Contoh Surat Bentuk Setengah Lurus (Semi Block Style)

Surat menjadi bagian penting dalam dunia bisnis dan instansi kedinasan. Surat memegang peranan penting dalam melancarkan komuniasi antar pihak atau badan usaha atau dinas. Untuk menulis surat, terdapat berbagai bentuk surat secara resmi yang dapat digunakan.

Bentuk – bentuk surat yang dapat digunakan adalah bentuk lurus penuh (Full Block Style), bentuk lurus (Block Style), bentuk setengah lurus (Semi Block Style), bentuk lekuk (Indented Style), bentuk menggantung (Hanging Paragraph Style), bentuk resmi (official Style).

Pada bentuk surat setengah lurus merupakan bentuk campuran antara bentuk surat lurus dan bentuk surat lekuk. Dimana pada surat bentuk setengah lurus ini pengetikan alamat suratnya sama dengan bentuk surat lurus sedangkan pengetikan isi suratnya sama dengan bentuk surat lekuk, yaitu setiap alinea masuk lima hentakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh surat bentuk setengah lurus (Semi Block Style)


Baca juga: Contoh Surat Perkenalan



Contoh Soal
Buatlah surat berikut ini dengan bentuk setengah lurus!
Pengirim     : PT Rama Sinta, Jl Maju Raya No. 89, Jakarta Timur
Tujuan        : PT Giri Intan, Jl Mawar Merah No.22, Kalimantan Barat
Nomor       : 201 / 04 / 2015
Tanggal      : 4 Agustus 2015
Perihal        : Permintaan Penawaran
Lampiran    : -
Isi Surat      :
                  Dengan hormat, berkenaan dengan tahun anggaran 2015 tersedia anggaran untuk pembelian komputer. Dari salah seorang relasi kami memperolah keterangan bahwa perusahaan Saudara bergerak di bidang peralatan dan perlengkapan mesin kantor yang berkualitas baik. Sehubungan dengan hal tersebut, kami meminta agar Saudara mengirimkan surat penawaran mengenai peralatan dan perlengkapan komputer, disertai keterangan – keterangan sebagai berikut. (1) syarat pembayaran (2) syarat penyerahan barang (3) potongan harga yang diberikan (4) jumlah barang yang tersedia (5) layanan purna jual. Disamping itu, kami minta dikirim leflet, catalog, dan brosur barang tersebut. Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih. Hormat Kami, Ardatama, Direktur
contoh surat bentuk setengah lurus (Semi Block Style)

PT Rama Sinta
Jl Maju Raya No. 89
Jakarta Timur
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Nomor             : 111 / 08/ 2015                                                           4 Agustus 2015
Lampiran          : -
Perihal              : Permintaan Penawaran

Kepada
Yth. Pimpinan PT Giri Intan
Jl Mawar Merah No.22
Kalimantan Barat

Dengan hormat,
Berkenaan dengan tahun anggaran 2015 tersedia anggaran untuk pembelian komputer. Dari salah seorang relasi kami memperolah keterangan bahwa perusahaan Saudara bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan mesin kantor yang berkualitas baik.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami meminta agar Saudara mengirimkan surat penawaran mengenai peralatan dan perlengkapan komputer, disertai keterangan – keterangan sebagai berikut.
(1) syarat pembayaran
(2) syarat penyerahan barang
(3) potongan harga yang diberikan
(4) jumlah barang yang tersedia
(5) layanan purna jual.
Disamping itu, kami minta dikirim leflet, catalog, dan brosur barang tersebut.
Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,

Ardatama


Direktur