Ciri – ciri Makhluk Hidup



Makhluk hidup atau benda hidup merupakan suatu objek utama yang dikaji dalam ilmu sains Biologi. Makhluk hidup memang termasuk sesuatu yang unik dan selalu menarik untuk dipelajari. 

Dalam perkembangannya, menurut Carl Woese (1987) makhluk hidup hingga kini dapat diklasifikasikan menjadi enam kingdom/ regnum, yang meliputi: a) Plantae, b) Animalia, c) Protista, d) Fungi, e) Archaebac-teria f) Eubacteria.

Suatu objek yang bisa dikatakan sebagai makhluk hidup, harus dapat memenuhi beberapa kriteria atau memiliki ciri – ciri makhluk hidup yang ada. Lantas, apa saja kriteria lengkap atau ciri – ciri makhluk hidup yang harus dipenuhi tersebut ?


Baca juga: Jenis dan Ciri Ganggang

  1. Memerlukan makanan. Suatu makhluk hidup pasti memerlukan makanan atau nutrisi yang digunakan sebagai sumber energi dalam melakukan aktivitas.
  2. Makhluk hidup melakukan proses pengangkutan transportasi dalam rangka mengedarkan zat-zat ke seluruh tubuhnya.
  3. Respirasi. Makhluk hidup pasti perlu untuk melakukan pernapasan atau respirasi untuk merombak zat-zat organik menjadi energi.
  4. Ekskresi. Makhluk hidup pasti melakukan proses ekskreasi yakni proses untuk mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak dipergunakan lagi dari dalam tubuh.
  5. Melakukan proses penyusunan zat-zat baru di dalam tubuh. Zat-zat ini umumnya berupa senyawa kimia yang kompleks seperti lemak, karbohidrat, protein, dan lain-lain.
  6. Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
  7. Makhluk hidup mempunyai sistem yang mengatur keserasian proses-proses di dalam tubuhnya atau yang disebut sebagai sistem regulasi.
  8. Reproduksi. Makhluk hidup melakukan perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya (reproduksi).
  9. Makhluk hidup dapat beradaptasi atau menyesuaikan terhadap lingkungan-nya. Misalnya saja suatu makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap suhu, cahaya matahari, kelembapan, makanan, dan lain-lain.


Diberdayakan oleh Blogger.