Daftar Monumen di Indonesia Lengkap




Indonesia tak akan pernah ada jika tak ada jasa dari para pahlawan dan pejuang. Ya, boleh dikata, jasa para pahlawan dan pejuang kemerdekaan Indonesia ini sangatlah besar. Jadi, jangan sampai kita melupakan perjuangan mereka yang begitu berharga ya?

Nah, sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada perjuangan besar para pahlawan ini, maka sudah selayaknya bila kita mengenang mereka. Salah satunya, ya bisa melalui monumen – monuman atau bentuk bangunan lain. Meski monumen ini tak sebanding dengan perjuangan mereka, setidaknya, kita bisa mengenang jasa mereka dari monumen ini.

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke monumen – monumen di Indonesia ini, berikut ada daftar monumen di Indonesia lengkap loh. Memang sih, tak semua pahlawan dan pejuang bisa dibuatkan monumen. Ini bukan berarti perjuangan mereka sia – sia loh ya. 

Monumen di Indonesia ini bisa dikatakan sebagai perwakilan penghargaan atas perjuangan mereka semua, para pahlawan dan pejuang bangsa ini. Yuk, langsung kita tengok mana saja daftar monumen di Indonesia lengkap yang bisa kamu kunjungi.

Monumen Ahmad Yani
Monumen Ahmad Yani berada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Seperti namanya, monumen ini dibuat untuk mengenang pengabdian dan perjuangan dari Jenderal Anumerta Ahmad Yani. Perjuangannya yang hebat pantas dijadikan teladan bagi generasi penerus bangsa, terutama bagi para prajurit Tentara Nasional Indonesia.


Monumen Dokter Karyadi
Monumen Dokter Karyadi dibangun di Semarang, Jawa Tengah. Monumen ini berisi kenangan dan penghargaan yang tinggi para dr Karyadi. Beliau ugur lantaran ditembak tentara Jepang. Saat itu, ia hendak mengecek cadangan air minum yang dianggap telah diracuni oleh para tentara Jepang dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang yang berlangsung tanggal 15 hingga 20 Oktober 1945.

Monumen Garuda Pancasila
Monumen Garuda Pancasila berlokasi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Monumen ini dibuat untuk mengenang perjuangan heroik dari rakyat yang bersatu dengan tentara Republik Indonesia dalam menghadapi pasukan belanda di tahun 1948 – 1949.

Monumen Gerakan Banteng Nasional
Monumen Gerakan Banteng Nasional ada di Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Monumen ini berbentuk patung Jenderal Ahmad Yani yang tengah berdiri tegak membawa tongkat komando, rakyat dan tentara. Patung ini terletak di tugu yang berbentuk segi empat dimanda di bagian atas tugu ini berbentuk trapesium.

Monumen Jogja Kembali (Monjali)
Monumen Jogja Kembali adalah sebuah monumen menarik yang bentuk bangunannya menyerupai kerucut besar. Lokasi Monumen Jogja Kembali berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di dalam monumen ini berisi tentang patung – patung para pejuang Indonesia, dan dilengkapi dnegan aneka diorama menarik seperti pertempuran Serangan Umum 1 Maret 1949.

Monumen Nasional (Monas)
Monumen Nasional menjadi lambang dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Di dalam monumen nasional ini, terdapat museum dan diorama yang menggambarkan kisah perjuangan rakyat Indonesia. 

Monumen Nilai Nilai 1945 atau Monumen Jenderal Sudirman
Monumen ini didirikan di Kabupaten WOnogiri, Jawa Tengah. Monumen Nilai Nilia 1945 ini juga disebut Monumen Jenderal Sudirman karena memang bentuknya yang berupa patung Panglima Besar Jenderal Sudirman yang tengah membawa tongkat dan berdiri di atas sebuah tugu.

Monumen Palagan Ambarawa
Monumen ini berada di kota Ambarawa Jawa Tengah. Monumen Palagan Ambawara dibuat untuk mengenang pertempuran 4 hari 4 malam tanggal 12 – 15 Desember 1945 yang terjadi antara Tentara Keamanan Rakyat di bawah pimpinan Kolonel Sudirman yang berjuang melawan Sekutu.

Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti berada di Lubang Buaya, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Lokasinya tidak jauh dari tempat penyiksaan dan pembunuhan tujuh pahlawan Revolusi. Karenanya, monumen ini digunakan untuk mengenang bagaimana para pahlawan revolusi ini gugur karena momen yang dikenal sebagai G30S/PKI.

Baca juga: Lahirnya Sumpah Pemuda

Monumen Perjuangan 3 Oktober 1945
Monumen Perjuangan 3 Oktober 1945 berlokasi di Kecamatan pekalongan Barat, Pekalongan, Jawa Tengah. Monumen ini berbentuk tiga orang pejuang, dimana seorang bersikap membawa pistol dan menurukan bendera, sementara dua orang lain siap siaga menyerang musuh.

Monumen Perjuangan Lemah Abang
Monumen perjuangan lemah aband berlokasi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Monumen Perjuangan Salatiga
Monumen ini berada di kota Salatiga, Jawa Tengah. Bentuknya segi empat dengan bagian atas lebih kecil dari bagian bawahnya. Di puncak monumen ini terdapat garuda pancasila dan 3 patung pahlawan nasional yang berasal dari Salatiga, yakni Jenderal Sudiarto, Laksamanan Muda Laut Yosaphat Sudarso, dan Marsekal Udara Mas Agustinus Adi Sucipto.

Monumen Proklamator Sukarno Hatta
Monumen ini berlokasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan merupakan sebuah monumen untuk mengenang jasa dua proklamator bangsa yakni Ir Sukarno dan Drs Mohammad Hatta.

Monumen Pruputan
Monumen Pruputan berlokasi di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Monumen ini memiliki tiga patung pejuang yang menggambarkan bagaimana perjuangan para pemuda pemudi Indonesia yang siap dan rela berjuang demi tanah air Indonesia tercinta.

Monumen Radio Republik Indonesia (RRI)
Monumen RRI berdiri di daerah Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Monumen ini berupa tugu segi lima yang bentuknya meruncing ke atas.

Monumen Slamet Riyadi
Monumen Slamet Riyadi berada di tengah Kota Surakarta, Jawa Tengah. Monumen yang berupa patung Slamet Riyadi ini menjadi bentuk penghargaan terhadap jasa Letnan Kolonel Slamet Riyadi. Tempat ini merupakan markas besar pasukan Slamet Riyadi yang berjuang di tahun 1948.

Monumen Tentara Pelajar
Monumen Tentara Pelajar berada di banjarnegara, Jawa Tengah. Monumen ini berbentuk tugu pendek bersusun yang berbentuk trapesium. 

Monumen Tidar
Monumen Tidar berada di Kecamatan Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah. Bentuknya berupa patung lima prajurit yang membawa senapan mesiu dan seorang membawa bendera.

Monumen W.R. Supratman
Monumen ini berbentuk patung Wage Rudolf Supratman di atas tugu. Lokas monumen ini berada di kota Purworejo, Jawa Tegah yang diyakini sebagai kota kelahiran WR Supratman.

Monumen Wongsonegoro
Monumen ini berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Monumen Wongsonegoro didirikan untuk mengenang jasa KRM Wongsonegoro dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Monumen Yos Sudarso
Monumen Yos Sudarso berada di Kecamatan Tegal Barat, Tegal, Jawa Tengah. Monumen ini berbentuk patung Yog Sudarso setengah dada. Monumen ini digunakan untuk mengenang jasa heroik Laksamana Muda Yoshapat Sudarso yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda di Laut Aru tanggal 15 Januari 1962.

Monumen Perjuangan
Monumen perjuangan berlokasi di daerah Istimewa Yogyakarta.

Monumen Satria Mandala
Monumen Satria Mandala berlokas di Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Sumber: Komandoko, Gamal. 2010. Ensiklopedia Pelajar dan Umum. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.


Diberdayakan oleh Blogger.