Aneka Macam Cara Melipat Surat



Melipat kertas surat menjadi suatu seni tersendiri yang juga perlu diperhatikan dalam proses surat menyurat. Cara melipat surat ini disebut suatu seni karena juga bertujuan agar surat jadi terlihat lebih indah, rapi, namun tetap dengan menonjolkan kemudahan dalam membuka surat tersebut.

Memberikan surat dengan cara yang baik dan tepat pun juga menjadi bentuk penghargaan kita terhadap pihak yang dikirimi surat. Sebagai referensi tentang cara melipat surat, Finoza dan Kosasih dalam bukunya mengelompkkan beberapa model lipatan surat.


Lipatan surat model baku (standard fold)
Model cara melipat surat bentuk baku ini sangat banyak digunakan di Indonesia. Namun, model ini tidak cocok digunakan untuk sampul surat yang berbentuk panjang.

Lipatan surat model semi baku (semi standard fold)
Model lipatan sruat semi baku memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dilihat dari adanya lipatan di bagian atasnya.

Lipatan surat model akordion (accordion fold)Pada model lipatan surat akordion, bentuk ini merupakan varian dari bentuk baku.

Baca juga: Melakukan Penataan Dokumen Secara Baik dan Benar

Lipatan surat model semi akordion (semi accordion fold)
Lipatan surat dengan model semi akordion ini memiliki ciri khas yang dapat dilihat dari dalam lipatan satu bagian, atau model ini mirip dnegna model akordion.

Lipatan surat model baron (baronian fold)
Pada model baron, lipatan surat ini snagat cocok digunakan untuk surat yang menggunakan simbol dan amplop panjang. Ini karena bentuk surat ini yang menghasilkan lipatan surat yang berbentuk memanjang.

Lipatan surat model tunggal (single fold)
Pada model lipatan tunggal, dibentuk dengan cara melipat bagian tengahnya dengan bentuk segitiga menjadi dua bagian.

Lipatan surat model sejajar (parallel doubela fold)
Bentuk lipatan surat model sejajar ini dibuat dengan cara menambahkan lipatan satu kali lagi pada model lipatan surat tunggal.

Lipatan surat model perancis (French fold)
Model Perancis ini juga cukup banyak digunakan dalam urusan bisnis, namun tidak begitu banyak digunakan untuk urusan kedinasan. Namun, meski demikian model lipatan surat Perancis ini sangat cocok juga bila digunakan dalam penulisan surat dinas karena sangat praktis.


Diberdayakan oleh Blogger.