Pengertian Kata Kerja, Macam Macam Kata Kerja dan Contoh Kata Kerja

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, mengenal jenis kata adalah hal yang penting bukan? Jenis kata secara substantif merupakan suatu bentuk pengelompokkan ‘kata’ menurut sifatnya dalam kalimat. Jika didasarkan pada sifat katanya di dalam sebuah kalimat, maka ‘kata’ dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis. 

Para ahli tata bahasa tradisional telah membagi jenis kata menjadi bermacam – macam. Akan tetapi, pada dasarnya pembagian ini tetap berpedoman pada pembagian jenis kata yang berasal dari Aristoteles.

Pembagian kata ini, kini telah berkembang menjadi beberapa jenis kata yakni kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata bilangan, kata seru, kata ganti, kata sandang dan kata depan.

Pada artikel ini, mari kita bahas mengenai pengertian kata kerja, macam macam kata kerja dan juga contoh kata kerja pada masing – masing jenisnya. 


Pengertian kata kerja

Pengertian kata kerja adalah semua kata yang menyatakan perbuatan atau kegiattan. Secara sederhana, kata kerja ini dapat dipahami sebagai kata –kata yang mengandung makna untuk melakukan suatu perbuatan. 

Misalnya saja seperti kata ‘berlari’ yang menunjukkan adanya kegiatan berlari.

Contoh kata kerja yang lain misalnya ‘menulis’ yang menunjukkan kegiatan menulis.

Selain itu, kata ‘duduk’ atau pun ‘tidur’ juga termasuk kata kerja karena juga menunjukkan adanya suatu kegiatan untuk duduk atau pun tidur.
macam macam kata kerja




Macam macam kata kerja dan contok kata kerja

Kata kerja dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil lain. Macam macam kata kerja ini adalah kata kerja transitif, kata kerja intransitif, kata kerja aktif, kata kerja pasif, kata kerja refleksi, dan kata kerja resiprok.

Selain itu, kata kerja juga bisa dibagi lagi berdasarkan bentuknya, yakni kata kerja berbentuk kata dasar, berimbuhan, berbentuk kata ulang dan juga berbentuk gabungan kata. Untuk lebih jelas tentang masing – masing pengertian kata kerja yang ada, mari kita bahas lebih lanjut.



Kata kerja transitif


Pengertian kata kerja transitif adalah bentuk kata kerja yang memerlukan objek.

Contoh kata kerja transitif : memetik, mengangkut, membuat. 

Artinya, jenis kata kerja seperti ‘memetik’, perlu untuk ditambahkan objek, seperti ‘memetik buah’ atau ‘memetik anggur’



Kata kerja intransitif


Pengertian kata kerja intransitif adalah benuk kata kerja yang tidak memerlukan objek.

Contoh kata kerja intransitif misalnya : pergi, duduk, pulang.

Pada kata – kata seperti pergi dan contoh lain di atas, kata ini sudah dapat digunakan dalam kalimat, meskipun tak memakai objek. Sebagai contoh dalam kalimat : ‘Ayah sedang duduk.’


Kata kerja aktif


Pengertian kata kerja aktif adalah kata kerja yang subjeknya berperan sebagai pelaku. Kata kerja aktif ini umumnya bercirikan dengan adanya awalan me- dan ber-

Contoh kata kerja aktif : memukul, melempari, berlari.



Kata kerja pasif


Pengertian kata kerja pasif ini adalah bentuk kata kerja yang subjeknya berperan sebagai penderita. Kata kerja pasif umumnya dapat dilihat dari ciri ciri adanya awaln di- dan ter-.

Contoh kata kerja pasif : dipukuli, dinasihati, terlempar



Kata kerja refleksi


Pengertian kata kerja refleksi ini merupakan kata kerja yang objeknya adalah diri sendiri. 

Contoh kata kerja refleksi misalnya : bercermin, berhias, berpakaian.



Kata kerja resiprok


Pengertian kata kerja resiprok merupakan bentuk kata kerja yang dilakukan oleh dua orang dan perbuatan tersebut sifatnya berbalasan atau ‘saling’. 

Contoh kata kerja resiprok misalnya : bergandengan, bersalaman, bertinju.

Kata – kata ini dapat diartikan sebagai saling menggandeng, saling salaman, serta saling tinju.


Kata kerja berbentuk kata dasar


Kata kerja berbentuk kata dasar juga disebut sebagai kata kerja aus. Contoh kata kerja berbentuk kata dasar atau kata kerja aus ini adalah tidur, mandi, duduk, makan.


Kata kerja berbentuk kata berimbuhan


Kata kerja berimbuhan berarti bentuknya sudah mendapatkan kata imbuhan dari kata dasarnya. Misalnya seperti menyiangi, dilalui.


Kata kerja berbentuk kata ulang


Kata kerja berbentuk kata ulang ini terdiri dari kata dasar yang diulang, misalnya seperti kata : bermain – main, berlari – larian.


Kata kerja berbentuk gabungan kata


Kata kerja berbentuk gabungan kata berarti kata ini menggabungkan dua kata dasar jadi satu. Seperti misalnya pada kata : ‘menandatangani’ yang berupa gabungan dari kata ‘tanda’ dan tangan’, serta pada kata ‘bertanggungjawab’ yang berasal dari gabungan dua kata dasar yakni ‘tanggung’ dan ‘jawab’.

Demikian artikel mengenai Pengertian Kata Kerja, Macam Macam Kata Kerja dan Contoh Kata Kerja, jangan lupa kunjungi terus porosilmu.com untuk mendapat materi pelajaran sekolah. Terima kasih.