penting dari tubuhnya. Ekor panda merah ini penting karena bertugas untuk menjaga keseimbangan saat memanjat pohon loh. 

Belum lagi, ekor panda merah juga bermanfaat sebagai penghangat saat musim dingin menyelimuti mereka.

Panda Merah

Bagaimana sejarah panda merah?

Loh, sudah tahu belum tentang sejarah menarik tentang panda merah ini? Dulu, panda merah merupakan aksesori wajib bagi para kaum kolonial loh. Jaman dulu, panda merah memang mendiami daerah yang cukup luas di bumi ini. 

Sayangnya, karena adanya perburuan dan penebangan hutan yang semakin santer, populasi panda merah ini terus saja mengalami penurunan. Habitat alam liar panda merah semakin sempit dan membuat mereka sulit untuk berkembang biak secara bebas. 

Bahkan, para ahli konservasi menyatakan bahwa kini, populasi panda merah hanya tinggal 10.000 loh yang ada di alam liar. Duh, kasian donk ya. 

Baca juga: Kenalan sama Setan Tasmania yuk

Panda merah terancam punah

Karena panda merah terancam punah, maka International Union for Conservation of Nature (IUCN) pun telah menempatkan hewan lucu ini ke dalam daftar merah berlabel "terancam punah" sejak tahun 2008. 

Ow ya, tahu gak kenapa panda merah ini sering dijadikan sasaran buruan? Betul banget. Yang ironis nih, penurunan populasi panda merah ini justru disebabkan karena morfologi tubuh mereka yang lucu loh. Saking lucu dan mengundang rasa sayang, makanya banyak orang ingin menangkapnya dech.

Banyak orang yang ingin memelihara panda merah dan merawatnya di rumah sendiri agar bisa dinikmati kelucuannya setiap saat. Sayangnya, ada juga yang mengincar panda merah ini untuk diambil bulunya. Duh, kasian juga dech kalau begitu.

Karena sudah masuk dalam golongan terancam punah, maka berbagai hukum perlindungan pun mulai diterapkan untuk kelestarian si panda lucu ini. 

Termasuk upaya untuk melestarikannya adalah dengan merancang wilayah konservasi di The Padmaja Naidu Himalayan Zoological Park, Darjeeling, India.

sumber: http://nationalgeographic.co.id/


Diberdayakan oleh Blogger.