Kenalan Sama Setan Tasmania Yuk




Udah kenal sama yang namanya setan? Eits, maksudnya setan Tasmania? Namanya memang aneh ya, Setan Tasmania ini punya nama latin sarcophilus harrisii, atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai "Tasmanian Devil". Makhuk ini bukan setan beneran yang mengerikan itu loh ya.

Setan Tasmania yang yang lebih dikenal dengan Tasmanian Devil ini adalah seekor binatang marsupialia karnivora. Binatang ini memang jarang ditemukan lantaran jumlahnya yang semakin sedikit. Bahkan, binatang ini kini cuma terdapat di negara bagian pulau Tasmania di Australia loh. 

Pembatasan ekspor memang dilakukan terhadap Setan Tasmania sehingga membuatnya hanya dapat dilihat di dalam penangkaran di Australia. Meski demikian, sempat ada setan Tasmania yang tinggal di luar negeri loh. Tapi, Setan Tasmania terakhir yang diketahui berada di luar negeri itu sudah mati di California pada 2004. 

Eits, namun pemerintah Tasmania ternyata juga telah mengirimkan lagi sepasang setan ke Kebun Binatang Kopenhagen, setelah lahirnya anak lelaki pertama dari Frederik, Putra Mahkota Denmark dan istrinya yang berasal dari Tasmania Mary. 

Setan Tasmania ini dikirim pada Oktober 2005 lalu dan keduanya ini merupakan setan Tasmania satu-satunya yang dapat dilihat di luar Australia.


Seperti apa Tasmanian devil itu?


Tasmanian devil ini super spesial dech. Ini karena Setan Tasmania adalah satu-satunya anggota genus Sarcophilus yang masih hidup saat ini. 

Lalu, seperti apa ya penampakan setan Tasmania ini? Binatangini ukurannya sama dengan seekor anjing kecil. Hanya saja, badannya lebih kekar dan berotot. Weish, keren gak tuwh?

Setan Tasmania memang merupakan jenis marsupialia karnivora terbesar di dunia loh. Untuk mengenali setan yang satu ini tidak sulit. 

Ciri dari setan Tasmania yang paling tampak adalah pada warna bulunya yang hitam, baunya yang kuat jika sedang ketakutan, suaranya yang bising dan sangat keras, dan juga sifatnya yang terbilang berbahaya bila sedang mengasuh anak-anaknya. 

Yah, ngeri juga sih ya? Pantas saja dech kalau disebut setan alias devil. Setan Tasmania ini memang dikenal sebagai binatang pemburu kog. 

Ia juga gemar memakan sisa-sisa binatang lain. Biasanya, setan Tasmania hidup secara soliter atau sendiri – sendiri. Tapi, kadang-kadang mereka juga bisa makan bersama dengan Setan Tasmania lainnya.

Baca juga: Nama Lain Minuman Keras dan Alkohol

Apa yang membuat populasi setan Tasmania ini merosot?


Jumlah populasi setan Tasmania memang terus merosot dari tahun ke tahun. Ini lantaran banyaknya orang yang berburu setan Tasmania ini. 

Awalnya, setan Tasmania ada juga di daratan benua Australia yang luas. Tapi, binatang ini pun mulai musnah lantaran dianggap sebagai ancaman terhadap ternak sapi di Tasmania.

Jumlahnya terus saja merosot sejak sekitar 400 tahun sebelum Pemukiman bangsa Eropa di tahun 1788. Hingga tahun 1941, Setan Tasmania terus saja diburu sampai akhirnya, binantang ini secara resmi dilindungi. 

Sayangnya, sejak akhir tahun 1990-an, setan Tasmania mulai diserang penyakit tumor muka yang terus saja mengurangi populasinya secara drastis. Kebertahanan spesies ini pun semakin terancam dan membuatnya segera akan dimasukkan dalam daftar binatang yang terancam punah. 

Untuk melindungi spesies unik satu ini, berbagai program pun dilakukan oleh pemerintah Tasmania untuk mengurangi dampak buruk dari penyakit ini.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Setan_Tasmania


Diberdayakan oleh Blogger.